Ingin Punya Buku? Ini Solusinya...

Rabu, Agustus 10, 2016



Memiliki buku sendiri merupakan dambaan banyak orang. Melihat nama sendiri di sampul buku akan menjadi kebanggaan, baik bagi kita sendiri maupun bagi orang-orang terdekat kita. Buku karangan kita akan banyak manfaatnya, selain sebagai ajang pamer bahwa kita sudah memiliki buku/ karya, buku karangan kita juga dapat meningkatkan prestise. Misalnya, bagi guru, memiliki buku karangan sendiri dapat menjadi bukti kapabilitas keilmuannya. Selain itu, memiliki buku karangan sendiri (bagi guru) akan menjadi poin tersendiri.
Namun, tidak semua orang memiliki kecakapan menulis sehingga ide yang ada di angan-angannya tidak dapat dituangkan dengan baik. Sebagian lainnya diberi anugerah berupa kecakapan menulis dan mampu untuk menulis namun karena kesibukannya tidak memiliki waktu yang cukup untuk menulis buku.
WisataKata, sebuah agen naskah yang diperkuat belasan penulis dengan berbagai latar belakang keilmuan, menawarkan kemudahan bagi Anda yang ingin memiliki buku namun tidak sempat atau tidak mampu untuk menulis. Tawaran kerja sama itu meliputi:
A. Olah Data
Agen Naskah WisataKata menerima jasa mengolah data mentah untuk dijadikan buku. Misalnya: hasil penelitian. WisataKata akan mengolah data-data mentah hasil penelitian menjadi buku yang layak baca. Data mentah yang akan diolah oleh WisataKata harus merupakan data valid, hasil penelitian Anda (klien) sendiri, bukan plagiasi dan bukan hasil searching dari internet. Jasa olah data juga meliputi jasa re-writing atau penulisan ulang dan penyuntingan berat.
Adapun tarif yang ditawarkan WisataKata akan dihitung per halaman naskah (A4, margin normal, spasi 1,5), dengan besaran beaya Rp. 25.000 per halaman. Minimal order  100 halaman dan maksimal 150 halaman. Naskah hasil olah data akan diproses paling lama satu bulan.

B. Penulisan/ Ghost Writing
Agen Naskah WisataKata menyadari bahwa tidak setiap orang memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menulis dengan baik dan benar. Untuk itulah, WisataKata memfasilitasi mereka yang ingin memiliki buku namun tidak mampu untuk menulis buku. WisataKata menerima permintaan penulisan naskah sebagai ghost writer. Anda tinggal menyusun outline/ daftar isi, sinopsis, dan pokok-pokok pembahasan calon buku Anda, sehingga ide besar dan pengembangan buku tersebut adalah dari Anda.
Layanan penulisan buku/ ghost writing ini mencakup buku-buku atau naskah: sejarah, motivasi, kiat-kiat sukses, buku panduan, naskah fiksi (khusus novel biografi tokoh), memoar, buku-buku keagamaan (Islam), pendidikan, buku how to, dll.  
Untuk jasa penulisan, tarif yang ditawarkan WisataKata akan dihitung per halaman naskah (A4, margin normal, spasi 1,5), dengan besaran biaya Rp. 35.000 per halaman. Minimal order 100 halaman dan maksimal 180 halaman. Naskah hasil ghost writing akan diproses paling lama dua bulan.

C. Konversi
Tidak semua tulisan yang sudah jadi atau selesai ditulis layak untuk dibukukan. Sebuah naskah mentah mesti melewati proses penyuntingan bahkan proses konversi agar layak dibaca oleh khalayak. Contoh konversi naskah misalnya, dari  skripsi, tesis, disertasi, menjadi buku yang layak baca dan layak edar. Meski terkesan mudah dan kerja yang ringan, mengkonversi suatu naskah menjadi buku bukanlah pekerjaan yang sepele. Dalam kerja konversi, terdapat penyuntingan mana data yang layak atau tidak layak untuk dipaparkan, mana data yang masih kurang dan perlu ditambah, dan mana data yang perlu diedit total agar dapat dipahami oleh pembaca.
Untuk jasa konversi, WisataKata menawarkan tarif sebesar Rp. 15.000 per halaman naskah (A4, margin normal, spasi 1,5). Order minimal tidak dibatasi, dan maksimal order adalah 300 halaman. Naskah hasil konversi akan diproses paling lama dua puluh hari.

D. Jasa Edit/ Editing
Bagi Anda yang sudah memiliki naskah final namun memerlukan jasa edit untuk memperbaiki kesalahan ketik atau kesalahan ejaan dalam naskah, WisataKata menawarkan layanan editing, yang meliputi: tata bahasa, salah ketik, rasa berbahasa (agar lebih nyaman dibaca), dan finishing manuskrip.
Untuk jasa edit, WisataKata menawarkan tarif sebesar Rp. 5.000-Rp. 10.000 per halaman naskah (A4, margin normal, spasi 1,5)—tarif tergantung kondisi naskah. Order minimal tidak dan maksimal jasa edit tidak dibatasi. Jasa editing akan diproses WisataKata paling lama dua minggu.

Besaran biaya jasa di atas (poin A-D) belum termasuk harga cetak (dari naskah ke dalam bentuk buku).

E. Jasa Tambahan
Di luar jasa-jasa yang ditawarkan di atas, WisataKata juga menawarkan kemudahan-kemudahan lain bagi Anda yang ingin memiliki buku, seperti jasa layout (tata letak buku), jasa pengadaan ISBN, dan jasa cetak buku. Adapun tarif dari jasa tambahan ini dapat dibicarakan lebih lanjut antara dua pihak, sebab kondisi naskah dan sedikit-banyaknya halaman naskah akan mempengaruhi besaran tarif.

Semua layanan jasa yang ditawarkan oleh WisataKata adalah karya orisinil, merupakan karya asli yang akan digarap oleh para penulis yang kompeten di bidangnya masing-masing dan sudah berkecimpung dalam dunia pengadaan naskah minimal dua tahun. Naskah hasil garapan WisataKata bukan hasil jiplakan atau plagiasi, sehingga buku hasil kerja Agen Naskah WisataKata dapat dipertanggungjawabkan. Nama dan identitas pemesan akan dijaga oleh pihak WisataKata sehingga kerahasiaannya akan terjamin.

Kontak kami via email: wisatakata88@gmail.com atau di nomor HP: 083862777364. Kami juga menerima layanan konsultasi naskah dan pertanyaan seputar dunia penulisan dan dunia perbukuan melalui email.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe