Taman Balekambang, Wisata Keluarga Murah dan Ramah Anak di Solo

Rabu, Juli 17, 2019


April 2019 lalu, saya bersama keluarga liburan ke Solo-Yogya. Awalnya kami bingung, mau berwisata kemana ya kalau di Solo? WIsata yang nyaman untuk keluarga dan khususnya untuk batita. Setelah tanya mbah google, akhirnya, kami memilih buat berwisata di Taman Balekambang.
Salah satu yang bikin saya tertarik datang ke sini sih, karena dari hasil googling, jaraknya dekat dari terminal dan Hotel Paragon Solo yang kami inapi, juga karena ada rusa yang berkeliaran bebas.

Awalnya, kami akan naik kereta Semarang-Solo, tapi karena kehabisan tiket, hiks. Akhirnya kami naik bus ke Solo yang memakan waktu 3 jam. Untungnya Ayya gak rewel diajak naik Bus Rela yang jalannya kayak roller coaster.

Kami sampai di Terminal Tirtonadi Solo, pukul 11 an. Karena saat itu hari jumat, saya dan si kecil Ayya harus menunggu Abiyya (Abinya Ayya) untuk sholat jumat di masjid terminal terlebih dahulu.

Oh ya, FYI, Terminal Tirtonadi ini baguuuusss banget, full AC, masjidnya juga oke punya. Makanya saya dan Ayya menunggu di ruang tunggu pun, terasa menyenangkan, apalagi koridor terminal yang luas bikin Ayya heboh lari kesana kemari. Setelah Abiyya selesai sholat jumat, dan saya gantian sholat Dzuhur, kami pun berangkat ke Taman Balekambang.

Tiket Masuk Gratis
Kami naik taksi online menuju Taman Balekambang yang terletak di Jl. Ahmad Yani. Saat mulai memasuki gerbang, kami awalnya celingukan cari loket tiket, tapi enggak ada, ternyata memang enggak ada tiket masuk, alias gak bayar, alias gratis, hohoho. Senang banget dong. 

Like Mother Like Daughter

Saya nggak tahu apakah masuk ke Taman Balekambang akan gratis selamanya atau enggak, saya pikir sih taman ini masih digratiskan karena masih dalam tahap pembangunan, karena ada beberapa bagian taman yang masih belum dibangun sempurna

Sejarah Taman Balekambang
Memasuki Taman Balekambang, kami disuguhi suasana yang sejuk dan rindang. Banyak pepohonan besar yang menaungi lahan seluas 9,8 Ha ini. Dari monumen yang ada di dalam taman, ternyata taman ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII untuk kedua putrinya, yaitu GRAy Partini dan GRAy Partinah. Makanya, di dalam taman ini ada patung dua orang putri Jawa.

Untuk nama tempat di dalam taman ini juga dinamai sesuai dengan nama kedua putri, yaitu Partinah Bosch untuk nama bagian hutan kota, dan Partini Tuin untuk bagian taman yang berupa kolam air.

Bermain, Bergembira, Berkuliner
Untuk liburan keluarga yang murah meriah, Taman balekambang ini termasuk lengkap banget. Di dalam taman ini selain ada rusa-rusa yang dilepas bebas, ada tempat bermain anak yang terbilang lengkap dan banyak macamnya serta tersebar di beberapa bagian taman, jadi anak-anak yang mau main, enggak perlu rebutan dengan anak lainnya. 


Ayya dan Seekor Rusa

Selain itu ada juga becak bebek di bagian kolamnya, tapi kami gak naik itu, karena takut nyemplung, hahahaha. Ada juga playground berupa istana balon, tapi karena Ayya masih berusia 2 tahun, jadi kami memilih bermain dengan rusa dan bermain prosotan.

Saat main di taman ini, Ayya kelihatan seneng banget, dia heboh banget waktu lihat rusa, sampe berteriak, ‘kambiiing’, wkwkwkw. Ini emang pertama kalinya Ayya lihat Rusa secara langsung, tahunya itu kambing, hihihi. 

Si Bocah Petualang

Jungkat-jungkit Asik

Puas main sama Rusa, kami gantian main prosotan dan jungkat-jungkit. Seneng gitu lihat Ayya ketawa-ketawa saat main di sini.

Buat yang lapar, gak perlu khawatir, karena di dalam Taman Balekambang ada banyak penjual makanan, dari sosis dan bakso bakar hingga makanan berat seperti soto dan bakso. Nyenengin banget makan di atas tikar di bawah rindangnya pepohonan, sambil lihat rusa berkejaran. Tapi sayangnya, saat kami ke sana, hujan gerimis yang cukup deras turun, kami yang awalnya mau makan di atas tikar, akhirnya memilih makan di sebuah kedai/resto yang juga tersedia di Taman Balekambang. 

Suasana Kedai/Resto Balekambang

Makanan di Kedai/Resto ini mayoritas berbahan beragam ikan, jadi tinggal pilih mau gurame, lele, atau nila, mau dibakar atau digoreng. Rasanya terbilang enak dan harganyapun ramah di kantong. Suasananya pun nyaman, semacam kedai kekinian yang menyediakan spot-spot foto instagramable.
Kami terbilang puas beriwisata di Taman Balekambang ini, dan kalau ada kesempatan berkunjung ke Solo lagi, kami gak menutup kemungkinan buat datang ke Taman Balekambang lagi.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe