Taman Tematik, Pilihan Baru Tempat Wisata di Bandung

Jumat, Oktober 09, 2015



Kota Bandung kini semakin cantik, jika dulu tempat wisata di Bandung hanya berkisar factory outlet di Cihampelas dan Tangkuban Perahu saja. Maka kini masyarakat memiliki semakin banyak pilihan untuk berwisata. Beberapa diantaranya adalah dibangunnya berbagai taman tematik yang tersebar di seluruh Kota Bandung. 

Perubahan wajah Bandung ini tentunya tak lepas dari tangan dingin Ridwan Kamil, Walikota Bandung yang lahir pada 04 Oktober 1971. Gerak cepat dan sigap dilakukan oleh Kang Emil, sapaan akrab walikota berkacamata ini untuk menata ulang Bandung. 

Tak perlu waktu lama, hanya 6 bulan sejak Kang Emil terpilih sebagai walikota, warga Bandung mulai merasakan perubahan yang signifikan terhadap kotanya, tentunya perubahan ke arah yang lebih baik. Ridwan Kamil banyak menyumbang ide-ide kreatif dan inovatif untuk kotanya, hingga Bandung mendapat julukan sebagai kota dengan Smart Innovation

Semua inovasi yang dilakukan oleh Ridwan Kamil ini semuanya berdasarkan riset, seperti wisata Taman Tematik yang juga dibangun berdasarkan kajian dan riset serta mempunyai teori yang bisa dipertanggungjawabkan.

Menurut Ridwan Kamil, konsep utama pembangunan taman-taman tematik ini adalah berdasarkan Index Kebahagiaan Manusia. Taman-taman unik yang ada di Bandung merupakan proyek untuk menciptakan kebahagiaan bagi warga Bandung dan wisatawan yang datang. Kebahagiaan masyarakat dapat diukur dari tiga indicator, yaitu apakah seseorang tersenyum setiap hari, apakah seseorang mendapatkan sapaan dari teman atau saudaranya setiap hari, serta apakah seseorang itu menemukan hal-hal baru setiap harinya, dan pembangunan taman di Bandung ini adalah bentuk upaya dari walikota agar warga bisa memenuhi tiga indikator tersebut.

Berbekal latar belakang pendidikannya sebagai arsitek, Ridwan kamil berhasil mendesain taman yang tidak hanya indah, namun juga bernilai seni, sehingga taman tidak lagi sekadar menjadi taman, namun juga menjadi tempat wisata.

Ada banyak taman yang dibuat oleh Ridwan Kamil, beberapa diantaranya adalah :

a. Taman Pustaka Bunga

Taman ini jaraknya sekitar 1 km dari Gedung Sate. Ada lebih dari 100.000 jenis bunga yang tumbuh di taman ini.

b. Taman Pasupati / Taman Jomblo

Taman ini berada di persimpangan Tamansari-Balubur. Ada fasilitas wifi di taman ini yang memudahkan pengunjung untuk beraktifitas di dunia maya. Taman ini disebut jug ataman jomblo karena hanya menyediakan seat bangku single. Di taman ini juga ada sarana lintasan miring yang bisa digunakan untuk bermain skateboard.

c. Taman Fotografi

Taman ini memiliki lambang tugu huruf “C”, lokasinya ada di Jalan Anggrek. Taman ini biasa digunakan para komunitas fotografi untuk berkumpul. Berbagai fasilitas tersedia di sini, seperti cermin, spot-spot foto, dan yang tidak ketinggalan tentunya Wifi gratis.

d. Taman Film

Taman ini berlokasi di Tamansari, tepatnya di bawah jalan laying Pasupati. Taman ini mempunyai luas 1300 meter persegi serta memiliki kapasitas 500 orang penonton. Sebagai taman film, di sini juga dilengkapi dengan layar videotron sebesar 4x8 meter dengan sound system yang mumpuni, sehingga tak heran jika di taman ini sering digunakan untuk nonton bareng, seperti nonton film atau nonton pertandingan bola.

Sebenarnya masih banyak taman-taman unik yang kini menjadi tempat wisata di Bandung yang dapat anda kunjungi jika berkunjung ke kota Bandung. Ingin mengunjungi kota yang ramah, unik, dan penuh inovasi. Segara datang ke kota Bandung, karena anda akan menemukan banyak keunikan di setiap sudut kotanya. (*)







You Might Also Like

0 komentar

Subscribe