(REVIEW) Crash Landing On You: Antara Perjuangan Cinta, ‘Takdir’ dan Privilege

Kamis, Februari 20, 2020


Crash Landing On You, drama korea yang diperankan oleh Hyun Bin (Ri Jeong Hyeok) dan Son Ye Jin (Yoon Se Ri) memang menarik perhatian para pecinta drama korea. Awalnya banyak yang menyandingkan drama ini dengan drama Descendents Of Sun Crash karena sama-sama berkisah tentang dunia prajurit, padahal sangat jauh beda.

Saking hebohnya drama korea ini, dalam rating TVN sendiri, ratingnya mencapai 21,683% menjadi paling tinggi dibandingkan Reply1988 (18,803%) dan Goblin (16,680%).  

Crash Landing On You

Kisah Utara dan Selatan
Bukan drama korea namanya kalau tidak selalu berinovasi pada ide cerita. Drama korea selalu menyuguhkan konflik-konflik baru yang unik dan biasanya berkaitan dengan profesi tertentu, dan pada CLOY ini mengangkat konflik dan cinta seorang Kapten pasukan elit Korea Utara bernama Ri Jeong Hyeok.

Kisah bermula saat Yoon Se Ri melakukan aktifitas paralayang untuk mencoba kekuatan baju olahraga yang dibuat oleh perusahaannya. Namun, angin tornado menghempasnya dan membuatnya tersangkut di area demiliterisasi Korea Utara dan jatuh di pelukan Ri Jeong Hyeok.

Ri Jeong Hyeok akhirnya menyembunyikan Yoon Se ri di rumahnya dan mengaku pada warga bahwa Yoon Se Ri adalah tunangannya yang masuk ke Divisi 11 sebagai mata-mata.

Kisah pun bergulir dengan konflik keluarga masing-masing, juga bagaimana Yoon Se Ri harus membiasakan diri dengan kehidupan di Korea Utara yang jauh berbeda dengan di Korea Selatan.

Bertabur Adegan Romantis
Salah satu kekuatan dari CLOY tentu saja adalah bertaburnya adegan romantis di hampir setiap scene. Apalagi pemerannya adalah Hyun Bin dan Son Ye Jin yang di dunia nyata disebut memiliki hubungan khusus, bahkan sebelum berperan bersama dalam CLOY ini. 

Ri Jeong Hyeok dan Yoon Se Ri

Tak hanya pasangan Ri Jeong Hyeok dan Yoon Se Ri saja yang membuat baper para penonton, tapi second couple Seo Dan (Seo Ji Hye) dan Goo Seung Jung (Kim Jung Hyun) juga banyak menyita perhatian para penonton.

Seo Dan dan Goong Seung Jeung
Adegan-adegan romantis ini semakin membuat penonton senyum-senyum saat melihat Ri Jeong Hyeok yang seorang kapten, tapi bisa tersipu malu tiap merasa canggung ketika berhadapan dengan Yoon Se Ri. Rasanya sebagai penonton ikut meleleh, pengen gitu laminating wajah Jeong Hyeok trus ditempel di kamar. Haha.

Pemain Pendukung yang Sangat Menghibur
Tak hanya peran utama dan second couple saja yang menjadi kekuatan CLOY ini, tetapi para pemeran pendukung juga memiliki andil besar drama ini. Kelakuan lucu para prajurit anak buah Ri Jeong Hyeok, juga para ibu-ibu rumpi di desa militer memang menjadi warna tersendiri untuk CLOY.

Para anggota divisi lima itu adalah Pyo Chi Su (Yang Kyung Won) prajurit yang terkesan songong dan gak suka dengan kehadiran Yoon Se Ri tapi sebenarnya memiliki hati yang tulus dan sangat perhatian pada Yoon Se ri.

Kemudian Kim Ju Meok (Yoo Su Bin), tentara Korea Utara yang menggemari drama korea selatan, cita-citanya adalah bertemu artis idolanya Choi Ji Woo.

Sementara itu ada anak buah paling ganteng Park Kwam Beom (Lee Shin Young), dan juga Geum Eun Dong (Tang Jung Sang) yang paling muda. 

Anak Buah Kapten Ri

Kelucuan mereka semakin menghibur tatkala mereka ditugaskan ayah Kapten Ri untuk menjemput Kapten Ri di Korea Selatan. Mereka yang terkagum-kagum dengan suasana dan gemerlapnya Korea Selatan membuat kita tertawa.

Seperti Pyo Chi Su yang mendadak jadi tukang parkir, Kim Ju Meok yang ke warnet buat nonton drama korea, Park Kwam Beom yang bingung karena didatangi pencari bakat karena wajah gantengnya, juga Geum Eun Dong yang percaya saja ketika dibohongi bahwa di dalam mesin penjual minuman otomatis ada manusia yang bekerja di dalam mesin itu.

Yoon Se Ri dan Ibu-ibu Korea Utara
Para ibu-ibu rumpi di desa militer yang awalnya terkesan tak suka dengan Yoon Se Ri ternyata memiliki hati yang baik dan menjadi sahabat Yoon Se Ri. Bahkan, yang bikin saya meleleh sekembalinya Yoon Se Ri ke Korea Selatan, ia membuatkan kosmetik dengan label nama dan gambar wajah ibu-ibu rumpi di wadahnya. So Sweet banget, pengen gitu dilanjut adegan para ibu-ibu ini datang ke Korea Selatan. 



Belum lagi tingkah lucu ibu dan paman Seo Dan yang ternyata mereka juga main di film Parasite lho. Iya, gak salah kok, Ibunya Seo Dan ternyata pemeran ibu di Film Parasite, pasti kaget kan? Emang beda banget sih. Sedangkan pamannya Seo Dan di film Parasite berperan sebagai suami pembantu keluarga kaya yang tinggal di ruang bawah tanah. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tahun 2019

Setting yang Memanjakan Mata
Gak bisa dipungkiri kalau industri drama Korea Selatan selalu bisa menemukan tempat atau setting baru yang memanjakan mata. Seperti dalam drama CLOY yang mengambil setting di Negara Swiss dan beberapa lokasi lain di Korea Selatan.



Bahkan, mereka pun sangat apik menemukan setting yang seolah-olah ada di Korea Utara, padahal syutingnya di Korea Selatan dan Mongolia.

Seperti jalur kereta yang dilalui Ri Jeong Hyeok dan Yoon Se Ri, ternyata itu mengambil lokasi di Trans-Mongolian Railway dan Ulaanbaatar Ralaway Station, Mongolia. 


Tempat Yoon Se Ri jatuh dan bertemu pertama kali dengan Kapten Ri juga diambil di Pulau Jeju, loh. Kemudian untuk desa militernya ternyata berlokasi di Chungcheongnam-do, Korea Selatan. 



Meski begitu, sutradaranya tetap melakukan riset dahulu ke tempat asli hingga akhirnya ia menemukan tempat-tempat pengganti yang mirip untuk lokasi syutingnya.

‘Takdir’ atau Kebetulan yang Dipaksa?
Meskipun bertabur banyak adegan romantis, tapi tak bisa dipungkiri bahwa alur cerita di CLOY ini cenderung biasa saja. Apalagi banyak sekali kebetulan yang terjadi antara Jeong Hyeok dan Se Ri (mereka menyebutnya takdir), tapi saya ingin menyebutnya kebetulan yang dipaksa.

Apalagi kisah mereka yang memiliki pertemuan tak sengaja di masala lalu ketika sama-sama di Swiss. Duh, ini sudah berulangkali ada di drama romantis Korea. Bagi yang hobi nonton drama korea, pastinya sudah hafal dengan baik bagaimana kebanyakan drama korea dengan genre romantis memiliki adegan dimana main couple memiliki masa lalu yang berkaitan, entah di masa kecil, atau di masa beberapa tahun lalu.

Plot yang serupa  seperti ini untuk saya membosankan dan seperti udah tertebak nanti alurnya akan seperti apa. Apalagi di episode akhir dimana Se Ri jatuh di bukit setelah Paralayang dan tiba-tiba ada Jeong Hyeok di situ. Sebagai penonton saya cuma bisa, hhaaa? Kok gini sih?

Kisah Cinta Pemilik Privilege
Meskipun ada lika liku dalam kisah cinta Jeong Hyeok dan Se Ri, tapi saya kemudian mikir kalau menyatunya kisah cinta mereka karena terbantu privilege yang mereka miliki. Dimana Jeong Hyeok anak seorang Biro Politik di Korea Utara (setingkat menteri mungkin ya), kemudian Se Ri yang seorang CEO perusahaan besar di Korea Selatan.

Bayangin aja, kalo misal Jeong Hyeok bukan anak Biro Politik, bisa jadi dia akan terbunuh setelah kembali dari Korea Selatan, kalo aja dia gak diselamatkan oleh Ayahnya.

Jeong Hyeok juga gak bakal bisa melihat Se Ri di rumah sakit atau bertemu Se Ri di perbatasan, kalau keluarga Se Ri gak ada koneksi dengan BIN. Apalagi mereka yang janjian bertemu kembali di Swiss, bagi orang-orang yang punya privilege macam mereka pasti mudah banget buat terbang ke sana.

Meski begitu, dari segala kekurangan yang ada, drama korea ini layak untuk ditonton, karena selain bikin senyum-senyum baper, juga banyak adegan yang bikin tertawa..(*)


You Might Also Like

19 komentar

  1. Keren nich film.. bagi pencinta drama korea film ini rekomended banget. By pone syam

    BalasHapus
  2. Udah denger spoiler drama ini. Dan katanya memang bagus dan susah move on ama adegan dari aktor-aktrisnya. Saya jadi pengen nonton atau baca sinopsis nya. Setelah sekian lama menahan diri dari drakor, kayaknya yang ini sayang banget dilewatkan.

    BalasHapus
  3. Drama ini tuh lagi hapening banget yaaa, apalagi ada gosip yang menyebut Hyunbin cinlok sama pemeran utama wanitanya. Dududuh, si akang ini sering banget jadi korban cinlok. Kalo soal akting mah, saya nyaris gak nemu drama Hyunbin yang jelek. Favorit saya dulu adalah Secret Garden, My Lovely Sam Soon, Worlds Within, The Snow Queen, dan A Millionaire's First Love. Sukaaaaa banget saya tuh sama film2 dan drama2 dia. Hihihi

    BalasHapus
  4. Drama Korea itu emang candu banget. Cerita didalamnya bikin penasaran. Aktor dan aktrisnya juga keren

    BalasHapus
  5. Drakor memang jagonya ya bikin cerita yg mengharu biru apalagi setting tmpt nya bikin mupeng pengen kesana hehe keren ceritanya kak..

    BalasHapus
  6. Aku belum namatin 2 episode terakhir, blm mau move on dengan episode sependek itu aku yakin banyak yang dipaksa hahahaha harusnya ini 36 episode, trus ada cloy 2 nya segala wkwkwk

    BalasHapus
  7. Aku belum nonton filmnya. Kayaknya bagus ya. Banyak yg suka...

    BalasHapus
  8. Penasaran sama filmnya kak, hyunbin yang membuat terpesona setiap wanita huhuhu. Makasih infonya kak.

    BalasHapus
  9. Suka seru sama drama korea tuh idenya yaa ampun deh anti-mainstream. Ngebahas antara cinta dua anak manusia beda wilayah negara, Kurot sama Korsel hehehe. Aku belum nonton karena nunggu tamat dulu biar gak nungguin tiap episode. Ya ampun itu romantis banget yang boncengan sepeda :)

    BalasHapus
  10. Semakin hari semakin banyak drama korea yang mengangkat cerita Selatan-Utara ya, CLOY ini salah satunya. Semoga hubungan keduanya di dunia nyata semakin baik, kalau bisa mesra gitu.

    BalasHapus
  11. Ini drama korea yang pengen banget smaku tonton. Tapi masih belum sempat. Huhu

    BalasHapus
  12. Seru banget nih sinopsis cerita filmnya, jadi penasaran pingin nonton langsung apalagi membahas tentang perbedaan dua negara antara Korea Utara dan Korea Selatan.

    BalasHapus
  13. Yakin namanya juga drama, semua dikemas dengan kisah percintaan apalagi drama Korea ga jauh dari kisah romantisme sepasang kekasih.

    BalasHapus
  14. Ah, Cloy ini Kdrama favorit banget yang jalan ceritanya mengharu-biru dan bikin perasaan jadi seperti lagi naik roller coaster. Memang sih ada black hole di jalan cerita, juga ada hal-hal yang bikin dahi mengernyit, kok bisa? Atau masa sih tak ada solusi lain? Tapi overall, cerita Cloy ini memang recommended banget dan wajib ditonton lho

    BalasHapus
  15. Blm nonton sih, tp Crash Landing On You ini sptnya menarik. Harus siapkan diri saat senggang biar serius ntn nya hehe

    BalasHapus
  16. Mohon maaf, sya bacanya skip2. Karena saya baru mau nonton lengkapnya dari episode awal..

    BalasHapus
  17. Belum nonton, meski sering lihat yang bahas ini di timeline FB.
    Keren ya, settingnya sampai ke swiss dan Mongolia

    BalasHapus
  18. Wih belum nonton, nih... tapi nampaknya menarik juga, makasih rekomendasinya, mungkin aku akan nonton...

    BalasHapus
  19. Aku belum nontoooon.. belum ada di Viu. Aku penasaran bgt soalnya udh banyak reviewnya dan bahkan ratingnya udah ngalahin goblin.

    BalasHapus

Subscribe

google-site-verification=iT18FatzQNMgwxQGqf0Yxv4F_qxq2PfsLF947GOEmeo