Tips Liburan A la Backpacker di Kota Yogyakarta

Kamis, November 15, 2018


Jogja merupakan salah satu kota populer yang ada di Indonesia. Kota ini terkenal akan pesona alam, budaya sampai dengan keramahan masyarakatnya. Keunikan Jogja membuat para traveler tertarik untuk mengunjungi kota ini. Tidak terkecuali backpacker lokal maupun asing yang kerap kali memilih Jogja sebagai lokasi yang akan dijelajahi. Bila kamu juga ingin berkunjung ke Jogja a la backpacker, berikut ini adalah tips liburan a la backpacker di Kota Yogyakarta.


Tamansari - Jogjakarta

Pilihan Transportasi Menuju Jogja

Bila kamu dari luar kota, hal yang perlu kamu tentukan tentu saja transportasi apa yang akan digunakan untuk sampai Jogja? Nah, agar hemat, sebaiknya gunakan transportasi kereta ekonomi. Harganya bisa lebih murah. Tenang saja, kereta ekonomi sekarang sudah semakin bagus kok dengan adanya AC di setiap gerbong dan tempat duduk untuk semua penumpang. Jadi biarpun ekonomi, kamu tetap bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.

Buatlah Itinerary

Ini adalah hal paling dasar juga yang perlu kamu lakukan. Coba tentukan itinerary perjalanan sebelum kamu sampai di Jogja. Cari informasi mengenai lokasi wisata yang akan kamu kunjungi, dari mulai harga tiket masuknya, apa saja yang bisa kamu dapatkan dan yang lainnya. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan budget keuangan dan juga persiapan apa saja yang harus dilakukan. Misal, kalau ingin mengunjungi alam, artinya kamu harus menyiapkan sepatu dan pakaian yang nyaman. Jangan sampai salah kostum dan membuat perjalanan backpacker jadi tidak nyaman.

Tentukan Kendaraan untuk Berkeliling Jogja

Sesampainya di Jogja, tentu kamu juga harus tahu akan menggunakan apa saat berkeliling Jogja? Tak mungkin juga kalau kamu akan berjalan kaki, kecuali memang kamu berwisata hanya di satu wilayah saja misalnya alun-alun Jogja dan keraton, berjalan kaki tentu tak masalah karena jaraknya tidak terlalu jauh. Namun, kamu tentunya ingin mengeksplore keindahan kota Jogja, kan? Agar bisa berkeliling Jogja dengan nyaman, kamu bisa menyewa kendaraan yang ada di sana. Bisa motor atau mobil.

Bila kamu datang bersama 4-5 orang teman misalnya, kamu bisa menyewa mobil saja, agar lebih praktis dan lebih murah. Direkomendasikan juga untuk sewa disini di Omocars Jogja. Salah satu rental mobil terpercaya yang menyediakan fasilitas lepas kunci alias bisa setir sendiri. Harga sewanya juga bisa lebih murah dibandingkan  kamu  harus ngeteng, hanya 250 ribu per harinya. Enaknya lagi, kamu tidak perlu datang ke rental mobilnya untuk mengambil mobil, karena nanti akan diantarkan langsung ke lokasi dimana kamu berada, misalnya di hotel, statsiun, atau bandara. 

Sewa Penginapanan yang Low Budget

Soal penginapan tentunya harus kamu pikirkan juga, apalagi kalau ingin berlibur selama berhari-hari. Nah di Jogja sebenarnya ada banyak sekali pilihan penginapan, dari mulai yang harganya mahal sampai harga murah. Kalau kamu seorang backpacker, sangat disarankan untuk menyewa homestay di sekitar malioboro karena harganya bisa lebih murah.
Itulah beberapa tips liburan a la backpacker di Kota Yogyakarta. Yuk, rencanakan waktu liburanmu sekarang juga! (*)

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe