Biar Nggak Jadi Plagiator

Minggu, Oktober 16, 2011

Oleh : Richa Miskiyya

Akhir-akhir ini banyak banget yang ngomongin soal plagiat and jiplak-jiplakkan karya, hal ini banyak disebabkan karena budaya malas yang udah menggerogoti bangsa ini.
Selain itu juga bisa disebabkan karena banyak alasan, dari yang ingin dapat nilai bagus dengan makalah hasil jiplakan saat kuliah, sampai ingin jadi terkenal tapi dengan cara yang tak wajar, so kamu gak mau kan disebut plagiator and mau jadi inovator, simak tips dibawah ini:
Banyak Baca
Kamu harus banyak baca buku buat nambah pengetahuan, karena dari pengetahuan yang banyak itu kamu bisa dapat banyak ide yang bagus dan mak nyusss. Baca juga merupakan aktivitas untuk memperkaya dan memperdalam pemahaman kita akan suatu hal. Katakan, No Day Without Reading.
Inovasi
Berinovasi adalah bikin sesuatu yang baru dan beda, jangan sampai apa yang kamu dapat, kamu tiru and jiplak habis, tapi kamu juga harus bisa berinovasi untuk bikin yang lebih bagus. Jika sesuatu yang kamu bikin itu bukan hal baru, maka buatlah sesuatu itu menjadi beda.
Jangan Potong Kompas
Potong kompas alias cari jalan pintas buat jadi yang terbaik harus dihindari, karena lama-kelamaan, dan kalo udah jadi kebiasaan, tindakan kamu itu bisa jadi penyakit akut dan mempengaruhi kreativitas. Potong kompas hanya dimiliki orang-orang yang malas dan nggak mau berusaha keras dalam mencapai sesuatu dengan benar.
Jiwa Kompetisi
Jiwa kompetisi adalah sikap untuk selalu mau bersaing secara sehat. Jangan menghalalkan segala cara, kita harus berjiwa kesatria dalam berlomba. Dengan mempunyai jiwa kompetisi, kita akan selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dengan jalan yang baik pula.
Bisa Milih
Kita harus bisa memilah dan memilih mana yang bagus dan mana yang nggak bagus, jangan sampai kita terjerumus ke dalam hal-hal yang sesat, hingga akhirnya jadi plagiator. Pilihlah jalan yang sesuai dengan hati nurani.
Proses
Kita harus menanamkan di hati dan pikiran kita kalo proses adalah hal yang utama yang harus dilalui dalam sukses. Usaha yang keras dalam menghasilkan sesuatu akan terasa nikmat hasilnya ketimbang dengan cara instan, karena kebahagiaan akan menjadi lebih membahagiakan ketika dihasilkan dengan kerja keras.
So, berinovasilah dan berproseslah, jangan jadi plagiator, oke! Dosa tau!!!!

Dimuat di Annida Online, share for link
http://www.annida-online.com/artikel-4184-tips-biar-nggak-jadi-plagiator.html

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe