3 Alasan Mengapa Anda Harus Menyusui Bayi

Senin, Maret 08, 2021

Keputusan untuk menyusui bayi atau tidak adalah keputusan pribadi seorang ibu yang tidak bisa digugat oleh siapapun. Namun, ada baiknya jika seorang ibu mampu menyusui anaknya karena ada banyak sekali manfaat menyusui bagi ibu dan anak.

Ibu dan bayinya (Sumber: Foto oleh Polina Tankilovitch/Pexels) 

Menyusui adalah cara paling alami untuk memberi makan bayi sebelum akhirnya ia mengkonsumsi makanan pendamping ASI nantinya. Tubuh seorang ibu diciptakan untuk memberi anak sumber nutrisi yang sempurna. Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa Anda harus menyusui bayi.

Alasan Menyusui Bayi

1. ASI Adalah Makanan Tersehat untuk Anak 

Menyusui memberi bayi Anda berbagai manfaat kesehatan dan perkembangan. Bahan alami yang ditemukan dalam ASI membantu melindungi bayi dari penyakit selama masa pertumbuhannya. ASI juga terus memberi anak a kesehatan yang lebih baik saat ia tumbuh, bahkan setelah disapih dengan jadwal menu mpasi 6 bulan.

ASI juga mudah dicerna bayi. Tubuh Anda membuat ASI khusus untuk bayi sehingga lebih mudah dicerna daripada susu formula dan dapat membantu mencegah gas dan kolik. Pergerakan usus bayi yang disusui tidak berbau. Bayi yang disusui cenderung mengalami diare dan sembelit yang lebih sedikit.

2. Menyusui Baik Untuk Kesehatan Anda

Wanita yang menyusui bayi cenderung lebih cepat pulih setelah melahirkan daripada wanita yang memilih untuk tidak menyusui bayinya. Menyusui dapat mengurangi risiko kanker ovarium dan payudara. Menyusui  juga dapat menurunkan kemungkinan Anda terkena rheumatoid arthritis, diabetes, hipertensi, dan penyakit kardiovaskular seiring bertambahnya usia.

3. Makanan yang Baik untuk Anak

ASI mengeluarkan rasa manis dan lembut, rasa yang jauh berbeda dan, bisa dibilang, lebih baik daripada susu formula. Selain itu, rasa makanan yang Anda konsumsi ini diteruskan ke bayi yang dapat mendiversifikasi pola makannya sejak awal. Anak yang ketakutan, terluka, atau sakit bisa dihibur dengan menyusui.

4. Menunda Haid dan Berfungsi sebagai Kontrol Kelahiran Alami

Menyusui dapat mencegah menstruasi Anda kembali selama 3-6 bulan atau bahkan lebih lama. Biasanya, menstruasi kembali sekitar satu bulan setelah Anda berhenti menyusui secara eksklusif.

Jika Anda menyusui secara eksklusif tanpa suplemen, anak Anda berusia di bawah 6 bulan, dan menstruasi Anda belum kembali, maka Anda dapat menggunakan metode amenore laktasi untuk pengendalian kelahiran. 

Nah, agar Anda lebih nyaman dalam menyusui bayi, maka gunakanlah popok terbaik untuk mendukung kenyamanan si kecil dan Anda. Popok yang baik akan membuat si kecil tidak mudah rewel dan nyaman. Mau tahu merk popok ternyaman dan terbaik? Ya Merries, dong! Yuk, lengkapi kebutuhan popok Anda dengan Merries!


1 komentar

  1. setuju banget dengan poin ASI Adalah Makanan Tersehat untuk Anak :D

    BalasHapus