Mengenal Kanker Tiroid, dari Gejala Hingga Pengobatannya

Jumat, Juli 17, 2020


Ada beragam penyakit kanker di dunia ini, salah satunya adalah kanker tiroid. Meskipun kanker tiroid  tidak terlalu banyak dikenal jika dibandingkan kanker lainnya. Namun, beragam langkah untuk mengenal kanker tiroid tetap harus dilaksanakan.

Kanker Tiroid
Kanker tiroid adalah kanker yang menyerang kelenjar tiroid. Letak kelenjar tiroid sendiri ada pada bagian depan leher, fungsi dari kelenjar ini adalah untuk mengatur metabolisme tubuh, denyut jantung, suhu badan, tekanan darah, dan juga berat badan.

Mengenal kanker tiroid adalah kanker yang menyerang kelenjar tiroid

Biasanya tanda yang muncul disebabkan adanya kanker tiroid ini adalah benjolan di kelenjar tiroid. Keberadaan kasus kanker tiroid terbilang jarang terjadi, dan biasanya kanker tiroid lebih banyak menyerang pasien wanita dibandingkan laki-laki.

Gejala Kanker Tiroid
Selain kemunculan benjolan pada kelenjar tiroid, gejala lain yang sering muncul disebabkan adanya kanker tiroid ini adalah:
      ·         Sakit tenggorokan
      ·         Leher membengkak
      ·         Kesulitan menelan
      ·         Batuk
      ·         Kesulitan bernapas
      ·         Sakit pada bagian leher
      ·         Suara serak dalam waktu lama
Apabila muncul gejala-gejala seperti di atas dan khawatir hal tersebut sebagai gejala kanker tiroid, segera datang ke dokter untuk berkonsultasi.

Jenis-jenis Kanker Tiroid
Mengenal kanker tiroid, maka harus mengenali beberapa jenis kanker tiroid yang biasanya diderita oleh pasien, dan masing-masing jenis kanker tiroid ini memiliki perkembangan dan jenis kasus yang berbeda-beda.

      1.      Tiroid Papiler
Kanker tiroid papiler merupakan jenis kanker tiroid yang paling banyak ditemukan pada pasien. Kanker tiroid jenis ini muncul tak pandang usia pasien.

Kanker tiroid ini perkembangannya terbilang lambat dan hanya muncul pada salah satu bagian kelenjar tiroid saja. Meski begitu, harus diwaspadai karena kanker jenis papiler ini bisa menyebar sampai ke kelenjar getah bening. 

Meski paling banyak diderita pasien, namun kanker tiroid papiler ini mempunyai peluang lebih besar untuk bisa sembuh total.
      
      2.     Tiroid Folikuler
Jenis kanker tiroid selanjutnya adalah kanker tiroid folikuler. 10 hingga 15% pasien kanker tiroid menderita kanker tiroid jenis ini. Pada umumnya kanker ini disebabkan karena tidak cukupnya asupan iodium ke dalam tubuh.

Meski tidak menyebar hingga ke bagian kelenjar getah bening, akan tetapi kanker ini bisa menyebar hingga tulang dan paru-paru dan memiliki kemungkinan cukup besar untuk disembuhkan.
      
      3.     Tiroid Hurthle
Kanker tiroid hurthle merupakan varian dari jenis folikuler dan jenis ini terbilang langka, hanya 2-3% pasien yang menderita tipe ini. Selain langka, untuk prosentase kesembuhannya juga kecil. Biasanya kanker jenis ini mayoritas diderita oleh perempuan berusia 50 tahun ke atas.

      4.     Tiroid Meduler
Hanya ada sekitar 4% kasus pasien yang menderita kanker tiroid meduler. Kanker ini bisa menjalar hingga hati, paru-paru, dan kelenjar getah bening.

Kanker tipe ini terbagi lagi ke dalam dua jenis, yaitu familial (didapatkan karena garis keturunan), dan sporadik (muncul secara tiba-tiba).
      
      5.     Tiroid Anaplastik
Untuk jenis kanker tiroid paling langka adalah kanker tiroid anaplastik, yang mana hanya diderita oleh 2% penderita kanker tiroid. Biasanya kanker tiroid anaplastik ini mengalami perkembangan dari sel kanker tiroid folikuler atau sel kanker tiroid papiler. 

Kanker jenis ini memiliki jangka waktu penyebaran ke bagian tubuh lain sangat cepat, sehingga peluang kesembuhannya pun terbilang cukup rendah. 

Pengobatan Kanker Tiroid
Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengobati kanker tiroid. Pengobatan yang bisa dipilih tergantung pada jenis dan stadium kanker, selain itu, kondisi kesehatan dan faktor usia juga menjadi alasan pengobatan apa yang akan dilakukan.
      
      1.      Operasi
Operasi dilakukan untuk mengangkat kelenjar tiroid, baik itu sebagian, maupun keseluruhan. Adakalanya dokter juga akan mengangkat kelenjar getah bening yang ada pada bagian leher, ini bisa dilakukan tergantung pada separah apa kanker sudah menjalar.
      
      2.     Ablasi Iodium Radioaktif
Pengobatan ini biasanya dilakukan pada pasien yang sudah menjalani tiroidektomi. Tujuan dari penanganan ini adalah agar jaringan-jaringan kelenjar tiroid yang tersisa di tubuh hancur.
      
      3.     Terapi Hormon Tiroid
Terapi hormon tiroid dilakukan ketika kelenjar tiroid sudah diangkat seluruhnya. Oleh sebab itu harus minum pil hormon tiroid agar sel kanker yang tersisa tidak berkembang lagi. 
       
      4.     Kemoterapi dan Radioterapi
Untuk pelaksanaan kemoterapi dan radioterapi baru akan dilakukan apabila metode-metode sebelumnya tidak berhasil membunuh semua sel kanker yang ada dalam tubuh.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui untuk mengenal kanker tiroid. Selalu jaga kesehatan dan segera pergi ke dokter apabila mengalami kondisi tubuh yang kurang sehat atau dicurigai memiliki gejala-gejala seperti di atas. Keep Healthy!



Posting Komentar