BLACKMORES PREGNANCY & BREAST-FEEDING GOLD PENDUKUNG NUTRISI TERBAIK UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI

Kamis, Juni 23, 2022

Kehamilan adalah suatu momen yang berharga bagi banyak ibu, termasuk juga saya. Setelah mengambil jarak selama 4,5 tahun setelah kelahiran anak pertama, saya dan suami akhirnya memutuskan untuk melaksanakan program hamil anak kedua.


Blackmores pregnancy and breast feeding

Kami memang sengaja untuk memberi jarak sekian tahun, karena bagi kami sebagai orang tua, masa-masa kehamilan dan menyusui itu tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan terutama di masa 1.000 hari pertama kehidupan sejak anak dalam kandungan. Apa saja yang kami persiapkan demi menyambut hadirnya anak kedua? 

1. Mental

Tak hanya saya yang menyiapkan mental, tetapi juga suami. Kami banyak berdiskusi apakah kami sudah benar-benar siap memiliki anak lagi? Apalagi ketika saya akan program hamil anak kedua masih dalam masa pandemi. Ditambah lagi, saya dan suami sudah hidup terpisah dari orang tua, tidak seperti ketika anak pertama, dimana saya dan suami masih tinggal bersama orang tua saya sehingga kami masih dapat bantuan untuk mengasuh anak. 

Selain mental kami sebagai orang tua, kami juga menyiapkan mental si sulung. Apakah ia sudah siap memiliki adik? Bagaimana mencegah munculnya kecemburuan di dirinya saat adiknya sudah lahir? 

Selain itu, si kakak sudah mulai sekolah, apa saya sanggup mengasuh dua orang anak dengan kebutuhan yang berbeda saat suami pergi bekerja? Apa saja pekerjaan rumah yang bisa ditangani suami saat saya sibuk menyusui? Hal itu saya dan suami diskusikan hampir setiap hari agar bisa mendapatkan solusi terbaik, sehingga jika ada masalah yang muncul di kemudian hari, kami bisa lebih siap menghadapinya. 

2. Kesehatan Fisik dan Rahim

Selain kesehatan mental, saya juga menyiapkan kesehatan fisik dan rahim sebaik mungkin. Sebelum program hamil yang kedua, saya melakukan tes TORCH untuk mempersiapkan kehamilan sebaik mungkin, karena tumbuh kembang si kecil berawal dari Bunda yang sehat  

Saat kehamilan pertama, saya masih minim pengetahuan sehingga tidak melakukan tes TORCH, namun setelah memiliki anak dan banyak membaca buku dan artikel parenting, saya akhirnya tahu bahwa tes TORCH menjadi tindakan preventif yang penting agar kehamilan bisa berjalan sehat dan lancar.

3. Finansial

Tak bisa dipungkiri bahwa finansial juga menjadi bagian penting dalam mendukung proses kehamilan, melahirkan dan menyusui yang lancar, aman dan nyaman. Saya dan suami pun berhitung tentang kesiapan finansial kami, seperti budget untuk pergi ke dokter obgyn, budget untuk vitamin, budget untuk persiapan melahirkan, juga budget ketika si kecil sudah lahir nantinya. 

Belajar dari Pengalaman di Kehamilan Pertama

Sebagai seorang ibu yang pernah hamil dan melahirkan anak pertama, tentunya saya memiliki pengalaman tambahan. Jujur saya akui, di kehamilan pertama saya masih minim pengalaman dan pengetahuan tentang menjadi seorang ibu, sehingga saya gagap saat menghadapi banyak masalah ketika anak pertama lahir. 

Saya melahirkan anak pertama dengan cara SC, karena kurang bisa menahan sakit, saat itu saya meminum obat pereda nyeri dari apotek tanpa tahu apa efek sampingnya. Hingga kemudian karena obat-obatan pereda nyeri yang saya minum tersebut, ASI saya seret dan berakibat pada pertumbuhan si kakak yang terganggu. 

Kurva pertumbuhan si kakak beberapa bulan sempat stagnan dan tidak mengalami kenaikan berat badan. Tubuhnya pun perawakannya cenderung kecil dibandingkan usianya, dan yang paling membuat saya terpukul adalah motorik kasarnya mengalami keterlambatan, bahkan di usia 10 bulan, ia belum bisa duduk sama sekali hingga saya harus membawanya terapi berkali-kali. 

Maka dari itu, di kehamilan kedua, saya benar-benar tak mau mengulangi kesalahan yang sama. Saya benar-benar mempersiapkan kehamilan sebaik mungkin, dan hanya mengkonsumsi vitamin kehamilan dan menyusui yang terpercaya.

Di kehamilan kedua, saya memang sempat mengalami ketakutan perihal menyusui, bagaimana kalau ASI saya seret lagi? Makanya, saya mulai berselancar di internet untuk mencari tahu tentang suplemen kesehatan apa yang bagus untuk ibu hamil dan menyusui. 

Hingga suatu hari, saya melihat teman saya yang juga sedang hamil posting tentang suplemen kesehatan yang ia minum dan sangat ia rekomendasikan. Suplemen kesehatan itu bernama ‘BLACKMORES PREGNANCY & BREAST-FEEDING GOLD’. Karena penasaran dengan suplemen tersebut, saya pun mulai mencari tahu tentang apa saja kandungannya dan manfaatnya, hingga akhirnya saya memantapkan diri untuk membelinya di apotek dan mengkonsumsinya.       

Kenapa Memilih Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold?  

1. Blackmores Terpercaya Sejak 1932

Blackmores merupakan merek suplemen nomor 1 di Australia yang sudah dipercaya lebih dari 85 tahun, tepatnya sejak tahun 1932. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri Blackmores Ltd Australia menjalin joint venture dengan PT. Kalbe Farma Tbk dan membentuk perusahaan dengan nama Kalbe Blackmores Nutrition (KBN).

Melihat sepak terjang Blackmores selama puluhan tahun di bidang kesehatan, juga nama besar Kalbe Farma di Indonesia, membuat saya semakin yakin bahwa saya tidak salah pilih suplemen kesehatan untuk masa kehamilan dan menyusui saya. 

2. Suplemen Paket Komplet

Saat hamil, tentunya kita perlu menjaga kondisi tubuh serta janin di dalam kandungan. Apalagi kebutuhan asupan vitamin yang harus dikonsumsi selama masa kehamilan cukup banyak, tak hanya asam folat, namun ibu hamil juga butuh mengkonsumsi kalsium, zat besi dan beragam kebutuhan vitamin lainnya. 

Bayangkan betapa melelahkannya jika harus mengkonsumsi beberapa butir vitamin dalam sekali minum demi terpenuhinya asupan nutrisi untuk ibu dan janin. Untungnya saya menemukan Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang tak hanya tinggi DHA, tapi juga mengandung asam folat dan 17 nutrisi essensial untuk perkembangan janin. Sehingga mengkonsumsi vitamin selama kehamilan terasa lebih nyaman. 

Blackmores Menemani Masa MengASIhi

Paket komplet lain dari Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini tak hanya bisa menjadi sahabat di kala hamil saja, namun juga menemani dan melengkapi asupan nutrisi saat menyusui. 

Jadi tak perlu repot berganti multivitamin setelah melahirkan, karena ada Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang juga akan membantu menjaga kualitas ASI selama masa menyusui.  Blackmores Always Does More.

Saya mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sejak masa hamil hingga menyusui. Alhamdulillah kualitas ASI saya terjaga dan kurva pertumbuhan si kecil pun selalu dalam garis hijau, tidak ada lagi cerita si kecil kelaparan karena ASI saya sedikit seperti yang terjadi di kehamilan pertama. 

Tidak hanya itu saja, kecerdasan dan kemampuan motoriknya juga sesuai dengan usianya, bahkan di usianya yang ke-9 bulan ini, dia sudah mulai belajar berjalan. 

3. Bersertifikat Halal

Sebagai seseorang yang tumbuh dalam keluarga religius, saya selalu diajarkan bahwa untuk menumbuhkan anak yang soleh dan cerdas, salah satu langkah yang bisa ditempuh adalah dengan memberikan makanan yang halal, termasuk sejak ia berada di dalam kandungan. 

Blackmores Halal
Kapsul Lunak Blackmores Halal

Alhamdulillah, saya bisa tenang dan nyaman saat mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold karena sudah melalui 3 tahap Blackmores Indonesia Halal Assurance System (BIHAS), yaitu Halal MUI, Halal Australia, serta memiliki hasil tes DNA untuk memastikan tidak adanya kontaminasi DNA babi (porcine). Benar-benar memenuhi prinsip kehatia-hatian.

4. Terjaga Kualitasnya

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold menggunakan kemasan botol kaca berwarna kuning pekat dalam pengemasan produknya. Penggunaan kemasan botol kaca ini bukanlah tanpa alasan, hal ini karena kaca adalah penghalang oksigen terbaik, selain itu botol kaca yang berwarna kuning juga dapat menghalangi sinar matahari dari luar agar tidak masuk ke dalam botol sehingga produk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold terjaga kualitasnya. 

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold juga menggunaan sachet silica yang melembabkan sehingga nutrisi dalam botol terjaga. Selain itu, pilihan penggunaan botol kaca ini juga menjadi komitmen Blackmores untuk mendukung penghematan energi serta meminimalkan dampak pada lingkungan karena bisa didaur ulang. 

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dan 1000 Hari Pertama Kehidupan

Masa 1000 hari pertama kehidupan  merupakan saat terpenting dalam hidup seseorang. Pada periode ini disebut juga periode emas atau window of opportunity. Periode 1000 hari pertama kehidupan ini terbagi dalam 270 hari kehamilan dan 730 hari kehidupan pertama bayi setelah dilahirkan. 

Status gizi dan kesehatan ibu di masa kehamilan dan menyusui merupakan periode yang sangat penting, di mana akibat yang timbul pada bayi pada masa tersebut akan bersifat permanen dan tidak bisa dikoreksi. Hal ini tentunya berakibat tidak hanya pada pertumbuhan fisik saja, namun juga perkembangan mental serta kecerdasannya.  

Menurut penelitian para ahli, ada sekitar 50 zat yang mempengaruhi fungsi otak dipengaruhi asupan makanan serta mikronutrien pada 1000 hari pertama kehidupan. 

Nah, akan tetapi sayangnya asupan mikronutrien ini sering terlupakan, hal ini karena 70% total kalori yang dikonsumsi ibu hami dan menyusui di Indonesia ialah karbohidrat. Padahal asupan makronutrien dan mikronutrien haruslah seimbang. 

Blackmores mencukupi nutrisi 1000 hari pertama kehidupan

Mikronutrien sendiri merupakan nutrisi berupa vitamin serta mineral seperti A, D, E, C, rangkaian vitamin B, asam folat, zat besi, yodium, serta masih banyak lagi. Asupan mikronutrien ini harus dipenuhi agar janin bisa berkembang secara optimal dan menghindari risiko efek jangka panjang yang tidak bisa diubah. 

Lalu, bagaimana cara mencukupi nutrisi mikronutrien tersebut? Apakah ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi banyak banget vitamin? Nah, untungnya, sekarang ada suplemen paket komplet ‘Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold’ yang mengandung beragam nutrisi esensial yang dibutuhkan ibu hamil dan menyusui. Apa aja sih kandungan nutrisi dalam setiap kapsul lunak Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold?

Beragam kandungan blackmores
Kandungan Blackmores

- Asam Folat

Asam folat memiliki peranan yang sangat penting bagi ibu hamil. Selain mencegah keguguran, asam folat juga mengurangi risiko gangguan kehamilan seperti prematur dan gangguan pertumbuhan janin. 

Asam folat juga bermanfaat mencegah cacat pada tabung saraf yang dapat menyebabkan bayi lahir tidak normal, mencegah kelainan otak dan saraf tulang belakang anak. 

Sedangkan untuk ibu hamil, manfaat dari asam folat ini adalah bisa mengurangi risiko preeklamsia, mencegah penyakit jantung, stroke, kanker, serta gejala alzheimer. Ibu hamil yang mendapatkan asupan asam folat yang cukup juga bisa bermanfaat dalam pembentukan plasenta yang baik sehingga aliran darah, nutrisi, serta oksigen dari ibu ke janin bisa lancar. 

- Kalsium

Selama kehamilan, para ibu membutuhkan kalsium lebih banyak, hal ini karena kalsium di tubuh ibu juga diserap oleh janin untuk pembentukan tulang serta gigi. Selain itu, kalsium juga menjadi nutrisi penting bagi otot, saraf, hormon janin serta jantung. 

Menurut studi yang diterbitkan Oman Medical Journal tahun 2018, tidak mengonsumsi cukup kalsium ketika hamil bisa menyebabkan kelahiran prematur, tekanan darah tinggi selama hamil, barat badan bayi lahir rendah (BBLR), kesemutan dan mati rasa pada jari, serta janin tidak mendapat cukup kalsium untuk tulang. 

- Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang dibutuhkan ibu hamil karena berperan dalam perkembangan janin. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyatakan bahwa ibu hamil yang kekurangan zinc bisa membahayakan perkembangan bayi serta menyebabkan kelahiran yang buruk. 

Asupan zinc pada ibu hamil lebih tinggi apabila dibandingkan dengan perempuan yang tidak sedang mengandung, hal ini karena bayi yang sedang berkembang dalam janin menggunakan zinc untuk mengubah protein menjadi pertumbuhan otot serta jaringan. 

- Vitamin D3 200 IU (New Formula)

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold kini memiliki new formula dengan kandungan vitamin D3 200 IU. Vitamin D3 sendiri menjadi salah satu nutrisi esensial bagi ibu hamil karena bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi janin, mendukung fungsi organ tubuh, mencegah preeklamsia, mencegah diabetes, mencegah kelahiran prematur, serta mencegah berat badan bayi lahir rendah (BBLR).  

Blackmores Vitamin D3 200 IU

Dalam penelitian di jurnal Women’s Helath diketahui bahwa ada hubungan antara berat badan bayi saat lahir dengan asupan vitamin D selama kehamilan. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa setiap ibu hamil mengonsumsi 40 IU vitamin D maka janin akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 11 gram. 

- Minyak Ikan

Minyak ikan merupakan sumber DHA. DHA sendiri memiliki manfaat dalam perkembangan mata janin. otak janin serta merangsang kecerdasan hingga setelah lahir nantinya. DHA juga mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan seperti mencegah kelahiran prematur, menurunkan risiko berat badan bayi lahir rendah, juga mendukung perkembangan jangka panjang anak. 

- Beragam Vitamin dan Mineral Lainnya

Selain mengandung asam folat, kalsium, zinc, serta vitamin D3 200 IU, Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold new formula juga mengandung betacarotene, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, magnesium, yodium, dan niasin. 

Aturan minum Blackmores

Itulah beragam kandungan vitamin dan mineral dalam Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui. Untuk mencukupi semua kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh, ibu hamil dan menyusui perlu mengonsumsi 2 kapsul lunak Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold setiap hari setelah makan atau sesuai petunjuk dokter. Kapsul lunak Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold ini tidaklah berbau sehingga nyaman ketika dikonsumsi.

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Setiap ibu maupun calon ibu tentunya memiliki harapan anak-anaknya akan tumbuh menjadi anak yang sehat, cerdas dan ceria sehingga segala persiapan gizinya perlu diperhatikan terlebih pada 1000 hari pertama kehidupan. 

Akan tetapi, masih banyak ibu maupun calon ibu yang belum mampu memenuhi kebutuhan nutrisinya selama hamil, hal ini bisa karena minimnya informasi yang dimiliki ibu tentang kebutuhan nutrisi untuk tubuhnya, atau juga masalah ekonomi yang membuat para ibu tidak mampu memenuhi kebutuhan nutrisi untuk tubuh dan janin dalam kandungannya. 

Di Indonesia sendiri, masih banyak ibu yang kebutuhan nutrisinya selama kehamilan tidak tercapai, 4 dari 5 wanita di Indonesia kekurangan asam folat saat masa kehamilan, tidak hanya itu saja, karena ternyata 21%wanita hamil tidak mengkonsumsi ikan selama kehamilan dan 75% wanita hamil hanya mengonsumsi ikan kurang dari 115 gram selama seminggu. Padahal ikan merupakan sumber DHA yang penting bagi perkembangan janin. 

Melihat pentingnya asupan nutrisi pada masa kehamilan, Blackmores bersama FoodCycle Indonesia dan Yayasan Gita Pertiwi melakukan kolaborasi dengan menghadirkan Program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda.

Hadirnya program ini bertujuan untuk mendukung ibu hamil dan menyusui dalam pemenuhan kebutuhan nutrisi ibu dan si kecil, khususnya di Kota Solo. Kerjasama yang dilakukan adalah dengan pemberian suplemen Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 12.000 botol kepada 2.000 ibu hamil dan menyusui yang kurang mampu di Kota Solo.  

Blackmores Peduli Nutrisi Bunda
Blackmores Peduli Nutrisi Bunda

Pemilihan Kota Solo dalam program ini salah satunya dikarenakan berdasarkan rilisan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Tengah Tahun 2020, masih terdapat 17,59% kasus bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) di Kota Solo, yang mana prosentase tersebut tergolong tinggi. 

Kasus BBLR sendiri kerap kali disebabkan minimnya asupan mikronutrien ibu hamil, salah satunya DHA. Menurut Selvi Ananda Gibran, Ketua TP PKK Kota Surakarta, selain kasus BBLR, kasus stunting di Kota Surakarta juga masih tergolong tinggi. Oleh sebab itu, program Blackmores Peduli Nutrisi Bunda yang berjalan sejak April lalu hingga September mendatang ini ini diharapkan bisa mengantisipasi terjadinya BBLR dan stunting lewat pemberian suplemen. 

Yuk, penuhi nutrisi selama masa kehamilan dan menyusui dengan mengonsumi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold, sehingga kebutuhan nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan si kecil bisa terpenuhi sebagai awal untuk mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas. 

Jangan lupa juga follow akun instagram @blackmoresid untuk mengetahui informasi penting tentang kesehatan dan suplemen Blackmores. (*)

 


7 komentar

  1. Baca ini mengingatkan saya masa hamil dulu
    Konsumsi Blackmores Pregnancy juga. Bayi tumbuh sehat, meskipun saya hamil dengan placenta previa
    Semoga sehat selalu dan lancar kehamilannya ya

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah hamil, jadi belajar banyak nih setelah baca artikel ini. Memang banyak pertimbangan yaa agar persiapan matang dan lancar sampai anak tumbuh besar. Dari pengalaman sebelumnya jadi menemukan solusi ya mbak, terima kasih yaa sudah berbagi pengalaman. Semoga lahiran keduanya lancar ❤

    BalasHapus
  3. Wah menarik banget sih produk ini, cocok untuk kakak saya yang sedang hamil buat direkomendasiin. Dengan produk dari Blackmores ini, nantinya bisa membantu memenuhi nutrisi selama masa kehamilan dan menyusui. Semoga selalu diberikan kesehatan dan lancar kehamilannya ya, kak.

    BalasHapus
  4. Ibu hamil dan melahirkan memang banyak tantangannya ya. Khususnya tentang tumbuh dan kembang anak. Kalau jaman dulu, emakku katanya minum jamu-jamuan gitu. Makan daun katu untuk memperlancar asinya. Sekarang udah simple gitu. Ada suplemen nya dari Blackmores. Lebih nyaman.

    BalasHapus
  5. Saat hamil anak pertama memang biasanya persiapan kurang haha, sama kayak saya dulu mba, ASI malah gak keluar sama sekali. Entah stress entah alasan lain gak ngerti. Coba dulu sudah kenal Blackmores ya, pasti beli aku.

    BalasHapus
  6. memutuskan untuk hamil (lagi) itu memang butuh persiapan yang matang bukan hanya bagi sang Ibu tapi juga Suami sebagai support system utama.
    Alhamdulillah ya sekarang Blackmores udah ada sertifikat Halalnya, saya juga konsumsi ini waktu menyusui anak ketiga, sempat galau juga waktu itu karena belum ada Halalnya padahal teman-teman rekomendasikan ini dan akhirnya waktu itu tanya langsung ke orang Blackmores dan diyakinkan bahwa mereka memang sedang mengurus sertifikasi Halal ini.
    Blackmores ini bagus banget emang jadi suplemen Ibu menyusui juga bumil :)

    BalasHapus
  7. Kalau nutrisi anak dijaga mulai dari janin sampai lahir, hasilnya pasti terbaik, ya. Semoga makin banyak ibu yang paham ini sehingga kasus stunting menurun drastis. Aamiin

    BalasHapus