Sukses Berbisnis Dengan Kartu Kredit Yang Tepat

Minggu, Januari 01, 2017


Memilih Kartu Kredit yang Tepat


Apabila Anda ingin memulai bisnis, tahukah Anda kartu kredit dapat menjadi pendamping yang sangat berguna dalam menjalankan bisnis? Kita semua tahu apa itu kartu kredit dan bagaimana cara kerjanya. Dengan menggesekan kartu kredit Anda dapat membayar secara kredit hingga tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit. Ketika Anda tidak membayar tagihan maka bunga akan dikenakan dan jika membayar lunas maka tidak ada bunga. Akan Tetapi, bagaimanakah cara kartu kredit bisnis dapat membantu kehidupan berbisnis Anda? 

Sebuah kartu kredit bisnis dapat menjadi salah satu cara terpraktis untuk mengakses kredit jangka pendek dan dapat meningkatkan kemampuan berbelanja dari perusahaan Anda. Akan tetapi, sama seperti dengan sumber kredit lainnya, kartu kredit memiliki biaya dan harus digunakan dengan bijak. Marilah kita lihat apakah sebenarnya kartu kredit bisnis tersebut dan keuntungannya sebagai alat finansial perusahaan.

Apakah Kartu Kredit Bisnis?
Kartu kredit bisnis memberikan pengusaha akses mudah ke dana kredit dengan limit tertentu untuk melakukan transaksi. Sama halnya dengan kartu kredit perorangan, sebuah kartu kredit bisnis memiliki iuran tahunan dan suku bunga standard. Kartu kredit bisnis pun memiliki cara kerja yang tidak berbeda dengan kartu kredit lainnya. Perbedaan utamanya akan terletak pada jumlah limit dan fitur serta status kartu lebih diperuntukan untuk kepentingan berbisnis. Anda dapat mendapatkan kartu kredit bisnis melalui aplikasi kartu kredit online melalui website seperti AturDuit.com.

Perbedaan Kartu Kredit Bisnis Dengan Pinjaman Bisnis
Kartu kredit bisnis selalu dipasarkan sebagai salah satu pengganti dari pinjaman untuk berbisnis. Namun ada beberapa perbedaan yang perlu diperhatikan antara kedua produk ini.
Perbedaan yang paling jelas yaitu kartu kredit memberikan kredit dengan fleksibel, sedangkan untuk pinjaman lebih bersifat tetap. Dengan kata lain, Anda dapat meminjam mencapai batas kredit limit dengan kartu kredit dan melunasinya di tanggal jatuh tempo, kemudian Anda dapat meminjam lagi. Sedangkan pinjaman, setelah mendapatkan kredit maka Anda hanya dapat mengajukan aplikasi berikutnya apabila pinjaman pertama lunas.

Perbedaan berikutnya terletak pada bunga dan jumlah pinjaman. Pinjaman bisnis umumnya memiliki jumlah pinjaman jauh lebih besar dibanding kartu kredit dan bunga yang bersifat tetap. Jadi Anda dapat menggunakan pinjaman untuk membeli peralatan perusahaan, dimana biasanya akan bersifat jangka panjang.

Keuntungan Dari Kartu Kredit Bisnis
Ada beberapa keuntungan yang dapat dipertimbangkan untuk pengusaha mengajukan kartu kredit bisnis. Diantaranya adalah:
1.      Kualifikasi yang mudah
Bagi perusahaan baru yang tidak memiliki catatan kredit di BI checking, mendapatkan pinjaman bisnis mungkin akan lebih sulit ketimbang mengajukan kartu kredit bisnis sebagai sarana kredit.

2.      Praktis
Kartu kredit merupakan salah satu alat transaksi terpraktis. Pengusaha tidak perlu mengambil uang jumlah besar di ATM untuk bertransaksi dan tanpa memerlukan menulis cek.

3.      Dana Cadangan
Dengan kartu kredit, pengusaha dapat memiliki dana cadangan ketika piutang dagang belum diperoleh ataupun ketika penjualan rendah sehingga bisnis tidak memiliki cash.

4.      Kemudahan Transaksi Online
Meningkatnya pengusaha melakukan transaksi online atau memiliki bisnis online dengan supplier, membuat kartu kredit sebagai saran termudah untuk melakukan transaksi online.

5.      Membantu Pembukuan Usaha
Selain mendapatkan laporan bulanan, sebagian besar kartu kredit bisnis memberikan pengusaha akses untuk mengecek rekening mereka secara online. Sehingga di akhir tahun, ringkasan rekening dapat membantu pada pembukuan pengusaha dalam hal pengeluaran. Dan ini dapat juga sebagai salah satu alat bermanfaat dalam pemeriksaan dan memonitor pengeluaran karyawan.

6.      Reward dan Fitur
Banyak kartu kredit bisnis menawarkan berbagai program reward dan fitur menarik seperti diskon, Mielage untuk penerbangan dan banyak lagi. Beberapa kartu juga dapat membuat Anda berhemat dengan cash back yang mereka miliki. Salah satu contoh kartu kredit bisnis yang dapat Anda dapatkan adalah kartu kredit BCA.

7.      Membuat Catatan Kredit
Dengan menggunakan kartu kredit bisnis secara penuh tanggung jawab - seperti membayar tagihan tepat waktu, membayar sesuai total tagihan dan tidak menggesek lebih dari limit kredit – dapat membantu membuat catatan kredit yang positif di BI checking untuk bisnis Anda. Yang dimana di kemudian hari dapat memudahkan Anda sebagai pemilik usaha untuk mendapatkan pinjaman bisnis dengan suku bunga lebih rendah.

Jadi kartu kredit bisnis adalah salah satu pilihan yang dapat dikonsider untuk membiayai usaha Anda. Pastikan Anda memahami cara penggunaan, biaya, dan keuntungan dari masing-masing kartu kredit bisnis sebelum mengajukannya. Dan selalu memonitor penggunaan kartu kredit tersebut.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe