Docar, Ketika Kemudahan Menyewa Mobil Ada Dalam Genggaman Tangan

Minggu, September 25, 2016


Liburan adalah satu kata yang selalu dinantikan oleh semua orang, termasuk juga dengan saya. Apalagi jika bisa berlibur bersama keluarga, tentunya kebahagiaan akan berlipat ganda, karena sesungguhnya liburan terbaik adalah ketika bisa dilakukan bersama orang tersayang. 

Karena sebentar lagi suami saya ulang tahun, saya pun terpikir untuk mengajaknya liburan. Tak perlu ke Pulau Bali atau ke luar negeri, cukup yang dekat tempat tinggal kami, dan yang penting kami bisa liburan bersama. 

Saat ini saya dan suami berdomisili di daerah Grobogan, yang mana tempat terdekat untuk berlibur ada di area Joglosemar (Jogja, Solo, Semarang), dan akhirnya saya pun menetapkan pilihan untuk berlibur bersama suami ke kota Jogja. 

Saya dan suami memang cukup sering berlibur ke Jogja, akan tetapi rasanya Jogja memang tak pernah ada habisnya untuk dieksplore lagi dan lagi. Ada beragam tempat wisata yang bisa didatangi dan dinikmati di Kota Gudeg ini, akan tetapi yang kurang dari pariwisata Yogya adalah akses transportasi antar tempat wisata sangatlah sulit. Tak semua tempat wisata dilalui jalur bus Trans Jogja, apalagi jika ingin pergi ke pantai, sangat minim akses transportasi ke sana. 

Langkah terbaik adalah menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan di Yogya. Jika harus menyetir kendaraan pribadi dari rumah hingga Yogya (PP) tentunya akan sangat melelahkan, dan jika menyewa motor juga terlalu riskan, apalagi saat ini sedang musim hujan dan saya pun sedang dalam kondisi berbadan dua sehingga harus mencari kendaraan yang safety. 

Akhirnya, saya dan suami pun sepakat untuk menggunakan kereta dari Grobogan hingga Yogya, kemudian baru menyewa mobil untuk jalan-jalan di Yogya. Kami sempat bingung kemana harus mencari tempat penyewaan mobil, jika sesampainya di Yogya masih harus mencari rental mobil tentunya akan menghabiskan waktu. Kemudian saya pun berselancar di internet untuk mencari tempat sewa mobil yang terpercaya, hingga akhirnya, saya menemukan aplikasi Docar, sebuah aplikasi tempat penyewaan mobil kekinian yang ada di playstore. 

DOCAR, Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda

Docar, Sebuah Filosofi Nama yang Istimewa
Sebagai keturunan suku Jawa, mendengar kata Docar (baca:dokar) tentunya sudah tak asing lagi di telinga. Dokar merupakan sebuah alat transportasi tradisional yang banyak tersebar di Indonesia, ditarik oleh kuda dan dikendalikan oleh seorang sopir. 

Pemakaian nama yang familiar (secara pengucapan) tentunya memiliki makna filosofisnya tersendiri. Docar dan Dokar sama-sama berhubungan dengan alat transportasi, dan keduanya seolah menjadi cerminan bahwa dalam kehidupan ada yang namanya perkembangan, termasuk juga perkembangan di bidang transportasi. Jika dulu orang-orang bepergian menggunakan ‘Dokar’, sedangkan sekarang bisa menggunakan ‘Docar’.

Docar, Penyewaan Mobil yang Kekinian
Perkembangan teknologi memang memudahkan manusia untuk melakukan segala sesuatu, termasuk juga ketika ingin menyewa mobil. Tak perlu keluar rumah atau menelpon ke berbagai rental mobil untuk mendapatkan mobil yang cocok, karena kini telah hadir ‘Docar’, sebuah aplikasi penyewaan mobil dalam genggaman tangan. 

Cukup download aplikasi ‘Docar’ dari playstore dengan klik link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.DOcar dan mendaftar untuk masuk ke dalam aplikasi ini, atau agar lebih mudah, bisa juga log in melalui facebook atau akun google. Atur Profil dan atur akun Bank untuk keperluan transfer. 

Daftar dan Log In Aplikasi Docar

Pengaturan Profil

Pengaturan Akun Bank
Cepat, Mudah, dan Praktis
Tak bisa dipungkiri, jika menyewa mobil menggunakan aplikasi ‘Docar’ ini sangatlah praktis, hanya dengan beberapa kali klik, maka mobil sewa yang nyaman telah didapatkan. Dan berikut ini adalah langkah-langkah yang saya lakukan ketika akan menyewa mobil menggunakan aplikasi ‘Docar’:

a. Pilih Lokasi Liburan
Penyewa bisa memilih rental di tempat kota yang dituju, kemudian memilih durasi sewa, ada beragam durasi yang bisa menjadi pilihan, dari 8 jam, 12 jam, atau full day. Selain itu juga bisa memilih fasilitas mobil, pembayaran tanpa BBM, termasuk BBM, atau All in (yang sudah termasuk BBM, makan driver, tol, parkir, dll).
Karena ingin berlibur ke Yogya, maka saya pun memilih lokasi rental di wilayah Yogyakarta, dengan tujuan untuk City Tour pada tanggal 27 September 2016, dengan durasi 12 jam dengan fasilitas tanpa BBM. Kemudian Klik ‘Cari Mobil’. 

Pilih Lokasi

b. Pilih Mobil
Kemudian saya masuk ke halaman pencarian mobil, ada banyak mobil yang dapat kita pilih lengkap dengan keterangan lengkap mobil tersebut. Jika dilihat dalam pilihan, mobil-mobil yang ada di ‘Docar’ semuanya rakitan di atas tahun 2010, yang mana mobil-mobil yang digunakan termasuk mobil baru dan pastinya masih nyaman untuk digunakan dalam perjalanan tanpa takut adanya kerusakan.
Saya pun memilih mobil New Xenia Tahun 2011 warna hitam dengan bahan bakar bensin premium. Harga awal Rp 300.000,-,namun saya mendapatkan diskon dan hanya mendapat harga Rp 273.000,-

Beragam Pilihan Mobil
Mobil Pilihan (New Xenia)

c. Detail Reservasi
Selanjutnya saya masuk ke halaman detail reservasi. Jika biasanya kita harus datang ke rental mobil untuk menyewa, namun di ‘Docar’, justru kita yang akan dijemput sehingga tidak perlu repot. Sehingga kita harus mengisi detail reservasi agar mobil dari ‘Docar’ dapat datang tepat waktu untuk menjemput. Jangan lupa masukkan nomor ponsel agar mudah dihubungi oleh sopir dari ‘Docar’ sehingga antara penyewa dan sopir dapat bertemu di lokasi penjemputan dengan mudah
Karena saya berangkat dari rumah menggunakan kereta pada pagi hari melewati Solo dan berakhir di Yogyakarta, maka saya memilih lokasi penjemputan di Stasiun Lempuyangan pada pukul 13:00 WIB pada Tgl 27 September 2016.  Kemudian Klik ‘Lanjutkan’.

Detail Reservasi
d. Metode Pembayaran
Kemudian, kita akan masuk ke metode pembayaran, ada dua cara pembayaran, dengan bayar semua secara langsung, atau ingin bayar uang muka 25% terlebih dahulu. Dan untuk pilihan pembayaran bisa dilakukan dengan cara transfer. Saya pun memilih pembayaran semua agar lebih mudah. Lalu klik ‘OK’ dan kita akan masuk ke konfirmasi pembayaran. Kita akan diberikan waktu untuk melakukan pembayaran dan kita cukup klik ‘konfirmasi mobil’ pada toolbar untuk memberikan konfirmasi bahwa kita sudah membayar. 

Metode Pembayaran

Toolbar yang Sederhana
Bagi orang awam, aplikasi ini terbilang sederhana, karena kita hanya tinggal menekan tombol yang ada pada layar. Ada beragam bagian toolbar yang ada, yaitu :
-          Pesan Mobil
-          Konfirmasi Bayar
-          Status Pemesanan
-          Ulasan
-          Kotak Masuk
-          Promo
-          Pengaturan
-          Tentang Kami
-          Keluar

Pilihan pada Toolbar

Ragam Promo dan Diskon
Siapa yang tak suka jika mendengar kata promo dan diskon. Seperti halnya yang diberikan oleh aplikasi ‘Docar’ selama bulan September. Ada 9% diskon September Ceria ke semua kota sebagai bentuk apresiasi ‘Docar’ atas 1000+ Docar App Download. 

Promo Diskon September Ceria

Selama periode sewa bulan September, penyewa mendapatkan diskon 9%. Oleh karena itu, ketika saya menyewa, mobil yang seharusnya memiliki harga sewa Rp 300.000,-, saya cukup membayar Rp 273.000,-. Menyenangkan bukan? Maka tak salah jika saya memberikan 5 bintang untuk aplikasi ini di playstore ^_^

5 Star for Docar
Jika ingin mengenal aplikasi Docar lebih dekat? Jangan lupa klik website dan media sosialnya:




Sekarang tak perlu bingung lagi mencari mobil rental, karena sudah ada aplikasi ‘Docar’, The Best Choice to Get The Best Rent Car. (*) - Richa Miskiyya



You Might Also Like

2 komentar

Subscribe