Mengajak Anak Mengenal Dunia Kuliner Lewat Culinary Schools Game

Minggu, April 14, 2024

Salah satu permainan favorit bagi anak-anak adalah bermain masak-masakan, termasuk 2 anak perempuan saya yang hobi bermain masak-masakan. Hampir separuh dari mainan anak yang ada di rumah berkaitan dengan dunia kuliner. Seperti mainan sayuran, buah-buahan, fastfood, peralatan memasak, dan lain sebagainya.  

Demi menunjang hobi anak bermain masak-masakan, saya tak hanya menyediakan mainan saja, tapi saya juga menyediakan celemek dan topi chef yang bisa digunakan untuk bermain peran. 

Selain dengan menyediakan beragam mainan, saya juga mengenalkan dunia kuliner secara lebih luas dan komprehensif pada anak lewat Culinary Schools Game. 

Apa itu Culinary Schools Game?

Culinary Schools Game adalah website game online yang berisikan banyak sekali permainan tentang dunia kuliner, dari game tentang makanan, pertanian, memasak, hingga penjualan makanan semuanya ada dan lengkap. Game-game di dalamnya bisa dimainkan oleh anak-anak usia sekolah hingga orang dewasa. 

Culinary Schools Game ini memiliki beberapa kategori game, apa saja?

a. Food Education Game

Game kategori ini akan menyajikan game-game yang berkaitan dengan makanan sehat dan makanan tak sehat. 

b. Serving Eaters

Game kategori ini akan mengajak anak untuk mengenal beragam profesi penjualan makanan dengan segala kesibukannya lewat simulasi game yang menyenangkan. 

c. Other Fun Food

Selain dua kategori di atas, ada juga kategori lain di game ini, namun tetap dalam ranah dunia kuliner. Salah satunya ada Bubble Fruit di mana pengguna harus menembakkan buah-buahan ke arah buah yang sama agar bisa memenangkan permaianan

d. Brain Games

Bagi yang suka dengan game untuk mengasah otak, maka bisa memilih kategori brain games di mana banyak jenis permainan dunia kuliner yang dikemas dalam bentuk puzzle game, memory and matching game, word game, dan lain sebagainya. 

Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi game di Culinary Schools Game yang bisa dimainkan bersama anak di rumah. 

Farm Town

Farm Town adalah salah satu game yang ada di kategori Food Education Game. Pada Game ini, kita harus memainkan peran sebagai petani gandum, di mana kita harus menyebar benih, memanennya, membawanya ke atas truk kemudian dijual. Ada 25 level yang bisa diselesaikan, setiap level diukur dengan jumlah uang yang harus didapatkan setelah penjualan gandum. 



Dengan game ini, anak-anak akan belajar darimana suatu makanan berasal, sehingga diharapkan anak-anak juga bisa lebih menghargai makanan. 

Burger Shop

Burger Shop ada dalam kategori Servant Game. Di game ini kita menjalani simulasi sebagai penjual burger yang harus melayani pembeli dengan beragam pesanan yang berbeda-beda. 


Game ini mengasah kecepatan dan ketepatan pemain, karena selain melayani pembeli, pemain game juga harus membeli ulang bahan-bahan burger yang habis. Apabila pesanan yang diberikan tidak tepat, pemain tidak akan mendapatkan uang.  Dengan game ini, anak-anak bisa mengenal dan lebih menghargai beragam profesi di bidang kuliner.

Bubble Fruit

Permainan lainnya adalah bubble fruit, game ini ada dalam kategori other game. Meskipun memiliki kategori other game, namun game ini tetap berkaitan dengan dunia kuliner dengan tampilan beragam buah-buahan. 

Pemain game harus menembakkan buah yang sama ke arah buah-buahan yang ada di bagian atas, untuk bisa mendapatkan nilai, harus ada 3 buah-buahan yang sama. Game ini menuntuk mengasah ketepatan dan  kecepatan pemain. Pemain harus bisa menembak semua buah sebelum ada buah yang turun hingga ke bagian bawah. 

Fruit Slide Puzzle

Fruit slide puzzle ini adalah salah satu game yang ada di kategori brain games. Game ini terbilang menantang karena kita harus membentuk gambar dari potongan-potongan puzzle. Cara memainkan game ini dengan menggeser potongan-potongan puzzle hingga akhirnya menjadi gambar utuh.  


Manfaat Bermain Culinary Schools Game

Ada banyak manfaat bermain game-game yang ada di Culinary Schools Game. Apa sajakah itu?

a. Mengenalkan Asal Bahan Makanan

Dengan bermain Culinary Schools Game, kita bisa mengenalkan pada anak mengenai nama bahan-bahan makanan dan dari mana mereka berasal. 

b. Memperkaya Kosakata

Bermain di Culinary Schools Game juga membuat anak akan mengenal beragam kosakata baru, khususnya yang ada di dunia kuliner. Seperti nama-nama sayuran, buah-buahan, juga peralatan masak yang mungkin sebelumnya belum diketahuinya.      

c. Melatih Keterampilan Berhitung

Banyak game yang ada di Culinary Schools Game berkaitan dengan menghitung bahan dan menghitung hasil jual beli, dengan begitu anak juga akan belajar keterampilan berhitung ketika memainkan game. 

d. Mengenal Profesi di Dunia Kuliner

Ada banyak game di Culinary Schools Game yang berupa simulasi profesi di dunia kuliner, sehingga ini juga bisa menjadi cara untuk mengenalkan anak pada beragam profesi juga mengajarkan anak untuk bisa lebih menghargai berbagai profesi yang ada di dunia kuliner. 

e. Mengajarkan Anak untuk Tidak Menyia-nyiakan Makanan

Dengan bermain game yang ada di Culinary Schools Game, anak juga diajak untuk mengetahui bahwa beragam masakan berasal dari berbagai macam tempat dan melalui banyak proses hingga akhirnya berada di atas piring. Sehingga dengan mengetahui alur tersebut, anak juga lebih menghargai makanan dan tidak menyia-nyiakan makanan. 

f. Mempererat Bonding Anak dan Orang Tua

Bermain game ini juga bisa menjadi jalan untuk mempererat bonding antara anak dan orang tua, sehingga hubungan anak dan orang tua menjadi semakin erat. 

Nah, itu dia beragam game yang ada di Culinary Schools Game yang bisa dimainkan secara online dan gratis bersama keluarga di rumah. Yuk buruan coba beragam game asyik di Culinary Schools Game. (*) 


Posting Komentar