Insto Dry Eyes, Sahabat di Saat Mata Kering

Minggu, Januari 21, 2024

Menjadi freelancer yang menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar laptop dan ponsel, tentunya membuat mata saya pegal, perih, dan lelah. Apalagi ketika bekerja, biasanya saya bisa lupa waktu, bahkan lupa untuk sering berkedip sehingga mata akan terasa kering dan tidak nyaman karena tidak ada air mata yang melumasi mata. 

Kondisi mata kering atau dry eye syndrome terjadi karena permukaan kornea dan konjungtiva mengalami kekeringan karena air mata tidak melumasi mata dengan baik. Padahal air mata bermanfaat untuk mencegah infeksi serta gangguan pada mata karena memiliki kandungan air, minyak, lendir, serta protein dan antibodi. 


Penyebab Mata Kering

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab mata kering, di antaranya:

1. Terlalu Lama Membaca Buku

Membaca buku memang aktivitas yang menyenangkan sehingga seringkali membuat kita menjadi lupa waktu dan jarang berkedip karena terlalu fokus dengan apa yang kita baca. 

2. Terlalu Lama Menatap Laptop dan Gawai

Terlalu lama menatap laptop dan gawai juga bisa menjadi penyebab mata kering, apalagi bagi yang pekerjaannya menggunakan laptop dan gawai 

3. Terlalu Lama Berada di Ruang Ber-AC

Ruangan ber-AC tak hanya bisa membuat kulit menjadi kering, tapi juga bisa menyebabkan mata juga menjadi kering. Hal ini disebabkan karena AC membuat kelembaban udara menjadi rendah dan kering sehingga apabila terlalu lama di ruangan yang ber-AC bisa membuat mata kering.

4. Terkena Udara Saat Naik Motor

Udara yang menerpa wajah saat kita naik motor juga bisa menyebabkan mata menjadi kering. Apalagi bagi yang mengendarai motor tanpa kacamata dan tidak menutup kaca helm.

5. Penggunaan Lensa Kontak dalam Jangka Waktu Panjang

Penggunaan lensa kontak dalam jangka waktu yang panjang juga bisa menyebabkan mata menjadi kering. Hal ini karena semakin lama penggunaan lensa kontak, maka lensa kontak akan menjadi kotor dan kelembabannya berkurang, sehingga bisa membuat mata menjadi kering. 


Gejala Mata Kering

Pernah merasakan gejala-gejala berikut ini? Itu artinya kamu sedang mengalami mata kering:

- Mata terasa sepet

- Mata perih

- Mata gatal

- Nyeri

- Terasa silau saat melihat cahaya

Saya beberapa kali mengalami kondisi di mana mata saya tiba-tiba merah dan meradang karena terlalu menatap layar laptop dan ponsel. Mata terasa perih dan tidak nyaman saat terkena cahaya. Awalnya saya mengira hanya pedih biasa, ternyata ini menjadi beberapa tanda kalau saya mengalami mata kering.  

Tak hanya saya, suami saya juga sering mengalami mata kering namun dengan penyebab yang berbeda. Suami saya sering mengalami mata kering karena sering terkena angin saat mengendarai motor saat berangkat dan pulang kerja. Apalagi jarak yang ditempuh sejauh 40 km jauhnya, sehingga angin dan debu banyak yang menerpa mata. Maka dari itu, kami di rumah menyediakan #InstoDryEyes sebagai #SolusiMataKering. Bahkan, suami selalu membawa insto di tasnya untuk dibawa ke tempat kerja.


Jangan Sepelekan Mata Kering

Mata kering tidak boleh disepelekan, hal ini karena bisa menyebabkan nyeri, peradangan, hingga luka pada area kornea mata. Bahkan, di kasus tertentu, mata kering yang terlalu parah bisa mengakibatkan hilangnya sebagian kemampuan melihat. 

Kondisi tersebut tentunya bisa membuat kualitas hidup menjadi menurun karena penderita tidak mampu beraktivitas secara optimal dan banyak bergantung pada obat-obatan.  

Mengapa Insto Dry Eyes?

Mata kering terjadi selain karena air mata mengalami penguapan lebih cepat, juga karena air mata tidak bisa melumasi mata karena jarang berkedip. Oleh sebab itu dibutuhkan pelumas untuk membantu melapisi mata agar lebih lembab, yaitu dengan menggunakan Insto Dry Eyes.  

Selain untuk mengatasi gejala mata kering, Insto Dry Eyes juga dapat meringankan iritasi pada mata yang disebabkan kekurangan produksi air mata, sebagian besar diantaranya terjadi pada penderita xerophtalmia, keratoconjunctivis, dan rheumatoid arthritis. Insto Dry Eyes ini juga bisa digunakan untuk melumasi mata palsu. 

Kandungan Insto Dry Eyes

Tiap ml larutan isotonik steril mengandung bahan aktif Hydroxypropyl methylcellulose 3.0 mg serta Benzalkonium chloride 0.1 mg. Hydroxypropyl methylcellulose atau disingkat HPMC yang bisa memberikan efek pelumas seperti air mata untuk mengatasi mata kering.

Untuk penggunaannya, saat mata terasa kering, gunakan Insto Dry Eyes 1-2 tetes pada setiap mata, 3x sehari, atau sesuai dengan anjuran dokter. Jangan lupa juga untuk selalu bawa Insto Dry Eyes setiap bepergian agar terhindar dari mata kering. (*)

 


Posting Komentar