AKU MENULIS MAKA AKU ADA

Selasa, November 24, 2009



Jam sudah menunjukkan pukul 00.00 WIB alias tengah malam, tapi beberapa orang yang terbagi dalam empat kelompok kecil masih asyik dengan apa yang ada di depannya. Ada yang menggunting, menempel, atau bahkan menulis dengan terkantuk-kantuk. Tapi, semua masih terlihat semangat. Sesekali mereka memandang jam dinding yang terpasang, masih ada waktu dua jam lagi untuk menyelesaikan.

Ini bukan acara belajar kelompok, atau bikin PR untuk tugas sekolah, tapi ini adalah salah satu dari rangkaian acara Workshop Jurnalistik untuk syarat wajib Crew baru LPM MISSI Fakultas Dakwah IAIN Walisongo yang diselenggarakan di Kelurahan Karang Sari Kendal Kec. Kota Kendal, 20-22 November 2009 lalu.

Acara yang mengusung tema "Aku Menulis Maka Aku Ada" ini diikuti oleh 21 mahasiswa calon Crew baru MISSI yang terbagi ke dalam 4 kelompok. Dan masing-masing kelompok diwajibkan untuk membuat majalah mini selama sehari semalam. Diawali dengan pengajuan proposal pra pembuatan majalah, hunting berita, pembuatan majalah, dan dipungkasi dengan evaluasi.

Hunting berita berkisar di daerah, Kelurahan Karang Sari, Alun-alun Kendal, GOR, dan sekitarnya. Yang lebih menantang, dalam workshop kali ini juga diadakan praktek fotografi, yang mana setiap kelompok harus menampilkan foto-foto berita yang diburu ke dalam majalahnya.

Secara kebetulan, nama keempat majalah ini sama-sama diawali huru M, yaitu Mars, Menara, Media Rakyat, dan Masyarakat Karya. Untuk menambah semangat, disediakan hadiah bagi pemenang, dan juara satu adalah Majalah Mars.

Acara ini menguji kekompakan untuk setiap kelompok, dan acara ini bukan merupakan akhir dari rangkaian acara MISSI, tapi merupakan babak baru untuk perjuangan dalam keluarga besar MISSI. Dan diharapkan pula, dari kegiatan ini tercipta jurnalis handal yang pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan dalam dunia yang bergelut dengan kertas dan pena.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe