SMSBunda, Sahabat Setia bagi Ibu dan Buah Hati

Selasa, Agustus 30, 2016


Kehamilan adalah sebuah kabar bahagia yang selalu dinanti-nantikan oleh setiap perempuan setelah berumah tangga. Saat anugerah itu datang, seolah ada bunga beraneka warna yang bermekaraan di dalam hati. Kebahagiaan seperti itu juga yang saat ini sedang saya alami, senyum harapan mengiringi setiap aliran darah dalam diri dimana ada tubuh lain yang sedang tumbuh dan berkembang dalam rahim saya.  

Seperti halnya calon ibu lain yang ada di dunia ini, pastinya saya juga ingin buah hati yang ada dalam kandungan saya selalu sehat dan bisa tumbuh berkembang dengan baik hingga nanti lahir ke dunia dengan sehat, lengkap, dan sempurna tanpa ada kekurangan suatu apapun.

Meski begitu, tetap saja ada kecemasan dan kekhawatiran dalam diri saya dan suami tentang kondisi calon buah hati yang ada dalam kandungan, apalagi ini adalah kehamilan pertama sehingga belum ada pengalaman menghadapi kehamilan. Sakit gigi, panik. Mual dan muntah, panik. Ada flek darah, makin panik. Beragam kepanikan dan kecemasan membuat saya dan suami benar-benar ekstra hati-hati menghadapi kehamilan pertama ini.

Saya, dengan diantar oleh suami memang rutin datang ke bidan untuk periksa kandungan satu bulan sekali. Akan tetapi, bagi saya terasa masih kurang. Apalagi semakin berkembangnya kandungan, semakin banyak pula pertanyaan yang ada di benak tentang segala hal, seperti mengenai perkembangan janin, bagaimana menghadapi persalinan dan bagaimana merawat bayi pasca kelahiran. Tidak mungkin jika setiap hari atau setiap minggu saya harus pergi ke bidan atau ke dokter untuk bertanya hal-hal yang saya khawatirkan, kesannya terlalu berebihan dan terlalu paranoid.

Untunglah, beberapa waktu lalu, saat sedang berselancar di dunia maya, saya mendapat referensi untuk mendaftar “SMSBunda”, sebuah layanan sms gratis dari Kementerian Kesehatan yang akan memberikan informasi mengenai kesehatan bagi ibu selama kehamilan hingga bayi berusia 2 tahun.

Mengetahui ada layanan ini, tanpa membuang waktu, saya pun segera mendaftarkan nomor ponsel saya. Apalagi ada tambahan kata ‘gratis’, sebuah kata yang tidak akan dilewatkan oleh ibu-ibu seperti saya, hehehe.

SMSBunda: Mudah, Informatif, dan Gratis
SMSBunda memang menjadi oase tersendiri bagi para ibu hamil dan menyusui di Indonesia. Apalagi angka kematian ibu dan bayi yang baru dilahirkan di negeri ini masih terbilang cukup tinggi.

Berdasarkan SDKI (Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia) tahun 2012, Angka Kematian Ibu selama kehamilan, persalinan, hingga nifas mencapai angka 359 per 100.000 kelahiran hidup. Sedangkan angka kematian bayi adalah 32 per seribu kelahiran hidup.

Ada banyak faktor penyebab tingginya Angka Kematian Ibu di Indonesia, seperti faktor 4T, Terlalu muda ketika melahirkan (di bawah 16 tahun), Terlalu tua ketika melahirkan (di atas 35 tahun), Terlalu dekat jarak kelahiran, serta Terlalu banyak melahirkan, yaitu memiliki anak lebih dari empat.

Selain faktor tersebut, ada juga faktor eksternal yang menjadi penyebab kematian ibu serta anak yang baru lahir. Seperti kelainan atau penyakit ibu hamil yang tidak diketahui, serta minimnya informasi yang diketahui ibu saat hamil, seperti gizi yang harus dikonsumsi dan pertolongan pertama terhadap kondisi tertentu. Ketidaktahuan terhadap informasi inilah yang bisa memberikan dampak kurang baik bagi janin serta kesehatan ibu.

Minimnya informasi yang didapatkan ibu ketika hamil inilah yang ingin diperbaiki lewat adanya SMSBunda. Apalagi didukung juga adanya perkembangan teknologi, yang mana hampir semua orang mempunyai ponsel, tentunya SMSBunda menjadi angin segar untuk seluruh ibu di Indonesia.

Beragam kelebihan serta keuntungan ditawarkan SMSBunda untuk para ibu yang sedang hamil dan sedang memberikan ASI eksklusif untuk buah hati agar bisa meningkatkan kesehatan sehingga mampu menekan Angka Kematian Ibu dan Anak. Kelebihan dan keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Mudah
SMSBunda memiliki sistem pendaftaran yang mudah lewat ponsel, sehingga siapapun bisa mendaftar. SMSBunda tidak memerlukan sambungan internet, sehingga untuk mendaftar tidak harus menggunakan ponsel dengan sistem android terkini, karena hanya dengan bermodal ponsel lawas pun bisa mendaftar SMSBunda.
Cukup mendaftar dengan cara berikut ini :

SMSbunda (sumber: rri.co.id)

Atau bisa langsung seperti ini :

 
Cara Mendaftar SMSBunda

 Maka nanti akan mendapat balasan seperti ini :

Sms Selamat Datang dari SMSbunda
Apabila ingin mengganti tanggal HPL, juga bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

Mengganti Tanggal HPL

2. Informatif
Saat pendaftaran awal, ibu harus menulis kapan HPL (Hari Perkiraan Lahir) dari bayi yang sedang dikandung. Dari HPL tersebut, nantinya akan diketahui berapa bulan usia kandungan ibu, dan informasi yang diberikan oleh SMSBunda nantinya disesuaikan dengan usia kandungan, sehingga lebih informatif karena mengikuti perkembangan janin. Bahkan, SMSBunda tak hanya menemani hingga persalinan, akan tetapi informasi kesehatan terus dikirim hingga anak berusia 2 tahun, sesuai usia rata-rata anak yang masih minum ASI.

Jika mencari informasi mengenai kehamilan di internet, seringkali kita akan menemukan informasi hoax sehingga membuat bingung ibu hamil. Namun, dengan SMSBunda, ibu hamil dan menyusui tak perlu khawatir, karena pesan dari SMSBunda dikirim langsung oleh Kementerian Kesehatan, sehingga kebenarannya bisa dipertanggungjawabkan.

SMSBunda sendiri dikirim secara rutin setiap 1 minggu sekali, tentunya ini sangat membantu para calon ibu untuk bisa lebih menjaga kesehatan ibu serta kandungan. Beberapa contoh informasi yang sudah saya dapatkan dari SMSBunda adalah sebagai berikut:

Informasi Bermanfaat dari SMSBunda

Lewat informasi yang dikirim rutin oleh SMSBunda, selain mendapatkan informasi baru yang sebelumnya tidak diketahui, SMSBunda juga menjadi pengingat agar para ibu selalu menjaga kesehatan diri dan bayi.

3. Gratis
Gratis, inilah salah satu kata yang banyak disukai oleh masyarakat. Siapa yang tidak suka gratisan? Jika pertanyaan ini diajukan, dipastikan 90% akan menjawab ‘Suka’, dan 10% lainnya akan menjawab ‘Suka Banget’.

Keunggulan ‘Gratisan’ ini jugalah yang diberikan oleh SMSBunda untuk para ibu di Indonesia. Pada awal pendaftaran memang akan dikenai biaya sms regular, akan tetapi untuk SMSBunda selanjutnya GRATIS. Biaya awal sebesar sms ini tentunya bukan hal yang berat, karena biaya ini sama dengan harga beberapa buah permen jahe, dan lebih murah dari harga satu buah gorengan. Apalagi jika dibandingkan sms berbayar operator yang mana setiap sms dikenai biaya hingga Rp 2000,-/sms, tentunya SMSBunda sangatlah murah meriah dengan informasi-informasi yang didapatkan juga sangat bermanfaat.

SMS Bunda, Solusi yang Harus Disosialisasikan
Meski memiliki banyak keunggulan, saya merasa masih ada yang harus dibenahi dari SMSBunda ini, yaitu sosialisasi yang harus lebih ditingkatkan. Hingga saat ini, masih banyak ibu serta calon ibu yang tidak tahu adanya layanan gratis SMSBunda ini, karena kebanyakan sosialisasinya hanya lewat internet saja.

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika sosialisasi SMSBunda ini bisa ditempel di klinik para bidan, ruang periksa dokter kandungan, atau dinding ruang tunggu di puskesmas serta rumah sakit. Dengan begitu, akan semakin banyak ibu yang akan berlangganan SMSBunda sehingga mereka bisa mendapatkan informasi-informasi yang baik seputar kesehatan ibu dan bayi, sehingga nantinya mampu menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi.

Para ibu yang sudah berlangganan layanan SMSBunda pun bisa ikut menyosialisasikan kepada para ibu dan calon ibu lainnya, lho. Caranya adalah dengan mengundang ibu atau calon ibu lain untuk berlangganan SMSBunda dengan cara berikut ini:

Undang Teman ke SMSbunda
SMSBunda tak hanya layanan  informasi kesehatan biasa, karena SMSBunda adalah sahabat setia yang akan menemani para ibu dan calon ibu dalam menjalani masa indah kehamilan dan menyusui. Oleh karena itu, mari berbagi kebaikan dan menebarkan manfaat lewat SMSBunda untuk menekan Angka Kematian Ibu dan Bayi di Indonesia. (*)  

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe