Menanamkan Kesederhanaan dengan ‘Berteman’

Senin, November 30, 2015


Saat ini korupsi menjadi masalah paling akut bagi Bangsa Indonesia. Ada banyak hal yang menyebabkan perilaku korupsi kerap dilakukan, salah satu penyebabnya adalah karena tidak adanya rasa syukur kepada Tuhan dan adanya keinginan untuk selalu hidup bermewah-mewahan. Seseorang yang sudah terperdaya dengan kemewahan, akan menghalalkan segala cara untuk bisa mendapatkan kekayaan yang berlimpah agar bisa memenuhi gaya hidupnya. 

Memberantas korupsi memanglah hal yang sangat sulit di negeri ini, namun bukan tidak mungkin untuk mencegah perilaku korupsi agar tidak dilakukan oleh generasi-generasi selanjutnya. Salah satunya adalah dengan menanamkan nilai-nilai integritas sejak dini, salah satunya adalah nilai kesederhanaan dalam keluarga.
Sederhana bukan berarti pelit, sederhana adalah sikap kita sebagai makhluk Tuhan yang senantiasa mensyukuri dengan apa yang kita miliki. Lalu bagaimana cara menanamkan sikap kesederhanaan sejak dari dalam lingkungan keluarga? Berikut ini adalah beberapa cara/tips untuk menanamkan kesederhanaan yang dilakukan dalam keluarga saya, tips-tips tersebut saya rangkum dengan Tips BE-R-T-E-M-A-N :

1. BElajar Menabung
Selalu ajari anak untuk menabung sejak dini. Berikan celengan pada anak, dan ajarkan anak untuk memasukkan uang-uang recehan ke dalam celengan tersebut. Tak perlu uang dengan nominal besar, cukup uang logam seratus hingga lima ratus rupiah. Hal ini untuk stimulus awal mengenalkan pada anak tentang konsep kesederhanaan. 

Celengan Kayu Berbentuk Rumah

2. Rajin Mendiskusikan Keinginan
Jika anak memiliki keinginan pada suatu barang, ajaklah berdiskusi, apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya keinginan sesaat karena iri pada temannya yang lebih dulu punya? Berikan pengertian jika belum terlalu butuh, tidak perlu untuk membelinya, seperti misalnya gadget yang sekarang ini banyak diberikan oleh orang tua pada anaknya, padahal sesungguhnya anak-anak belum membutuhkannya. Ini akan melatih anak untuk tidak hidup bermewah-mewahan.   

3. Tabungan di Bank
Setelah belajar menabung di celengan, buatkan anak tabungan khusus anak yang sekarang banyak tersedia di Bank. Dengan membuat tabungan untuk anak di Bank, bisa dipastikan anak akan memiliki kebanggaan karena sudah memiliki rekening atas namanya sendiri. Aktivitas menabung di Bank ini juga bisa menjadi sarana pembelajaran untuk anak, apabila anak ingin membeli sesuatu, maka ia harus mengumpulkan uang terlebih dahulu dengan cara menabung. 

Adik Bungsu Belajar Menabung di Bank

4. Elok Berperilaku
Berikan contoh pada anak untuk selalu elok dalam berperilaku dalam kesehariannya. Jangan suka pamer, jangan suka iri, dengki, karena kebiasaan pamer dan iri yang terpendam kelak bisa menjadi keinginan untuk menjadi pribadi konsumtif dan selalu ingin tampil lebih mewah dari orang lain. 

5. Menjaga Barang
Biasakan anak untuk pandai menjaga barang agar tidak mudah rusak, seperti Tas, sepatu, baju, dan lain sebagainya. Dengan pandai menjaga barang, maka barang pun akan awet sehingga tidak perlu membeli hanya karena ingin memiliki barang yang sama dengan temannya. 

6. Ajarkan Cara Bersyukur dan Berbagi
Ajarkan anak untuk selalu bersyukur dan berbagi, agar anak sadar jika ada banyak hal dalam hidup anak yang harus disyukuri. Anak bisa diajak ke panti asuhan untuk membagikan sembako atau bisa dengan bersedekah pada tetangga yang kurang beruntung. 

7. Nilai-nilai Keagamaan
Jangan lupa untuk selalu menyisipkan nilai-nilai keagamaan tentang konsep kesederhanaan, bahwa sebagai manusia itu harus hidup sederhana, tidak berlebih-lebihan, tidak boleh pamer, dan harus selalu bersyukur.    
   
Demikian tips-tips menanamkan kesederhanaan dengan ‘BE-R-T-E-M-A-N’ yang selalu ditanamkan dan diajarkan dalam keluarga saya sejak dulu hingga sekarang. Tips-tips di atas bisa disampaikan lewat contoh nyata, obrolan ringan, maupun lewat cerita atau dongeng yang kita kisahkan sebelum tidur agar mampu diterima anak dengan baik. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda untuk menanamkan sikap kesederhanaan dan nilai-nilai integritas pada anak sejak usia dini. #parentingantikorupsi #GakPakeKorupsi.  

You Might Also Like

1 komentar

  1. yap, disamping rajin menabung, nilai keagaman juga perlu disisipkan biar iman kuat. kalau imankuat, korupsi pasti hilang

    BalasHapus

Subscribe