Behind The Book - 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres

Rabu, September 23, 2015

Yeeeaaayyy, akhirnya buku nonfiksi pertamaku terbit juga. Meskipun masih keroyokan, tapi ini suatu pencapaian keren buat aku, heheh *gak apa-apa kan muji diri sendiri* :p.

Buku ini bertajuk '19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres'. Kenapa 19 Jurus? Karena buku ini ditulis oleh 19 penulis yang berbeda, oleh karena itu materi yang dibahas berbeda, dan pastinya dengan penyajian yang berbeda juga, tapi nggak membosankan. Kayak apa sih penampakan bukunya? Ini nih, keren kaaaan?


Buku 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres
Saya dipercaya menulis satu jurus dalam buku ini, yaitu  'Jurus Menang Lomba Menulis', dan di sini saya mau cerita dulu behind the book 19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres, khususnya tentang jurus yang saya tulis. Yuk, cekidot.



Setelah sekian lama terjun ke dunia menulis, baru kali ini saya menulis buku nonfiksi (meskipun masih keroyokan) tapi tetaplah, buku nonfiksi pertama itu istimewa, hehehe.

Obrolan yang awalnya hanya berisi candaan di grup watsap antara penulis, bisa jadi berubah serius, yaaaah, namanya juga para penulis kalau udah ngobrol, ide-ide pun bermunculan, salah satunya tentang pembuatan Buku ‘19JMPS’ ini

Ide awal adanya buku ini bisa dikatakan datang begitu saja, seperti hujan yang turun di film-film India, bressss, gitu aja. Intinya kami ingin bikin buku. Hingga kemudian, berbagai macam ide pun mulai bermunculan, lalu, taraaaaaa, hoopla, hoopla, hoopla, lahirlah buku 19 JMPS yang kece abis ini. 

Dari ide-ide, kami sepakat membuat buku nonfiksi yang bermanfaat, khususnya untuk mereka yang hobi menulis dan ingin menjadi penulis. Karena 19 penulis yang ada terdiri dari berbagai macam genre tulisan, akhirnya masing-masing dari kami sepakat untuk menggodok jurus menulis yang paling kami kuasai. 

Awalnya agak bingung juga sih, berbagai macam genre fiksi yang aku kuasai udah dipakai temanya. Hingga kemudian, saya tiba-tiba merasa sedang berada di toko alat listrik dan ada lampu bohlam menyala yang nemplok di kepala saya. Eureka!

Ya, akhirnya saya menemukan tema apa yang mau saya tulis, yaitu tentang bagaimana caranya menang lomba menulis, hehehe. Saya menulis lomba ini karena saya tipe penulis ‘hantu lomba’ yang suka gentayangan dari satu lomba ke lomba lainnya, hehehe. Segala macam lomba menulis pernah saya coba, dari yang hadiahnya 1 eks buku hingga yang hadiahnya uang, gadget, dan jalan-jalan gratis. 

Sebenarnya agak galau juga sih menurunkan jurus lomba menulis ini karena nantinya bisa nambah saingan, hahahaha. Tapi setelah saya bertapa di atas kasur, saya putuskan untuk menurunkan jurus ini, bukankah ilmu tak akan pernah habis meski dibagi?

Untuk menulis jurus  menang lomba menulis ini tidaklah teoritis yang berisi catatan kaki, catatan tangan, atau catatan bibir karena  memang saya ambil dari pengalaman-pengalaman saya sendiri sebagai seorang ‘hantu lomba’. 

Dikarenakan diambil dari pengalaman pribadi, makanya menulisnya pun cukup cepat, sekali duduk saja, dan yang pasti saya tulis mepet deadline (yang terakhir ini kebiasaan yang susah diilangin), hehehe. 

Ada jurus-jurus rahasia yang saya tulis di sini, mau tahu jurus rahasia apa? Nggak akan saya ungkap di sini, baca bukunya aja, hahahaha. Pokoknya saya sebut jurus-jurus saya ini adalah ‘Jurus Lumba-Lumba Mengejar Lomba’, manis kan ya namanya, hehehe. 

Buku berjudul ’19 Jurus Mabuk Penulis Sukstres’ ini memang sangatlah istimewa, untuk alasan pribadi karena ini buku nonfiksi pertama saya, dan alasan istimewa selanjutnya karena buku ini (kalau boleh saya mengatakan) adalah buku ‘sapu jagad’ yang berisi panduan lengkap menulis, baik fiksi maupun nonfiksi yang ditulis oleh 19 penulis yang expert di genrenya masing-masing.

Ingin tahu jurus rahasia apa saja yang akan kami sebarkan ke seluruh dunia? Makanya, baca bukunya :D.
Kalau nggak sabar nunggu edar di toko buku, bisa juga lho Pre Order bukunya, sssttt ada harga khusus dan dapat bonus khusus 1 eks buku terbitan Universal Nikko lho. :D


Buat yang penasaran seperti apa isinya, yuk lihat Book Trailer-nya dan kenalan sama sosok Nikko yang ada di cover buku ^_^



Buat kamu yang pengen buku ini gratis, ada juga lho Giveaway-nya. Kamu cukup masuk ke akun Goodreads, dan klik enter giveaway ini ^_^

You Might Also Like

3 komentar

  1. Hehe. Lucu. Tiba-tiba hujan. Jegeeerr!!! Eh itu mah petir ya? :-D

    BalasHapus
  2. Bahagianya bisa sebuku sama penulis-penulis keren di buku ini seperti Ari Keling, dan teteh Eva :-*

    BalasHapus

Subscribe