Serunya Tingkatkan Fundamental Skills Bersama ZenCore dari Zenius

Rabu, Agustus 11, 2021

Saat sekolah dan kuliah, setiap hari kita selalu mendapatkan asupan pengetahuan-pengetahuan baru yang membuat otak kita terus berpikir. Namun, beda keadaannya ketika kita sudah lulus sekolah dan kuliah, pengetahuan yang masuk ke dalam otak kita rasanya terhenti atau bisa dibilang stagnan. 

Minimnya pengetahuan yang masuk ke dalam otak kita akhirnya membuat kemampuan berpikir menjadi tumpul, kita jadi sering merasa kesulitan dalam memahami suatu permasalahan dan akhirnya sulit mencari cara menyelesaikan masalah tersebut. 

Bahkan, rendahnya kemampuan dalam berpikir dan menelaah sesuatu pada orang dewasa ini akhirnya berakibat pada tidak sampainya informasi hingga kemudian bisa berakibat pada berkembangnya hoaks. 

Tingkatkan Fundamental Skills Bersama ZenCore
ZenCore dari Zenius

Kemampuan literasi dan numerasi orang dewasa di Indonesia ada pada level 1 atau di bawah level 1,  kemampuan ini lebih rendah jika dibandingkan anak usia 15 tahun di Indonesia yang ada pada level 1 atau level 1 A (dalam skala 6). untuk kemampuan membaca, matematika, dan sains. 

Berdasar survei dari Program for International Student Assessment (PISA) tahun 2019, Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara terkait tingkat literasi yang dimiliki. 

Kenapa bisa terjadi hal seperti itu? Jawabannya adalah karena pendidikan di Indonesia tidak fokus pada hal-hal yang everlasting. Apa itu pendidikan yang everlasting? Yaitu Pendidikan yang bahkan ketika kita meninggalkan bangku sekolah, kita masih ingat apa yang kita pelajari di sekolah. 

Lalu apa yang harus kita lakukan agar kemampuan berpikir kita meningkat dan kita bisa jadi lebih cerdas meskipun sudah dewasa? Jawabannya adalah dengan melatih fundamental skills. 

Fundamental Skills dan Cara Melatihnya

Fundamental skills  merupakan kemampuan dasar yang dianggap perlu untuk digunakan secara kompeten dalam masyarakat. Beberapa kemampuan dasar itu seperti kemampuan analisis, kemampuan berpikir kritis, serta kemampuan berpikir cepat dan tepat saat dihadapkan dalam suatu permasalahan. 

Apakah fundamental skills ini bisa dilatih dan ditingkatkan? Iya, bisa. Bahkan, usaha untuk meningkatkan fundamental skills ini bisa dilakukan oleh semua orang, tidak terbatas usia maupun tingkat pendidikan. 

Apabila fundamental skills seseorang ini meningkat, maka kemampuan untuk menerima informasi bisa lebih cepat dan tepat. Selain itu kemampuan berpikir rasional dan kritis juga ikut berkembang, sehingga kualitas hidup juga akan meningkat.   

Meningkatkan Fundamental Skills Bersama ZenCore dari Zenius

Sebenarnya saya sempat iri dengan para siswa yang bisa mendapatkan ilmu dan belajar dengan mudah lewat aplikasi Zenius. Beda banget gitu dengan waktu saya sekolah dulu yang susah mendapatkan akses tambahan untuk belajar.

Tapi rasa iri itu sekarang hilang karena bagi orang dewasa seperti saya yang ingin meningkatkan kemampuan dasarnya, kini Zenius memiliki fitur baru bernama ZenCore

Download Aplikasi Zenius
Download Aplikasi Zenius Bikin Cerdas Beneran

ZenCore merupakan pembelajaran yang dikembangkan dengan metode adaptive learning sehingga bisa digunakan oleh segala usia, bisa untuk siswa SMP, SMA, Mahasiswa, juga para orang dewasa, termasuk juga ibu rumah tangga yang ingin meningkatkan kemampuan dasarnya seperti saya. 

Salah satu bagian ZenCore adalah CorePractice, yang berisi kuis dan soal-soal yang berguna untuk meningkatkan atau meng-upgrade fundamental skills

Ada 3 (tiga) kemampuan atau skills yang akan dilatih lewat kuis dan soal-soal yang ada di CorePractice ini, yaitu Matematika, Verbal dan Logika, serta Bahasa Inggris.

Pentingnya Meningkatkan Fundamental Skills

Seperti yang sudah saya sampaikan juga di atas, kenapa fundamental skills ini perlu untuk ditingkatkan? Selain untuk meningkatkan kualitas hidup, juga agar kita lebih bisa menangkap serta mencerna informasi yang masuk di era digital seperti ini, sehingga kita akan menjadi pribadi yang lebih rasional, kritis, dan tidak mudah terjebak oleh hoaks. 

Apalagi sekarang ini banyak sekali media yang menulis berita dengan modal clickbait dan judul yang bombastis. Apabila kita tidak memiliki fundamental skills yang kokoh, maka judul-judul clickbait itu bisa menjadi bahan bakar berbahaya yang akan berkembang menjadi hoaks. 

Cara Akses CorePractice

#mulaidarimanaaja dan gimana sih cara akses CorePractice ZenCore di Zenius? Caranya gampang banget.

1. Download aplikasi Zenius di playstore atau appstore

2. Klik ZenCore di HomePage

3. Kerjakan kuisnya yang terdiri dari tiga kategori secepat-cepatnya

4. Push rank dan tingkatkan terus levelmu

Serunya Belajar dengan ZenCore

Saya termasuk orang yang senang mengerjakan soal-soal a la TPA, dan saat saya pertama menggunakan ZenCore, saya langsung ketagihan, hahaha. Apa aja sih keseruan belajar dengan ZenCore?

1. Ada 3 Kategori dengan Ribuan Soal

CorePractice di ZenCore memiliki 3 (tiga) kategori, yaitu Matematika, Verbal Logika, dan Bahasa Inggris. Selain itu dari 3 (tiga) kategori ini memiliki ribuan soal. Sehingga jangan takut kehabisan soal yang bisa dikerjakan. 

2. Adaptif dengan Kemampuan

Soal yang diberikan pun adaptif dengan kemampuan kita, jadi apabila kita sudah menguasai level suatu soal. Maka kuisnya juga akan ditingkatkan secara otomatis sesuai dengan kemampuan kita. Seru banget, kan?

3. Push Rank

Buat yang suka berkompetisi, belajar di ZenCore ini seru banget karena kita bisa push rank untuk menaikkan level dan peringkat. Jangan lupa ajak teman-teman lain untuk push rank juga.

4. Review Hasil

Hasil Belajar di ZenCore Zenius
Hasil Belajar di ZenCore 

Setiap selesai mengerjakan satu paket soal, kita juga akan mendapatkan hasil review berapa score kita, rata-rata waktu yang kita gunakan untuk menyelesaikan satu soal, juga berapa persen tingkat akurasi kita dalam menjawab soal. 

5. Pembahasan Jawaban

Pembahasan Jawaban di ZenCore
Pembahasan Jawaban di ZenCore


Setiap kita benar menjawab, maka jawaban kita akan berwarna hijau, sedangkan jika salah akan berwarna merah. Tapi, nggak perlu khawatir, karena kita juga bisa melihat pembahasan dari soal-soal yang sudah kita jawab, jadi kita bisa lihat bagaimana cara memperbaiki jawaban kita di soal dan level selanjutnya. 

Ayo Ikut Misi Agustusan!

Bulan Agustus ini juga ada yang seru dari ZenCore, yaitu Misi Agustusan yang bertaburan banyak banget hadiah dengan total Milyaran rupiah. Ada beberapa misi yang bisa kamu ikuti:

1. Be A ZenCore Legend (6-31 Agustus 2021)

Pertahankan dan raih posisi Top 10 di ZenCore Leaderboard selama Bulan Agustus.

2. Mission 1: MATH GENIUS (9-15 Agustus 2021)

Gas Kemampuan Matematika!Raih kesempatan jadi Lucky Winners dari Top 100

3. ZENIUS LIVE! Mulai Dari Misi Agustusan (17 Agustus 2021)

Mulai Dari Misi Agustusan sambil panjat pinang online buat jadi Top 5 Leaderboard ZenCore.

4. Mission 2: MASTER OF LOGIC (16-22 Agustus 2021)

Push Rank dan amanin posisi di Top 5 Leaderboard Verbal Logic. Ada kesempatan jadi Lucky Winner. 

5. Mission 3: ENGLISH WARRIOR (23-29 Agustus 2021)

Spesial Mission for English subject is here! Amanin posisi di Top 5 dan juga ada kesempatan jadi Lucky Winners buat Top 100

Misi Agustusan ZenCore

Nah, seru dan asyik banget, kan belajar fundamental skills bersama ZenCore di aplikasi Zenius. Selain dapat ilmunya, juga bisa dapat hadiahnya. Yuk, download aplikasi Zenius untuk dapatkan pengetahuan, keseruan, juga hadiahnya. #mulaidarimanaaja, ya, dari ZenCore di aplikasi Zenius aja. (*)




 

 





27 komentar

  1. Yah, memang. Kurikulum dan pelajaran sekolah di Indonesia hanya sedikit sekali yang membekas di otak anak. Malahan cepat terlupakan.
    Saya termasuk yang sedikit mengeluhkannya meski tidak pernah lantang.
    Asyik jga kalau meningkatkan keahlian dasar dengan Zencore ini

    BalasHapus
  2. Saya juga udah lupa sebagian besar pelajaran di sekolah dulu. Semenjak ikutan belajar lewat Zenius, dikit-dikit mulai terasah lagi, hehehe. Malu dah ah sama bocah yang udah jago. Beruntung ya sekarang bisa belajar online jadi lebih mudah. Meski di rumah aja, prestasi mesti tetap dijaga dengan baik.

    BalasHapus
  3. Literasi orang Indonesia memang cukup tertinggal ya. Ini juga keliatan banget di medsos. Kadang-kadang bikin malu juga sih. Semoga aja dengan makin banyaknya aplikasi semacam Zenius ini bisa meningkatkan fundamental skill orang-orang, sehingga literasinya juga lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups betul sekali mas Doel, literasi orang INA itu masih rendah dan perlunya peningkatan budaya membaca yang merata. Skill tanpa membaca memang akan hampa. Makainya membaca buku dan sumber referensi lainnya juga penting agar makin berilmu...aku juga dukung ada aplikasi Zencore ini keren banget.

      Hapus
  4. Seru banget pakai zenius ini saya juga langganan meskipun masih yang gratis. Sangat membantu bagi guru dan orang tua dalam mendidik anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes exactly, saya juga udah install nih. Ternyata seru juga ya, apalagi bisa push rank segala, jadi semangat buat ikutan menjawab kuisnya.

      Hapus
  5. Skill dasar memang penting banget untuk selalu diasah. Kayaknya Zanius ini memang oke dan cocok untuk hal tersebut.

    BalasHapus
  6. Saya pun termasuk dari sekian emak emak yang kepo nih sama aplikasi ini. Bisa membuat makin kreatif deh dengan menjawab berbagai soal soal di dalamnya

    BalasHapus
  7. Udah sejak lama percaya sama kurikulum pengajarannya Zenius. Pas pertama tahu ZenCore ini, nggak terlalu perhatian sih. Eh ternyata setelah baca jadi tertarik banget, kak!

    BalasHapus
  8. Gegara tulisan Rich coba tak download

    BalasHapus
  9. Ini menarik, buat jadi tanbahan pembelajaran untuk siswa. Sayangnya di daerahku ngajar susah sinyal. Aplikasinya online atau offline ya kak?

    BalasHapus
  10. Kok aku jadi penasaran mau nyoba ya, jadinya. Biar bisa sekalian jadi guru buat si Abang yang sudah mulai sekolah, nih.

    BalasHapus
  11. Menarik banget aplikasinya, buat aku yg udah lulus kuliah bisa juga kan ya ini

    BalasHapus
  12. Terkadang kita memang melupakan hal-hal dasar. MIsalkan saat menemani anak belajar, kita suka lupa melatih fundamental skillnya. Kadang bisa berkembang secara otomatis. Tapi kadang memang perlu pelatihan-pelatihan khusus.

    Berarti, kita harus merasa beruntung dengan adanya Zencore dari Zenius ini ya, Kak. Lagipula, nggak pernah ada kata terlambat untuk belajar.

    BalasHapus
  13. Memang keren banget Zencore ini. Saya beberapa kali juga mencoba Zencore dan seru sih belajar sambil bermain nggak kerasa kalo sedang belajar.

    BalasHapus
  14. Kebetulan untuk ajari dua keponakan saya juga menggunakan Zencore aplikasi belajar online ini lebih cepat penerimaan materi nya mungkin ada bermainnya ya..keren de Zencore ini

    BalasHapus
  15. Dulu waktu sekolah cuma bisa les di tempat les. Kalau sekarang mudah banget karena banyak sekali tools untuk tambahan belajar. Kalau gak dimanfaatkan dengan baik akan terjadi terus tertinggal.

    BalasHapus
  16. Seru banget ya, bukan game aja yang bisa push rank tapi belajar juga bisa di aplikasi Zenius. Keren deh inovasinya.

    BalasHapus
  17. Anak-anak sekolah jaman sekarang mesti banget nih memanfaatkan aplikasi Zenius agar belajar lebih kondusif dan tetap seru karena bisa sambil push rank

    BalasHapus
  18. Kak Saya baru tahu nih kalau zencore dapat dipakai oleh orang dewasa, kukira anak-anak saja. Wkwkw baiklah Saya pengen mencoba download juga ah

    BalasHapus
  19. Klo di masa lalu udah ada, mesti kita bisa banget ikutan nikmati aplikasi ini, ya, Mba 😊

    BalasHapus
  20. sekarang belajar pun makin mudah, meskipun PJJ, orangtua juga sudah dihadapkan dengan pilihan metode belajar yang makin banyak
    dan tentunya bingung juga mau pilih yang mana. Ini bisa aku rekomendasikan ke adik aku nih

    BalasHapus
  21. Wahh seru juga ya kak, belajar sambil bermain ditambah ada push rank juga

    BalasHapus
  22. aplikasi Zenius ini bagus banget nih bisa meningkatkan fundamental skill banyak orang, sehingga insyaAllah literasi bisa lebih baik ya kak

    BalasHapus
  23. Alangkah bagusnya fundamental skills ini kita terapkan sejak masih anak-anak ya mba. Saya mungkin udah terlambat, tapi anak-anak saya tidak. Senang sekali Zencore dari Zenius membantu.

    BalasHapus
  24. Zenius makin berkembang ya. Aku tahu dia sejak 10 tahun yang lalu masih keren aja sampai sekarang. Membantu banget ini memang.

    BalasHapus