Cara, Persyaratan, dan Biaya Penggantian atau Perpanjangan Paspor

Senin, Januari 20, 2020

Mau travelling ke luar negeri tapi ternyata masa aktif paspor udah mau habis? Nah, saatnya untuk pergi ke kantor Imigrasi untuk penggantian paspor. Loh, kok diganti? Kan gak rusak? Jadi, sekarang istilah ‘perpanjangan’ paspor udah enggak digunakan lagi. Tapi sekarang menggunakan  istilah ‘penggantian’. Meskipun begitu, saat di kantor imigrasi, saya sih tetep bilang mau perpanjang paspor ke petugasnya. 

Nah, bagaimana sih cara penggantian atau perpanjangan paspor, apa saja persyaratannya, dan berapa biayanya? Sebenarnya untuk membuat paspor bisa dilakukan dimana saja, tidak harus di area domisili. Tapi saya tentu aja pilih tempat yang paling dekat dari rumah. Berikut ini pengalaman saya melakukan penggantian atau perpanjangan paspor di Semarang. 

Paspor Lama dan Paspor Baru
Akhir bulan Juni Tahun 2019 lalu, masa aktif paspor saya tinggal satu minggu. Akhirnya saya melakukan penggantian atau perpanjangan paspor di Unit Layanan Paspor (ULP) Manunggal Jati.
ULP Manunggal Jati ini baru diresmikan bulan Desember 2018, saya sih seneng banget ada ULP di Manunggal Jati ini, selain lebih dekat dari rumah, juga lebih sepi dibandingkan saya harus antre paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Semarang yang ada di dekat pintu masuk/keluar Tol Krapyak. Saat pembuatan Paspor tahun 2014 saya butuh waktu dari pagi sampai sore dari pendaftaran sampai foto paspor, dan itu melelahkan.

Oke, mari lanjut, buat lebih jelasnya bagaimana cara penggantian atau perpanjangan paspor di Semarang. Berikut Tahapannya. 

1.    Download Aplikasi Layanan Paspor Online 
Ngapain download aplikasi Layanan Paspor Online? Jadi, sekarang sistem ambil antreannya secara online. Setiap hari ada ketentuan kuota di setiap kantor imigrasi, jadi antrean akan lebih rapi dan enggak membludak. 

Setelah download aplikasi Layanan Paspor Online, selanjutnya adalah melakukan pendaftaran di aplikasi, setelah berhasil masuk, tinggal pilih kota tempat kantor Imigrasi berada dan kantor Imigrasi yang akan dipilih. Seperti yang ada di area Semarang, ada 2 (dua) pilihan, di Kantor Imigrasi Kelas I, dan di ULP Manunggal Jati. 

Jadwal Antrean Paspor Online
Kemudian, pilih tanggal yang kuatonya masih tersedia. Selanjutnya kita akan mendapatkan jadwal hari dan jam kapan harus datang. Dalam aplikasi, kita juga akan mendapatkan barcode antrean yang bisa ditunjukkan pada petugas ketika kita baru datang. Save barcode tersebut dalam bentuk PDF, agar enggak bolak-balik membuka aplikasi.
      
      2.  Siapkan Persyaratan

Untuk persyaratan penggantian/perpanjangan paspor lebih gampang dan enggak ribet. Cukup bawa paspor lama, E-KTP asli serta FC E-KTP. Untuk jaga-jaga, saya bawa juga KK Asli dan FC KK semisal dibutuhkan. Apabila belum punya E-KTP, siapkan Surat Keterangan (KTP Sementara) dan fotokopinya. 

Penggantian Paspor Lebih Mudah
3.  Datang Pada Hari dan Waktu yang Ditentukan
Datang ke Kantor Imigrasi atau Unit Layanan Paspor sesuai dengan hari serta waktu yang sudah ditentukan dalam aplikasi. Lebih baik datang lebih cepat setengah jam dari waktu yang ditentukan. Soalnya, sesampainya di lokasi, ternyata kita harus ambil antrean lagi. Jadi bisa dibilang, pendaftaran di aplikasi online adalah untuk mendapatkan kuota. Katakan pada petugas antrean mau melakukan penggantian atau perpanjangan paspor.  
4

      4. Mengisi Aplikasi Data

Selanjutnya datang ke loket dan  nantinya kita akan diberikan formulir untuk pengisian data paspor. Kemudian kembali duduk dan isi formulir sambil menunggu nama kita dipanggil. Setelah nama kita dipanggil, petugas akan mengecek kelengkapan data dan persyaratan. 

Mengisi Formulir

      5.  Pengambilan Foto dan Sidik Jari
Saya kemudian masuk ke bagian foto dan sidik jari. Petugas bertanya keperluan saya mengganti atau memperpanjang paspor. Saya sih bilang aja mau ke Malaysia, meskipun saya belum tahu juga mau kemana, hahaha. Tapi, ini jadi kunci waktu wawancara paspor sih, bilang aja mau ke mana gitu, siapkan jawaban paling oke, hehe. 

Selanjutnya kita akan difoto dan direkam sidik jarinya. Kemudian petugas akan memberikan blangko pembayaran berisi jumlah yang harus saya bayarkan ke bank. Petugas bilang paspor akan jadi 5 – 7 hari kerja.

      6.   Pembayaran Paspor
Selanjutnya saya harus membayar biaya penggantian atau perpanjangan paspor, besarnya Rp 350.000,-. Pembayaran ini bisa dilakukan ke Bank BNI, tapi saya pilih bayar di mobil pos yang ada di halaman kantor ULP, jadi gak perlu repot ke bank.  
 
Loket Pelayanan ULP Manunggal Jati

Secara keseluruhan, saya cuma butuh waktu sekitar 1,5 jam saja dari ambil antrean hingga pembayaran, jauh lebih singkat daripada saat pembuatan paspor di tahun 2014 yang butuh waktu lebih dari 5 jam.

Setelah 7 hari kerja, saya mengambil paspor saya yang sudah jadi. Cuma butuh waktu gak lebih dari 30 menit untuk mengantre. Untuk paspor lama saya dikembalikan oleh petugas, saya seneng banget sih ini, kan sayang banget kalo enggak dibalikin rena ada kenangan cap stempel dari imigrasi, hahaha. 

Nah, itulah cara, persyaratan, dan biaya penggantian paspor di kantor Unit Layanan Paspor, Manunggal Jati Semarang. Semoga bermanfaat! (*)

You Might Also Like

42 komentar

  1. terimakasih informasinya. Saya kebetulan belum ada rencana utk pergi ke luar negri, namun ini informasi yg berguna kalau mau jalan2 ke luar negri.

    BalasHapus
  2. wah pas banget buat notice jangan sampai paspor yang baru aja aku bikin tahun lalu dan belum kepake sampai sekarang eh ilang, tapi ada informasi ini jadi bisa ada gambarannya dan ga terlalu ng-blank

    BalasHapus
  3. Memang seharusnya begini rulesnya. Tapi...oh tapi...di Bandung...huuuf. Selalu kehabisan no antri. Kuota selalu habis. Akhirnya aku bikin di Cianjur. Kosong, sepi, cepet. Tapi ya gitu, pergi-pulang Bandung-Cianjur. Paspor yang sudah jadi titip dikirim pakai kilat khusus ke Bandung. Alhamdulillah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untungnya bisa bikin paspor dimana saja, jadi bisa pilih yang kuotanya kosong

      Hapus
  4. beberapa waktu yang lalu saya mengantar anak saya membuat paspor. kali ini prosrsnya jauh lebih cepat dan lebih mudah dibandingkan ketika saya membuat belasan tahun yang lalu. Thanks infonya mbak

    BalasHapus
  5. Sekarang diwajibkan pakai aplikasi ya kak untuk mengambil nomor antriannya?
    Kalau untuk masyarakat awam yang belum mengetahui info ini bagaimana ya? Apa masih bisa juga ambil langsung di tempat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kuota di kantor imigrasinya masih tersedia bisa ambil antrean di imigrasi. Soalnya sekarang tiap hari ada batasan kuota yang harus dilayani, jadi ya biar gak bolak balik ambil antrean kuota di aplikasinya

      Hapus
  6. Wah baru tau ada aplikasi buat urus pasport mba. Bisa dipakai kah untuk seluruh kota di Indonesia mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa untuk seluruh Indonesia, mbak. Tinggal pilih kantor imigrasi yg dituju

      Hapus
  7. Cepet ya, 1.5 jam sudah bisa selesai. Dan persyaratannya juga mudah, cukup eKTP sama paspor lama.

    Kalau saya belum punya parpor, jadi mesti bikin dulu kalau mau keluar negeri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang pelayanan di kantor imigrasi semakin maju, jadi bisa semakin cepat 😃

      Hapus
  8. Alhamdulillah, semakin mudah dan cepat, proses yang berkaitan dengan keimigrasian. Itu artinya sudah ada revolusi besar di sana.
    Sudah menjadi hak kita untuk mendapatkan pelayanan terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Alhamdulillah banget udah makin baik pelayanannya

      Hapus
  9. Paspor saya juga sudah mau habis. Kemarin sempat mikir apa perpanjangan saja ya kayak SIM gitu biar lebih hemat, eh taunya sistemnya sama dengan buat baru. Harga sama juga. Daripada belum kepakai nanti aja urusnya, hehe. Yang penting gak dapat denda kayak SIM kalau telat 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah, iya nih, harganya sama. Tadinya kukira juga lebih murah

      Hapus
  10. Semoga aku bisa segera bikin pasport... Ga jadi Mulu😅

    BalasHapus
  11. Oh jadi ditanyai dulu ya mau ke mana tujuan bikin pasportnya. Kalau misal pas ditanya itu aku jawab ke Bangkok, tapi aku perginya ke Piliphin bisa dipake juga gak sih mbak? Apa gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, itu cuma pertanyaan formalitas di wawancara, gak ditulis sama pihak imigrasi kok jawabannya.

      Hapus
  12. Aku baru tahu kalau bikin atau perpanjangan paspor ini bisa di area mana saja, enggak perlu di area domisili. Makasih tata caranya mba, mau aku simpen, buat yang buat baru enggak jauh beda kan ya tata caranya. Daftar online dulu baru nanti dijadwalkan datang kapan ke kantor imigrasinya. siapa tahu kan suatu hari nanti aku ke luar negeri hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak .Buat baru gak jauh beda kok caranya 😊

      Hapus
  13. Paspos saya masih lama sih masa berlakunya. Tapi infonya memang bermanfaat. Bisa mampir lagi kalo mau ganti padpor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap, mbak. Mampir lagi ya nanti kalo mau perpanjang 😄

      Hapus
  14. Saya juga pengen buat paspor sudah sedari lama. Dulu pernah mau buat, tapi kata teman saya antrenya lama, bahkan kalau bisa datang setelah shubuh biar dapat nomor antrean awal. Tapi sekarang lebih mudah karena bisa mendaftar online dulu ya Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Daftar online dl, jadi lebih cepet 😄

      Hapus
  15. wah perpanjangan paspor itu mudah ya. saya masih termakan isu yg katanya bikin paspor lama dan susah, jd gak bikin2 padahal pengen ke LN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu emang lamaaaaa banget mbak, sekarang lebih cepat

      Hapus
  16. Di Bogor no antriannya puanjaaaang
    Selalu aja kehabisan nomor antri
    Aku mau bikinin paspor buat anak jadi ketunda terus hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa cari kantor imigrasi lain, mbak. Kan bisa bikin di kantor imigrasi mana aja

      Hapus
  17. Saat ini, proses penggantian paspor jauh lebih teratur dan nyaman bagi pengguna. Btw terakhir aku ganti paspor tu bikin di Thailand sih, 2 hari prosesnya.

    BalasHapus
  18. Nah. Itu.. sekarang ambil no antrian per0anjang atau buat pasport baru di aplikasi online. Bagus sih. Kalau dtg langsung ke kantor kalau nomor antrian habis ya balik lagi besoknya.. ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya gak habis sih mbak, soalnya udah ada kuota per harinya di masing-masing kantor imigrasi

      Hapus
  19. Sebenarnya ga terlalu ribet yaa.. sangat membantu.. etapiii aq mau kemana ya kalo punya pasporr?? Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin aja dulu .Mbak. Gak apa apa bermimpi dulu kemana gitu, siapa tahu terwujud 😄

      Hapus
  20. Kalau ingat perpanjangan paspor kesal aku, sistem online tapi sistemnya gak jelas banget. Meskipun demikian beres juga seh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, mungkin ada miskomunikasi sama kantor imigrasinya

      Hapus
  21. Sekarang urus perpanjanga paspor makin mudah ya. Pokoknya ikuti saja persyaratannya. Oh ya sebelum itu pantau juga jadwal diaplikasi dan pastikan datang sesuai jadwal sehingga paspor bisa diproses. Untuk prosesnya memang cepat banget kok. Aku kapan itu perpanjangan juga tak sampai 30 menit soalnya datangnya pagi-pagi sekali jadi dapat nomor antrian yang muda. Kalo datang siang, wah bisa lama memang karena harus antri dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener, mbak. Kalo bisa datang lebih awal dr jadwal

      Hapus

Subscribe

google-site-verification=iT18FatzQNMgwxQGqf0Yxv4F_qxq2PfsLF947GOEmeo