Pentingnya Memilih Bengkel Cargo Lift yang Handal

Sabtu, Januari 11, 2020


Perkembangan industri di Indonesia saat ini memang terbilang sangat pesat, tak hanya di kota besar saja, bahkan pembangunan pabrik pun sudah merambah ke desa yang masih memiliki lahan luas. Keberadaan pabrik ini tentunya menyerap banyak tenaga kerja, meski begitu, tetap dibutuhkan alat bantu untuk meringankan pekerjaan, salah satunya adalah Cargo Lift. Sehingga tak bisa disangkal keberadaan bengkel cargo lift juga sangatlah penting. 



Pekerjaan di pabrik hingga konstruksi memang tidak bisa lepas dari penggunaan cargo lift. Cara kerja cargo lift sama halnya dengan lift yang digunakan di Mall atau kantor, namun cargo lift diperuntukkan untuk mengangkut barang. 

Seperti yang kita tahu, pabrik memiliki perpindahan barang dengan volume tinggi, baik itu secara vertikal maupun horizontal. Untuk itu, perusahaan membutuhkan cargo lift untuk memudahkan proses pemindahan barang. 

Sedangkan untuk perusahaan konstruksi, banyak barang yang ringan hingga berat yang harus diangkut dan dipindahkan. Apabila menggunakan tenaga manusia tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Maka dari itu digunakanlah cargo lift.  

Lift diciptakan oleh Elisha Graves Otis pertama kali di tahun 1853 dengan adanya sistem pengaman dan sekarang berkembang menjadi salah satu perusahaan lift paling besar di dunia. Dari lift biasa inilah, kemudian lift berkembang seperti sekarang ini, termasuk ada pula jenis cargo lift yang perbaikan dan reparasinya dilakukan oleh bengkel cargo lift yang didukung teams warta bengkel cargo lift news yang handal. 

Desain Cargo Lift
Desain cargo lift tidak memiliki standardisasi, sehingga untuk dimensi ruang cargo liftnya bisa dibuat sesuai kebutuhan. Pada umumnya pintu cargo lift dibuat manual dengan penggunaan wire mesh atau steel painted. Cargo lift hanya digunakan untuk barang, tidak untuk penumpang. Cargo lift ini tidak boleh digunakan untuk mengangkut penumpang.  Cargo lift mempunyai 2 tipe, yaitu  freight lift dan fervice lift.

Untuk tipe freight lift merupakan cargo lift yang mana mesin penggerak tarikannya tidak langsung, sehingga beban ruangan menggunakan beban penyeimbang. Untuk ukurannya sendiri dibuat besar dengan desain pintu side open dari kanan ke kiri. Untuk tipe freight lift ini, penumpang diperbolehkan untuk naik. 

Sedangkan untuk service lift memiliki kegunaan untuk pelayanan atau service. Biasanya berada di office building atau hotel. Untuk sistemnya sendiri, service lift sama dengan penumpang, akan tetapi berbeda pada bagian pintu yang lebih sederhana. Service lift di hotel tentunya berbeda dengan lift tamu. Selain tempatnya biasanya ada di bagian belakang hotel, mesinnya juga menggunakan tarikan tidak langsung, sama dengan freight lift. Meskipun, untuk ukurannya sama dengan lift yang digunakan untuk penumpang, namun service lift dapat juga digunakan untuk memindahkan barang. 

Di pasaran, cargo lift memang memiliki berbagai jenis, dan tentunya untuk perusahaan harus menggunakan yang berstandar nasional Indonesia atau SNI. Hal ini karena keamanan, kekuatan, serta kapasistasnya terjamin.  

Tersedia berbagai jenis yang beredar dipasaran, yang mana perusahaan dianjurkan untuk menggunakan peralatan yang berstandar SNI guna memastikan keunggulan dari segi keamanan, kekuatan maupun kapasitasnya. Ada beberapa jenis cargo lift yang beredar di pasaran. Mulai dari yang berkapasitas 500 kg hingga kapasitas 2.000 kg. 

Memilih Bengkel Cargo Lift
Penggunaan cargo lift memang sangatlah membantu untuk memindahkan barang, baik secara horizontal, maupun vertikal. Cargo lift tak hanya menghemat tenaga, namun juga menghemat biaya, karena apabila memindahkan barang mengandalkan tenaga manusia, tentunya akan membuat biaya dan waktu yang dibutuhkan semakin besar.

Laju pertumbuhan industri di Indonesia memang berkembang dengan pesat. Maka dari itu perusahaan harus bisa memilih teknologi yang memadai agar proses operasional bisa dilakukan dengan baik, salah satunya adalah menggunakan cargo lift.

Banyak perusahaan yang menjual atau menyewakan cargo lift di Indonesia. Untuk yang memilih untuk menyewa cargo lift, berpikiran karena semua resiko yang berkaitan dengan kerusakan, akan ditanggung perusahaan.

Meski begitu, tak banyak perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembuatan, perbaikan, serta restorasi cargo. Oleh sebab itu harus memilih bengkel cargo lift yang tepat. Apa saja yang harus diperhatikan ketika memilih bengkel cargo lift?

1.      Memiliki Tim Profesional
Bengkel cargo lift harus memiliki tim yang profesional. Kenapa begitu? Hal ini karena tim yang profesional, maka sistem kerjanya pun sudah tertata, ada pembagian kerja yang baik, tepat, dan tersistem, sehingga teratur dan tidak grusa-grusu. Tim yang profesional juga memiliki pengelolaan sumber daya manusia yang baik dengan adanya liburan bersama karena memiliki manfaat tidak hanya untuk refreshing, tapi juga mengeratkan hubungan personel satu dengan yang lainnya. 

2.      Memiliki Team Warta
Perusahaan bengkel cargo lift yang baik juga harus memiliki teams warta bengkel cargo lift news. Apa tugas dari team warta ini? Yaitu untuk memberikan informasi seputar cargo lift dan kinerja tim kepada para pelanggan.  

3.      Menyediakan Beragam Jasa
Sebaiknya pilih bengkel cargo lift yang menyediakan beragam jasa, baik itu pembuatan, perbaikan, maupun restorasi cargo lift. Jangan lupa untuk melihat kualitas produknya, seperti, ada tambahan fitur rem darurat yang berguna agar keranjang lift tidak jatuh saat jalur wire rope terganggu. Hal ini berhubungan dengan jaminan keselamatan. 

Selain itu, bengkel tersebut juga menggunakan 2 macam wire rope sekaligus agar lebih aman. Kemudian pada pintu lift terdapat pengaman. Penggunaan counter weight agar listrik lebih hemat, serta menggunakan limit switch di bagian atas atau bawah. 

Karena keberadaan cargo lift sangatlah penting, tidak hanya dalam hal mobilitas barang, namun juga keamanan pergerakan barang serta tenaga kerja, maka harus dipilih bengkel cargo lift yang mumpuni dan tidak boleh asal. Apabila sampai asal memilih, maka bisa terjadi kerugian besar karena barang yang tidak dapat diangkut, selain itu juga bisa menyebabkan terganggunya sistem produksi di pabrik atau perusahaan. Termasuk juga terganggunya sistem pelayanan di kantor atau hotel. 

Maka sebab itu, pemilihan produsen serta bengkel cargo lift haruslah tepat, agar bisa mengatasi berbagai macam kendala seputar penggunaan dan kerusakan cargo lift.  

Apabila anda tertarik untuk membuat, memperbaiki, atau restorasi cargo lift. Anda bisa menghubungi bengkel cargo lift rekomendasi saya dengan mengunjungi link berikut: teams warta bengkel cargo lift news

Pada halaman tersebut, anda bisa mengetahui tentang seluk beluk bengkel cargo lift serta teams warta bengkel cargo lift news yang bisa anda hubungi. Anda tidak perlu bingung mencari perusahaan lain untuk membuat, memperbaiki, serta merestorasi cargo lift, karena semuanya bisa dilakukan oleh bengkel cargo lift tersebut.

Demikian referensi tentang bengkel cargo lift dan teams warta bengkel cargo lift news. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi yang tepat untuk memilih perusahaan bengkel cargo lift untuk memenuhi kebutuhan perusahaan anda. (*)

Posting Komentar