5 Cara Perawatan Rambut Rusak Agar Kembali Sehat dan Indah

Rabu, Juli 29, 2020


Rambut adalah mahkota, dimana salah satu hal yang menjadi rujukan bagus tidaknya kualitas penampilan ada pada rambut. Rambut yang indah dan sehat tentu menjadi idaman semua orang. Namun, apa jadinya jika rambut mengalami kerusakan? Cara untuk memperbaikinya tentunya dengan melakukan perawatan rambut rusak.

Perawatan rambut rusak tidak hanya menggunakan shampo saja, tapi juga harus diimbangi dengan beragam cara lainnya, ada yang tradisional dan ada juga yang modern, kedua jenis cara ini sama-sama bagus asal dilakukan dengan rutin dan teratur. Dan berikut ini adalah 5 cara perawatan rambut rusak agar kembali sehat dan indah:

Cara perawatan rambut rusak bisa dilakukan di rumah

      1.      Gunakan Vitamin Rambut
Rambut yang rusak biasanya diakibatkan karena kekurangan vitamin. Oleh sebab itu perlu menggunakan vitamin rambut secara rutin. Pilih vitamin yang sesuai dengan kondisi kerusakan rambut, apakah untuk rambut rontok, bercabang, atau kering. Vitamin rambut bisa digunakan secara langsung pada rambut tanpa harus dibilas.

Vitamin rambut bisa digunakan setiap hari, saat mengaplikasikannya ke rambut, jangan lupa untuk memijat rambut dan kulit kepala secara perlahan, agar vitamin meresap ke akar rambut sehingga rambut bisa lebih sehat, kuat dan indah.
      
      2.    Hindari Hair Spray dan Styling Gel
Penggunaan hair spray dan styling gel sebisa mungkin harus dihindari. Penggunaan styling gel dan hair spray ini bisa membuat rambut rusak. Hair psray dan styling gel mengandung bahan kimiawi yang membuat rambut cepat rapuh dan rusak.

Selain itu, penggunaan produknya juga akan melekat lama pada rambut. Hair spray dan styling gel juga memiliki tekstur yang cenderung lengket sehingga debu dan kotoran akan lebih mudah melekat pada rambut. Inilah yang menyebabkan penggunaan hair spray dan styling gel juga bisa membuat rambut cepat kotor dan akhirnya menjadi sarang jamur.
      
      3.     Gunakan Masker Rambut
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan masker rambut. Selain vitamin, penggunaan masker rambut memang memiliki peran penting untuk memperbaiki rambut yang rusak.

Ada beragam jenis masker rambut yang dijual di pasaran, pilih yang sesuai dengan kerusakan rambut. Selain bisa mengembalikan kelembaban rambut, masker rambut juga akan memberikan nutrisi pada rambut.

Gunakan masker rambut secara rutin, satu hingga dua kali seminggu. Masker rambut juga bisa dibuat sendiri dengan bahan-bahan alami seperti alpukat, madu, lidah buaya, atau yogurt.
      
      4.     Kurangi Penggunaan Pengering Rambut dan Catokan
Agar rambut kembali sehat dan indah, penggunaan pengering rambut dan catokan juga harus dikurangi. Catokan dan pengering rambut sama-sama mengeluarkan suhu panas, yang mana jika digunakan setiap hari bisa membuat rambut rusak dan kusam. Apabila harus menggunakan catokan atau pengering rambut, atur terlebih dahulu pada posisi suhu terendah.
      
      5.     Konsumsi Sayuran Hijau
Selain perawatan rambut dari luar, alangkah baiknya jika diimbangi perawatan rambut dari dalam, yaitu dengan cara mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli, dan sayuran hijau lainnya

Sayuran hijau memiliki kandungan Methyl Sulphony Methane (MSM) yang dapat meningkatkan produksi keratin pada rambut sehingga membuat rambut lebih kuat dan sehat.  

Nah, itu dia 5 cara perawatan rambut rusak agar kembali sehat dan indah. Semua perawatan di atas tidak harus dilakukan di salon, tapi bisa juga dilakukan sendiri di rumah karena sekarang sudah banyak produk perawatan rambut yang dijual di pasaran. Asalkan perawatan rambut di atas dilakukan secara rutin dan teratur, maka rambut indah dan sehat bukan lagi sekadar impian.

4 komentar

  1. hairspray itu panas juga, sehingga harus sesuai pengaturannya

    BalasHapus
  2. Setuju nih kak selain ikhtiar diluar ikhtiar dalam kayaknya wajib ya. Kerontokan bisa dikurangi dengan kita banyak makan sayuran hujau juga buah buahan

    BalasHapus
  3. Nah kalau ngeringinrambut sekarang saya kipas aja pake kipas sate mbak wkwkw soalnya klo pake pengering rambut jadi kering dan kusam mungkin kepanansan kali ya.. ya sdh alami saja pake kipas sate,,hihi

    BalasHapus
  4. Vitamin rambut aku jarang pakai, nggak suka rambut jadi mudah berminyak dan lepek tapi aku ganti pakai toner aja... Ia aku sudah jarang pakai hair dryer

    BalasHapus