Fungsi dari Soda Api di Kehidupan Sehari-Hari

Kamis, Januari 16, 2020

Natrium Hidroksida atau yang lebih dikenal dengan nama soda api merupakan salah satu bahan kimia yang banyak dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Fungsi dari soda api sendiri sangatlah banyak, baik itu untuk industri, maupun kebutuhan rumah tangga. Soda api berwarna putih dan memiliki sifat mudah larut dalam air, etanol, serta metanol. 

Fungsi dari Soda Api
Soda Api (Source: septictankcare.net)
Meskipun disebut ‘soda’, akan tetapi soda api tidak untuk bahan makanan ataupun minuman. Soda api juga memiliki sifat korosif, sehingga akan menyebabkan perih dan panas apabila terkena kulit. 
Oleh sebab itu, apa bila menggunakan soda api, jangan lupa untuk menggunakan kacamata proyek dan sarung tangan karet. Fungsi dari soda api untuk kehidupan sehari-hari cukup banyak, apa sajakah itu? 

1. Membersihkan Saluran Pipa 
Pernah merasa kesal karena saluran pipa yang mampet karena banyaknya kotoran yang menempel? Tak perlu khawatir, salah satu fungsi dari soda api adalah mampu membersihkan saluran pipa sehingga semua kotoran akan hilang dan saluran pun kembali lancar. Soda api dapat digunakan untuk membersihkan saluran kloset, wastafel, dan saluran lainnya. Gunakan sikat panjang untuk membersihkan pipa, celupkan sikat tersebut dengan soda api, lalu masukkan sikat tersebut ke pipa dan gosokkan dengan kuat hingga kerak serta kotoran di dalam pipa hilang. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika melakukan pembersihan. 

2. Menghilangkan Noda Karat 
Perlengkapan rumah tangga terlihat tak menarik dan usang karena munculnya karat. Tak perlu khawatir, anda dapat menghilangkan noda karat menggunakan soda api. Tak hanya karat pada besi, namun noda serta kerak yang menempel pada produk stainless juga bisa dibersihkan menggunakan soda api. Dalam proses perontokan karat ini memang dibutuhkan cukup banyak soda api cair, dan jangan lupa gunakan kacamata dan sarung tangan karet, untuk mengoleskannya bisa menggunakan kuas dan lap kain. 

3. Pembersih atau Perontok Cat
Fungsi dari soda api selanjutnya adalah pembersih atau perontok cat. Bagi anda yang hobi otomotif dan sedang mengubah warna cat kendaraan. Anda bisa gunakan soda api untuk menghapus cat asli kendaraan sebelum kemudian dicat ulang. Maka tak heran jika soda api juga dikenal dengan nama paint remover. Caranya adalah dengan mengoleskan soda api ke seluruh permukaan kendaraan, kemudian kerok seluruh cat hingga sempurna. Selanjutnya, tinggal haluskan permukaan kendaraan, kemudian dicat ulang. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kaca mata dan sarung tangan karet. Tak hanya bisa digunakan untuk membersihkan cat pada kendaraan yang akan dicat ulang. Soda api juga bisa digunakan untuk membersihkan cat pada furniture dan dinding. 

4. Bahan Produksi Berbagai Macam Industri 
Soda api banyak digunakan dalam bidang industri, bukan hanya pada industri besi dan baja, namun soda api juga berfungsi sebagai bahan baku untuk mendukung pembuatan produk. Ada banyak industri yang memanfaatkan soda api sebagai salah satu bahan bakunya, beberapa diantaranya untuk pembuatan kertas, sabun, tekstil, detergen, hingga sabun. Karena sudah melalui beragam tahap produksi dan campuran bahan, maka hasil dari adanya soda api pada produk tersebut tidak membahayakan kulit. 

Itulah beragam fungsi dari soda api di kehidupan sehari-hari. Ingat, soda api adalah bahan kimia, maka penggunaannya harus selalu menggunakan kacamata atau sarung tangan karet agar terlindungi. Apabila sudah selesai digunakan simpan dengan baik di suhu ruang, dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.(*)

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe