Mau Liburan Naik Kereta? KAI Access Aja!

Senin, Mei 20, 2019


Tahun baru lalu, saat kalender di rumah ganti, hal pertama yang saya lakukan adalah cari tanggal merah, hahaha. Buat apa? Ya, buat liburan dong, hihihi. Meskipun kerjanya di rumah, tapi freelancer kayak saya ini juga butuh refreshing.


Emang sih, ada banyak tanggal merah di tahun 2019, tapi saya tetep bingung pilihnya, apa lagi kalo bukan karena jatah libur kantor suami yang enggak cocok. Susah banget cocokin hari dimana suami bisa libur panjang.

Setelah bolak balik kalender, akhirnya nemu tanggal yang cocok, 19 April, setelah pilpres. Tepat hari jumat tanggal merah, sabtu dan minggu suami libur. Akhirnya fix, tanggal 19-20 kami mau liburan. Kemana? Solo-Jogja aja yang deketan.

Kami berencana akan naik kereta Kalijaga, Semarang-Solo tanggal 19 April, kemudian tanggal 20 April pagi balik dari Solo pakai kereta yang sama. FYI, kereta Kalijaga ini hanya beroperasi sehari sekali PP Semarang-Solo-Semarang.

Kenapa pilih kereta? Pertama lebih nyaman dan nggak capek, kedua karena harga tiketnya juga murah meriah. Cuma Rp 10.000,-, iya, cuma Rp 10 RIBU aja. Lebih murah daripada satu porsi nasi+ayam geprek+ es teh, hehehe.

 
Tampilan Depan KAI Access

Pemesanan H-30
Pada awalnya, setahu saya, untuk kereta lokal baru bisa dipesan H-7 langsung di loket. Tapi ternyata, saat H-7 saya cek di CS, tiket udah habis dong, hiks. Akhirnya saya browsing sana-sini, ternyata, untuk kereta lokal sekarang sudah bisa dipesan H-30, dan enggak perlu datang ke loket, tapi cukup pesan tiket lewat KAI Access.

Sebelumnya, saya memang pernah membeli tiket kereta lewat KAI Access, tapi untuk kereta jarak jauh Semarang-Surabaya. Tapi ternyata ada kebijakan baru, mulai 1 Maret 2019, semua kereta api lokal bisa dipesan lewat KAI Access. Duh, seneng banget deh dengar kabar ini.

Pembayaran Mudah
Jika pembelian tiket kereta api jarak jauh yang pembayarannya bisa dilakukan lewat ATM atau mobile banking. Maka untuk tiket kereta api lokal ini hanya bisa dilakukan pembayaran lewat aplikasi Link Aja. Jadi jangan lupa download dulu ya. 

Pemesanan Local Train

Nah, yang lebih nyenengin lagi, saat kemarin bayar tiket kereta lewat Link Aja, saya dapat cashback 50%. Cuma sekali aja sih. Tapi agak nyesel sih, yang kena cashback tiket kereta Kalijaga seharga 10 ribu, bukan tiket Solo Ekspress yang harga 30 ribu. Kan mayan cashbacknya 15 ribu. Hahahaha. #EmakPerhitungan.

Pembayaran lewat Link Aja ini bisa dilakukan dengan satu nomor Link Aja, karena kemarin suami pembayaran tiketnya juga menggunakan akun Link Aja milik saya.

Cukup Pakai Barcode
Keunggulan lain dari menggunakan KAI Access ini, kita gak perlu lagi buat cetak tiket, jadinya paperless dan cinta bumi banget, kan? Kita tinggal tunjukkan barcode di aplikasi KAI Access saat boarding juga saat pemeriksaan di dalam kereta. 

Barcode KAI Access

Yang perlu diingat, jangan menggunakan screenshot barcode, tapi menunjukkan barcode langsung dari aplikasinya. Waktu boarding ada seorang ibu yang menunjukkan tangkapan layar aja, kata petugasnya gak boleh masuk, harus dibuka dari aplikasinya langsung.

Memesan Makanan
Dengan menggunakan KAI Access, penumpang juga bisa melakukan pemesanan makanan lewat aplikasi lho. Jadi tidak perlu menunggu petugas lewat menawarkan makanan atau tidak perlu repot untuk datang ke gerbong restorasi.  

Pembelian Tiket KAI Access
Untuk aplikasi update terbaru, saat ini Aplikasi KAI Access sudah bisa digunakan untuk membeli 4 buah tiket per akun, dengan syarat pemilik akun juga harus ada dalam daftar pembeli tiket

Kalau saya dan keluarga kemarin memang berangkat bertiga bersama anak, tapi karena anak saya masih berusia 2 tahun jadi tidak membayar tiket. Semoga ini bisa menjadi perhatian PT.KAI untuk memberikan aturan yang lebih baik, misalkan satu akun bisa membeli minimal dua tiket kereta.   

Itulah serba-serbi pemesanan tiket kereta menggunakan KAI Access, semoga ke depannya PT. KAI bisa memperbaiki aplikasi KAI Access menjadi lebih baik sehingga bisa mengakomodir kebutuhan para penumpang. Selamat liburan, tetap hati-hati di perjalanan dan semoga selamat sampai tujuan.^_^

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe