Kraft Crolette, Hadiah Istimewa untuk Princess Rayyana

Rabu, April 20, 2022

Namanya Rayyana, putri kecil kami yang tahun ini menginjak usia 5 tahun. Saya masih ingat dengan jelas, pertama kali saya tahu kalau ia hadir di rahim saya adalah di bulan Ramadhan tahun 2016. Maka dari itu saya dan suami menamainya Rayyana yang berarti pintu surga bagi orang-orang yang berpuasa Ramadhan, dengan harapan ia bisa menjadi pribadi yang salihah dan ahli puasa. 

Kami tak pernah memaksa Ayya (begitu kami memanggilnya) untuk melaksanakan sholat, puasa, dan ibadah-ibadah lainnya, selain karena Ayya belum baligh, juga karena kami ingin kesadaran untuk beribadah itu tumbuh di dalam diri Ayya tanpa harus dipaksa. Yang kami lakukan sebagai orang tua hanya memberi contoh, memberi nasihat, memberikan pengetahuan tentang pentingnya pelaksanaan ibadah-ibadah tersebut, juga memanjatkan doa semoga anak-anak tumbuh menjadi pribadi yang salihah. 

Berdasarkan hal tersebut, saya dan suami akhirnya tidak memiliki ekspektasi Ayya akan menjalani Ramadhan dengan hal-hal yang berbau religi, selain usianya yang baru 5 tahun, kebiasaan sehari-hari yang berkaitan dengan ibadah hanya sholat dhuha ketika di sekolah, serta mengaji selepas maghrib. 


Rayyana dan Bulan Ramadhan

Hingga kemudian bulan Ramadhan pun tiba, Ayya menyambutnya dengan penuh semangat. Berbeda dengan sebelumnya, di Ramadhan ini Ayya berubah menjadi anak yang rajin beribadah. Jika sebelumnya Ayya hanya sholat di waktu maghrib dan dhuha saja, maka di Ramadhan ini Ayya sholat 5 waktu (4 waktu di antaranya selalu di musholla). Bahkan, di waktu subuh pun, ia bersemangat berangkat ke musholla. 

Sejak hari pertama puasa, Ayya belum pernah bolong sholat tarawih 23 rakaat di musholla, ia pun selalu memilih untuk berada di shaf terdepan. Awalnya saya khawatir dia akan kelelahan, tapi alhamdulillah dia melaksanakannya dengan semangat dan penuh kegembiraan.

Karena masih kecil, saya meminta Ayya untuk puasa ‘bersambung’, dimana ia boleh berbuka di waktu adzan dhuhur, lalu lanjut puasa lagi, baru kemudian berbuka lagi di waktu adzan maghrib. Alhamdulillah ia melaksanakannya dengan tertib, tak pernah mencari celah untuk makan sebelum waktu dhuhur dan maghrib. 

Ayya yang sebelumnya hanya mengaji 1x sehari, saat Ramadhan ini ia begitu bersemangat hingga selalu minta mengaji 5x sehari setiap habis shalat.

Memandang perubahan Ayya yang begitu drastis di bulan Ramadhan tahun ini, saya jadi begitu terharu dan sangat bersyukur, ada harapan dan doa dari kami sebagai orang tua semoga Ayya akan menjadi anak yang salihah dan istiqomah menjalani ibadah di bulan-bulan berikutnya.  

Saya pun akhirnya terpikir untuk memberikan hadiah untuk Ayya berupa makanan yang saya buat sendiri. Saat scroll instagram untuk mencari ide masakan, saya menemukan resep unik bernama ‘Kraft Crolette’ atau Kraft Crown Omelette. 

Saya girang banget menemukan resep itu, selain Ayya sangat suka keju, saat ini dia juga sedang jatuh cinta dengan cerita-cerita princess, cocok dengan resep omelette-nya yang juga memiliki mahkota keju layaknya princess.  

Resep Kraft Crolette

Buat bikin Kraft Crolette ini mudah banget, dan bahannya pun sederhana banget. 


Bahan:

- 2 butir telur

- Keju Craft Cheddar

Cara Pembuatan

- Kocok lepas telur dan buat omelette menggunakan teflon. Apabila sudah matang, lipat dengan bentuk memanjang kemudian sisihkan. 

- Parut keju Kraft Cheddar secara merata di atas teflon yang sudah dibersihkan dari minyak. Tunggu hingga keju garing dan berwarna kecoklatan. 

- Angkat parutan Kraft Cheddar dari atas teflon, bentuk sedemikian rupa hingga menyerupai crown dan letakkan di atas omelette.

- Kraft Crolette siap disajikan

Selengkapnya bisa cek video recook di instagram saya berikut ini:


Nah, mudah banget, kan? Kraft Crolette ini cocok banget untuk disajikan saat sahur ataupun berbuka, mau tahu kenapa?

- Simpel

- Mudah dibuat

- Bahan sederhana

- Unik dan menggugah selera

- Kaya akan gizi, karena dalam satu porsi Kraft Crolette ini memenuhi 50% kebutuhan protein harian dan 40% kebutuhan kalsium. 

Tips Membuat Kraft Crolette

Membuat Kraft Crolette sebenarnya simpel, namun juga cukup tricky. Nah, berikut ini ada beberapa tips dari saya bagaimana agar crown pada crolette bisa terbentuk sempurna.


a. Menggunakan Keju Kraft Cheddar 

Pastikan menggunakan Keju Kraft Cheddar untuk membuat crolette, karena bahan baku keju cheddar ada pada urutan pertama jadi #KejuAsliCheck.

Sebenarnya bisa menggunakan Kraft Cheddar 160 gr atau yang mini, bebas. Saya sih coba dua-duanya dan alhamdulillah berhasil semua. Tapi, kalau menggunakan Kraft Cheddar Mini, takarannya lebih pas untuk satu pan teflon. 

Selain itu, kandungan Kraft Cheddar yang tinggi akan protein serta kalsium, membuat menu ini bisa memenuhi 50% kebutuhan protein harian serta 40% kebutuhan kalsium. 

b. Teflon Kering

Pastikan teflon dalam keadaan kering, tidak ada sisa air ataupun minyak, sehingga parutan keju bisa terpanggang merata di atas teflon. 

c. Api Kecil

Gunakan api kecil agar bisa menghasilkan panas yang lebih merata pada keju serta tidak membuat keju gosong.

Manfaat Keju untuk Anak

Ayya sangat suka keju, bahkan seringkali stok keju Kraft Cheddar di rumah habis karena dicemilin sama Ayya. Maka dari itu, saya sangat excited saat lihat resep Kraft Crolette ini dan pengen buru-buru nyoba. 


Berbicara tentang keju dan kebutuhan nutrisi anak, keju memiliki peranan penting untuk tumbuh kembang anak. Ada beberapa manfaat keju terutama bagi anak yang masih dalam tahapan tumbuh kembang.

a. Membantu Pertumbuhan Tulang

Keju adalah produk yang berasal dari olahan susu, mengandung banyak kalsium sehingga bisa menguatkan dan membantu pertumbuhan tulang. 

b. Membantu Pertumbuhan Gigi

Tak hanya menguatkan tulang, keju juga bisa membantu pertumbuhan gigi dan menjaga kesehatan gigi serta menurunkan risiko gigi berlubang pada anak. Bahkan ada penelitian yang menyebut bahwa anak-anak yang mengonsumsi keju mempunyai risiko lebih kecil mengalami gigi berlubang daripada anak-anak yang tidak suka mengonsumsi keju. 

c. Menyehatkan Pencernaan

Keju adalah jenis olahan makanan yang dibuat dengan cara fermentasi sehingga di dalam keju mengandung bakteri probiotik yang sangat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan. 

Menjaga Asupan Nutrisi Si Kecil 

Meskipun keju adalah makanan yang kaya gizi dan manfaat, namun cara konsumsinya juga tidak boleh berlebihan, sebagai mana yang diungkap oleh Dr. Rita Ramayulis DCN M.Kes bahwa ada beberapa aturan yang perlu dipatuhi dalam menjaga nutrisi buah hati. Apa sajakah itu?

a. Sesuai Waktu

Anak mempunyai lambung berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan orang dewasa sehingga anak-anak tidak bisa menerima makanan dengan jumlah besar. 

Oleh karena itu, cara pemenuhan protein serta zat gizi mikronutrien harus ada di semua waktu makan, baik itu pagi, siang, maupun malam. Caranya, kita sebagai ibu bisa membuat makanan-makanan yang unik dan lezat seperti contohnya Kraft Crolette. 

b. Sesuai Jumlah

Makanan untuk si kecil usahakan harus padat gizi sehingga meskipun makanan berukuran kecil, namun tetap bisa memenuhi gizi anak. Salah satunya bisa dengan cara konsumsi Keju Kraft Cheddar dan kreasikan dan kombinasikan menjadi makanan-makanan kesukaan anak.    

c. Sesuai Jenis

Pilih makanan yang padat gizi, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan keju Kraft Cheddar.

Kenapa Harus Konsumsi Keju Kraft Cheddar?

Keju adalah makanan yang kaya akan nutrisi, namun kita juga tidak boleh sembarangan memilih keju. Selalu pilih Keju Kraft Cheddar untuk melengkapi nutrisi keluarga. Lalu, kenapa sih harus pilih dan konsumsi Keju Kraft Cheddar?

a. Terbuat dari Keju Asli

Keju Kraft Cheddar memiliki komposisi bahan baku yang tepat serta berkualitas, dimana pada urutan pertama dalam label komposisinya, tertulis ‘Keju Cheddar’ (bukan air atau tepung). 

b. Nutrisi Calcimilk

Keju Kraft Cheddar juga dilengkapi dengan nutrisi calcimilk yang kaya kalsium, serta menjadi sumber vitamin D dan protein. 

c. Memiliki Klaim Nutrisi pada Kemasan

Sebagaimana anjuran BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) bahwa kita harus melihat label pangan pada kemasan sebelum membeli. Maka, selain melihat komposisi, kita juga harus melihat klaim nutrisi yang ada pada kemasan, seperti yang ada pada kemasan Kraft Cheddar. 


Nah, itu dia alasan kenapa saya membuat Kraft Crolette dengan bahan Kraft Cheddar. Alhamdulillah, Princess Rayyana suka banget dengan Kraft Crolette-nya, dia pun semakin semangat menjalani puasa dan ibadah lainnya selama bulan Ramadhan. Yuk, bunda ikutan juga membuat Kraft Crolette untuk keluarga di rumah, jangan lupa gunakan Keju Kraft Cheddar, yaaa. (*)



8 komentar

  1. Menggunakan keju kraft crolette untuk kuliner akan melengkapi sajian gizi maksimal

    BalasHapus
  2. Ini adalah kreasi lain dari telor dadar. Dan aku doyan telor dadar euy. Kudu dicoba sih resep ini. Telor dan keju menjadi satu. Keduanya adalah makanan favorit banget. Hehehe

    BalasHapus
  3. Semoga Ayya terus tumbuh menjadi gadis sholihah kebanggaan orang tua. Makin inter dan rajin ibadah, layak dapat hadiah dong ya. Hadiah makanan bergizi perpaduan keju kraft dan telur.

    BalasHapus
  4. Wah, ini kreasi keju yang sedang kekinian. Saya lihat beberapa kali videonya. Jadi pengen bikin juga. Kebetulan ada bahannya. Ramadan ini nyetok keju buat nyenengin anak

    BalasHapus
  5. Waaahh kalau hadiahnya ini, pasti kegiatan apapun akan lebih semangat yaaa untuk princess rayyana. Sehat terus yaa princess rayyana 🌼🌼🌼

    BalasHapus
  6. Seru banget sih masak2 pakai keju craft. Keju craft ini emang favoritny anak-anak

    BalasHapus
  7. Masya Allah, nama putrinya bagus banget mba, Rayyana. Hebat banget Ayya, kalah nih kakak Mae kalo urusan shalatnya ke musala. Pertahankan nak.

    Pasti Ayya banyak dapat reward nih aneka camilan berbahan Kraft Cheddar dari ibunda. Asyik ya nak ya.

    BalasHapus
  8. Saya sudah coba sendiri resep ini di rumah. Bikin nagih deh, dan pengen makan setiap hari. Enak dan bergizi. Bahan nya juga relatif terjangkau

    BalasHapus