Mengenal Lebih Dekat Kucing Persia Himalaya

Selasa, Mei 19, 2020


Banyak orang yang menjadikan kucing persia sebagai salah satu hewan peliharaan di rumah karena kelucuannya. Tapi, tahukah kamu jika ada jenis kucing persia himalaya? Meskipun dalam namanya menyebut himalaya, tapi asalnya bukan berasal dari Pegunungan Himalaya. Lalu, seperti apa sih kucing persia himalaya itu?

kucing-persia-himalaya
Kucing Persia Himalaya
Kucing Persilangan

Kucing persia himalaya atau akrab juga disebut kucing himalaya merupakan jenis kucing persilangan antara kucing siam dan kucing persia. Jadi kucing persia himalaya merupakan keturunan kucing persia.

Kucing himalaya dan beraal dari wilayah Britania Raya dan Amerika Serikat. Dikarenakan berasal dari hasil persilangan, kucing himalaya ini memiliki tipe badan yang sama dengan kucing persia, sedangkan warna bulunya memiliki pola warna layaknya kucing siam.

Warna Bulu

Bulu-bulu dari kucing himalaya ini bercorak warna mirip dengan kucing siam, dimana pada area tengah wajah, telinga, ekor, dan kakinya memiliki warna lebih gelap dibandingkan warna di bagian badannya.  

Beberapa variasi corak warna bulu yang dimiliki kucing ini seperti abu-abu, cokelat, krem kemerahan, krem, cokelat kehitama, dan abu-abu kecokelatan yang biasanya menonj.

Panjang bulunya cukup panjang, tebal, dan berkilauan yaitu sekitar 2-3 cm, hampir sama dengan kucing persia kebanyakan, bulu yang panjang ini menjadi kelebihan kucing persia himalaya sehingga sangat nyaman dan menyenangkan ketika diusap dan dipeluk. Kucing ini juga memiliki bulu lebih tebal di bagian leher, ekor, dan di antara dua kaki depan.   

Warna Mata

Jika kucing persia memiliki beragam warna mata, maka pada kucing persia himalaya hanya punya mata dengan warna biru saja. Meski begitu, tentunya kucing ini tetap terlihat lucu dan imut.

Bentuk Wajah

Kucing himalaya memiliki dua jenis bentuk wajah, yaitu Himallayan Ultra Face dan Himallayan Doll Face.

Untuk Himallayan Doll face, apabila dilihat dari samping, pada umumnya mempunyai bentuk wajah yang cukup pesek apabila dilihat dari samping. 

Sedangkan untuk Himallayan Ultra Face mempunyai wajah yang lebih pesek apabila dilihat dari arah samping.

Sifat Kucing

Kucing persia himalaya memiliki sifat yang cerdas dan aktif. Mereka juga mudah berinteraksi dengan manusia. Meski aktif, namun kucing ini tidak terlalu atraktif sehingga agak tenang dan tidak hobi berlari atau melompat, sehingga tidak perlu terlalu khawatir kucing himalaya akan menjatuhkan perabot rumah.

Maka dari itu banyak orang yang memelihara kucing himalaya karena ramah, bersahabat dan bisa diajak bermain ketika bosan di rumah. Para pecinta kucing juga punya sebutan khusus untuk kucing himalaya ini, yaitu ‘himmie’, lucu kan panggilannya.

Meski akrab dengan manusia dan terkenal jinak, namun kucing persia himalaya ini lebih nyaman dan akan lebih tenang jika dekat dengan orang-orang yang memang biasa ada di dekatnya.

Perawatan

Agar tetap terawat dan bulunya tidak rontok atau kusut, maka bulu kucing persia himalaya harus rajin disisir dan jangan lupa untuk dimandkan satu bulan sekali.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kesehatannya, seperti mata, telinga, juga gigi. Bersihkan secara berkala agar tidak muncul jamur atau penyakit di area sekitar mulut.

Apabila timbul masalah kesehatan, segera bawa kucing persia himalaya ke dokter hewan terdekat agar mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Demikian penjelasan tentang kucing persia himalaya, apabila anda ingin memiliki kucing ini, harganya berkisar Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Harga ini belum termasuk biaya makanan dan perawatan kesehatannya.

1 komentar

  1. Kucingnya lucu sekali ya... Senang jika punya kucing yang aktif dan semua juga perlu diberi perawatan agar tetap sehat dan aktif

    BalasHapus