10 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tahun 2019

Selasa, Februari 25, 2020


Meskipun tahun 2019 sudah berlalu, tapi yang namanya drama korea tentu bisa ditonton kapan saja, tak berbatas tahun. Ada banyak drama korea yang tayang di tahun 2019 dalam berbagai genre, dari action, science fiction, romantic comedy, hingga thriller comedy. Nah, apa saja drama korea 2019 yang layak, bahkan wajib buat ditonton para penggemar drama korea?


1. Crash Landing On You

Crash Landing On You
Crash Landing On You menjadi drama penutup tahun 2019 yang hangat dan menyenangkan. Drama yang diperankan oleh Hyun Bin (Ri Jeong Hyeok) dan Son Ye Jin (Yoon Se Ri) ini rilis Desember 2019 dan berakhir di bulan Februari 2020.

Crash Landing On You bercerita tentang kisah cinta antara Kapten Pasukan Elite Korea Utara yang jatuh cinta dengan seorang CEO asal Korea Selatan. Hubungan yang tak baik antara kedua negara membuat kisah cinta mereka semakin rumit.
Drama Korea ini juga banyak adegan-adegan yang akan membuat kita tertawa, khususnya pada scene-scene prajurit anak buah Ri Jeong Hyeok yang mengalami shock culture saat datang ke Korea Selatan.

Baca Juga: Crash Landing On You; Antara Perjuangan Cinta, 'Takdir', dan Privilege


2. Vagabond

Vagabond
Pasti setuju kalau Vagabond masuk dalam salah satu daftar drama korea terbaik di tahun 2019. Berkisah tentang Cha Dal Geon (Lee Seung Gi), seorang stuntman yang kehilangan keponakannya karena sebuah kecelakaan pesawat. Hingga kemudian Cha Dal Geon tahu bahwa kecelakaan tersebut terjadi karena kesengajaan.

Cha Dal Geon kemudian bertemu dengan anggota BIN, Go Hae Ri (Bae Suzy), mereka pun bahu membahu untuk mengungkap dalang utama dibalik kecelakaan pesawat tersebut. Hingga episode akhir, penonton dibawa ke situasi yang penuh teka-teki, bahkan di episode terakhir pun masih banyak yang belum terungkap, dan kabarnya akan hadir pula Vagabond Season 2. 

3. Hotel Del Luna


Hotel del Luna

Hotel Del Luna mulai rilis sejak 13 July 2019, dan langsung menyita perhatian publik. Pada awal kemunculannya Hotel Del Luna mengingatkan kita dengan drama Goblin dimana bercerita tentang kehidupan para hantu dan kehidupan setelah kematian kematian.

Hotel Del Luna sendiri adalah sebuah hotel yang menjadi persinggahan orang-orang yang sudah mati sebelum melanjutkan ke alam akhirat. Hotel ini dipimpin oleh Jang Man Wol (IU), seorang wanita cantik yang melakukan kesalahan besar ratusan tahun yang lalu, sehingga ia dihukum untuk menjaga hotel tersebut.

Meskipun banyak hantu yang muncul, namun kisahnya gak berputar soal horor, bahkan ada beberapa scene yang bikin saya nangis. 

4. Doctor John


Doctor John

Bagi yang suka drama korea yang bercerita tentang dunia medis, Doctor John wajib untuk ditonton. Berkisah tentang seorang sosok dokter jenius sekaligus mantan narapidana, Cha Yo Han (Ji Sung).

Cha Yo Han bisa mendiagnosa penyakit pasien hanya dalam waktu beberapa detik saja dengan mengamati kondisi tubuhnya. Cha Yo Han berhasil menyelamatkan banyak nyawa pasien, namun ia sendiri dalam keadaan terancam jiwanya karena menderita suatu penyakit langka. 

5. Extraordinary You


Extraordinary You

Menonton Extraordinary You membuat perasaan saya selalu berbunga-bunga, karena adegan-adegannya mengingatkan saya tentang cinta pertama saat masih remaja. Hahaha. Kisah bermula saat Eun Dan Oh (Kim Hye Yoon), seorang siswa di sekolah bergengsi mengalami kejadian aneh, awalnya ia menyangka jika apa yang dia alami berkaitan dengan penyakit jantungnya.

Namun, kemudian ia menemukan kenyataan bahwa ia dan semua orang di sekitarnya adalah tokoh-tokoh di dalam komik. Dan Oh awalnya menyangka ia sebagai pemeran utama komik tersebut, namun ternyata ia hanya tokoh figuran, kekasih dari sahabat tokoh utama. Kisah cinta berjalan kian manis, saat Dan Oh jatuh cinta pada Ha Roo (Ro Woon), tokoh figuran yang bahkan tak memiliki nama. 


      6.      Romance is A Bonus Book

Romance is A Bonus Book

Drama korea seringkali mengangkat kisah-kisah profesi, salah satunya Romance is A bonus Book yang bercerita tentang kisah cinta kepala editor di sebuah penerbit buku, Lee Jong Suk Cha Eun Ho (Lee Jong Suk) dan seorang single mother Kang Dan I (Lee Na Young).

Sebagai pecinta buku, saya suka banget nonton drama ini, karena di sini benar-benar diperlihatkan bagaimana proses pembuatan sebuah buku hingga kemudian menjadi layak dan bisa dinikmati oleh pembacanya.

Ada kerja keras banyak orang dalam pembuatan sebuah buku, bahkan saya rasaya ikut sedih waktu lihat adegan buku-buku yang gak laku dijual harus dimusnahkan dan kertasnya didaur ulang.

Bukan drama korea namanya jika tidak menyimpan teka-teki, begitu juga dalam drama Romance is A Bonus Book ini. Meski ada rentang usia yang cukup jauh antara Lee Jong Suk dan Lee Na Young, namun mereka berhasil membangun chemistry di drama ini. 

      
      7.      Her Private Life

Her Private Life

Drama Her Private Life mengangkat kisah Sung Deok Mi (Park Min Young), seorang kurator seni sekaligus fans yang merahasiakan kesukaannya pada artis idolanya. Ia terpaksa melakukan ini karena bos di tempat kerjanya gak suka dengan dunia kpopers.

Alhasil, ia sering pergi diam-diam dan melakukan penyamaran saat ingin melihat artis idolanya beraksi. Hingga kemudian ia bertemu dengan Ryan Gold (Kim Jae Wook), seorang pelukis terkenal yang berhenti melukis karena trauma.

Peran Park Min Young di sini menurut saya tidak ada yang spesial, karena malah mengingatkan saya pada perannya di drama What Wrong With Secretary Kim, dari cara berpakaian, gesture, sifat, dan lainnya gak jauh beda. Sebenarnya agak sayang sih gak ada perkembangan karakter di drama ini, apalagi waktu tayang antara What Wrong With Secretary Kim dan Her Private Life terbilang berdekatan, jadi penonton masih terbayang sosok sekretaris Kim saat menonton Her Private Life.


8. Catch The Ghost


Catch The Ghost


Drama yang mengusung genre Comedy Investigation ini berkisah tentang polisi subway yang berusaha menemukan Hantu Subway. Yoo Ryung (Moon Geun Young) yang sebelumnya adalah polisi lalu lintas mendaftar ke kepolisian subway dengan misi terpendam untuk mencari saudara kembarnya yang hilang.

Yoo Ryung meyakini jika hilangnya adiknya ini berhubungan dengan Hantu Subway. Certa semakin mendebarkan tatkala beberapa kali ditemukan korban tewas yang diletakkan dengan sengaja di dalam gerbong, namun tak ada jasad saudara kembar Yoo Ryung. Catch The Ghost juga banyak dibumbui adegan komedi dan romantis yang terjadi antara Yoo Ryung dan Kepala Kepolisian Subway, Ko Ji Seok (Kim Sun Ho)  

9. Angels Last Mission: Love


Angel's Last Mission

Drama dengan genre romantic fantasy ini bercerita tentang seorang malaikat Kim Dan (Kim Myung Soo) yang memiliki tugas untuk mengubah perasaan Lee Yeon Seo (Shin Hye Sun), seorang balerina angkuh yang kehilangan penglihatannya karena suatu kecelakaan di panggung.

Drama 32 episode (30 menit) ini memang terbilang penuh scene-scene indah, terutama saat adegan Lee Yeon So menari balet atau saat sayap di punggung Kim Dan muncul. 


1    10.  My First First Love 1 & 2

My First First Love

Drama yang tayang di Netflix ini terbagi ke dalam 2 season yang terdiri dari masing-masing 8 episode. Berkisah tentang Tae-O (Ji Soo), anak dari keluarga kaya raya yang terlihat bahagia, dan 4 orang sahabatnya yang berasal dari latar keluarga beda-beda.

Song Yi (Jung Chae Yeon) ditinggal ibunya yang menikah lagi dan akhirnya ia terusir dari rumah masa kecilnya, kemudian Do Hyun (Jin Young) teman Tae O yang berasal dari keluarga pas-pasan, Ga Rin (Choi Ri), berasal dari keluarga kaya raya namun ingin hidup bebas, kemudian Hoon (Kang Tae-Oh), memiliki cita-cita jadi artis tapi ditentang orangtuanya.

Meskipun cerita drama ini terbilang ringan, namun terasa hangat dan dalam, apalagi kisah persahabatan mereka. Meskipun rebutan kamar, saling gengsi, saling suruh, tapi selalu berusaha ada di saat sahabat lainnya sedih. Sweet bangetlah.

Itulah 10 rekomendasi drama korea terbaik tahun 2019 yang bisa dijadikan referensi tontonan di kala senggang. Nah, kalau kamu udah nonton yang mana aja nih?(*)

38 komentar

  1. Film dan drama korea selalu punya tema2 yang nggak biasa ya..dan dikemas dgn rapi juga menghibur

    BalasHapus
  2. Udah lama gak nonton D-Korea, apalagi serialnya. Kalo ada yang booming, paling ngikutin sekilas ceritanya aja.

    BalasHapus
  3. boleh juga rekomendasinya.. bisa lah ditonton pas waktu senggang

    BalasHapus
  4. Banyak banget serial draKor nya ini. Dan aku engga nonton sebuah pun. Maaf yaa...Hehe...
    Engga sabar sih aku. Terlalu diulang-ulang...

    BalasHapus
  5. Paling suka crash Landing on You sih, itu asli keren banget dramanya. Mulai dari alur cerita, pemainnya, sampai scenenya yang indah bikin kita hanyut dalam suasana dramanya.

    BalasHapus
  6. 4,5,6,8,9,10 belum saya tonton, banyak amat wkwkwk. dulu nonton drakor suka bangeet, semenjak nikah kerjaan rumah segambreng nontonnya jadi berkurang. crash landing on you aja belum beres di tonton tinggal 2 episode. duh, jadi kangen masa-masa nonton seharian, wkwkwk.

    BalasHapus
  7. Aduh berasa diingetin lagi belum nonton Crash Landing on You sama itu Her Private Life aku belum selesai nontonnya hehehe dan Hotel De Luna juga aku belum nonton takut gak bisa berhenti 😁

    BalasHapus
  8. Dari 10 drama korea di atas, saya belum pernah nonton judul mana pun, Mbak Icha hahaha. Padahal dulu sesekali saya nonton untuk dipelajari saat menulis cerita. Tapi saya penasaran dengan Hotel Del Luna yang menjadi tempat persinggahan orang-orang meninggal, sebelum menlanjutkan ke alam baka. Idenya tidak biasa.

    BalasHapus
  9. ya ampun kok jadi pengin nonton semua yaaa, hmm aku tipe yang nggak tahan sama series tapi yang vagabond, hotel del luna, extradorinary you sama crash landing on you kok melambai-lambai ya :") kangen bisa nonton series dnegan tenang

    BalasHapus
  10. Demi apa, aku belum sempat nonton semuanya lho Twin. Pas baca di sini, baru keingat kalau ada beberapa yang sudah kumasukkan list dan belum ditonton juga. Nggak usah yang tahun lalu, tahun yang lebih lalu aja belum. Numpuk doang di harddisk.

    BalasHapus
  11. aku setuju semuanya 10 drama diatas the best banget. Aku paling suka sama cerita Crash Landing on You ama Doctor John, beuhhh jatuh cinta akuu

    BalasHapus
  12. Doctor John bagus juga ya mbak, aku sukak banget ini drama . Alurnya asli nano-nano, tapi keren endingnya.

    BalasHapus
  13. Waaah belum ada satupun yang saya tonton. Duh kudet banget nih sama drakor baru. Tapi boleh deh artikelnya disave buat list tontonan nanti. 😁

    BalasHapus
  14. Aaaaaaak, mataku langsung tertuju ke Moon Geun Young. Ternyata ada yaaa film barunya. Itu aktris korea idolaku banget dulu. Semua DVD film dan doramanya aku punya (pas masih zaman kuliah dulu). Aku udah jatuh cinta sejak dia masih kecil, main di My Little Bride. Trus lanjut doramanya Cinderella's Stepsister, Cheongdamdong Allice, dan yang favorit sepanjang masa, Marry Me Marry! Di drama itu dia akting sama Jang Geun Suk, aktor favoritku juga. Duh mereka berdua itu udah tuir tapi mukanya tetap imuttttttt ya mba.

    BalasHapus
  15. Cerita di 10 drakor ini sepertinya nyus2 smua. Btw aku br mau mulai liat CLOY. hahaha.

    BalasHapus
  16. Bookmark ini. Setelah sekian abad gak sempat nonton drakor. Kayaknya perlu lagi sekali-kali refreshing nonton drakor hehe.

    BalasHapus
  17. sudah beda banget zaman kita ya
    aku pernah nulis 10 drama kora juga
    tapi isinya kayak summer scent, cofee prince
    udah kelewat tua ya

    BalasHapus
  18. Drama Korea terakhir melihat sudah puluhan tahun yang lalu. Masih banyak penggemar ternyata ya

    BalasHapus
  19. Dari semua judul itu, saya tertariknya dengan Vagabond. Kok gitu? Ya beda aja gitu, soalnya umumnya drakor itu genrenya romance--dan nonton romance itu benar-benar menguras perasaan.

    BalasHapus
  20. Wow lengkap sekali kak film drakor nya ,terus terang blm pernah nonton wkwkwk takut baper , tp pengen nonton crash landing on you

    BalasHapus
  21. Nyodorin hape ke temen..secara saya sendiri seringnya mendengarkan cerita dia tentang film korea yang sudah selesai disaksikannya... hmmm..mungkin tahun ini harus nonton juga kali ya..minimal 1-2 film.. biar punya pengalaman langsung

    BalasHapus
  22. Drama Korea itu candu banget. Kalau sudah nonton bakalan gak mau berhenti. Apalagi hampir semua ceritanya bagus, bintangnya keren

    BalasHapus
  23. Pernah langganan Netflix dan ngelihat tayangan yang sering ditonton Vagabond dan Crash Landing on You. Perasaan gak pernah buka-buka deh... ternyata istri membuat pengakuan kalo dia yang nonton hmmm
    APakah perempuan memang menjadi penonton setia drama korea? hehe

    BalasHapus
  24. Bisa ga tidur nih klo nonton Drakor wkwk..film terbaik emang..mksh ya kak list film Drakornya..keren..

    BalasHapus
  25. Di antara film di atas, saya baru nonton film Hotel Del Luna. Memang bagus, sih. kemistri kedua pemainnya dapat banget. Mereka saling melengkapi sehingga saat melihat adegan keduanya saya selalu merasakan getaran.
    Sayang endingnya bikin saya kesal.

    BalasHapus
  26. Dari 10 drakor ini udah pernah dgr smua, cm saya br nonton Her Private Life huhuu... Malah nyicil nonton yg lawas² kayak My Girl Friend is Gumiho sama Bride of Habaek wkwk..noted deh list nya mbak. Sy masukin list sy deh hehe

    BalasHapus
  27. Korea selalu bagus dalam kreatifitas

    BalasHapus
  28. Sayangnya saya bukan penggemar Drakor, jd dari kesepuluh Drakor diatasi gak tau sama sekali filmnya.

    Tapi istri saya paling anteng klo udah liat Drakor, ini bisa jadi bahan untuk kasih tau istri klo ada Drakor 2019 yg masih bagus untuk diliat

    BalasHapus
  29. aku bukan penggemar drakor tapi kebanyakan yang suka lihat adalah ibu2

    BalasHapus
  30. Wah drakor ya. aku suka yang hantu hantuan atau detektif gitu. coact the gost kayaknya bagus tuh. punya filmnya gak kak? boleh minta. hehe

    BalasHapus
  31. Aku baru nonton 4 dari 10 ini! Menarik banget kayaknya yang lain. Coba nonton ah

    BalasHapus
  32. Jadi pengen nonton 5, 6, 7 dan 10 nih. Tapi itu dari covernya kok unik banget ya yang Romance in A Book itu. Katanya klo nonton Drakor bakalan candu, haduuh, atut nih. Ntar gak sempat blogging hahahahh

    BalasHapus
  33. Dari sepuluh rekomendasi yang sudah saya tonton cuma extraordinary you, nggak jauh beda dari mbak. Film itu juga mengingatkan kisah cinta saya di sma kebetulan pas banget dulu juga terperangkap dalam cinta segitiga haha seru pokoknya. Maybe bakal nonton film rekomen lainnya nih, tapi mau atur jadwal dulu. Thanks for sharing ya mbak

    BalasHapus
  34. Vagabond baguss di awal sampe episode terakhir minus 1. Episode terakhirnya bikin pengen banting hp mbak. Geregetan akoohhh

    BalasHapus
  35. drama korea makin keren-keren saja.. pantesan makin banyak emak-emak yang menyukainya..

    BalasHapus
  36. Sudah dua bulan absen nonton Drakor. Sejak masuk kerja pascacuti melahirkan, saban pulang ke rumah udah capek banget. Kayaknya dari listnya mbak Richa tinggal beberapa lagi yang belum ditonton. Termasuk crash landing on you. Paling favorit extraordinary you. Bikin berasa muda lagi. Xixi. Her private life n romance is a bonus book juga baguss

    BalasHapus
  37. Wah banyak yang belum aku tonton mba. Baru nonton yang cloy dan Vagabond aja nih. Hehe. Thanks rekomendasi nya

    BalasHapus
  38. Drakor ini seruu banget ya, cm gak kukunya itu kissing scenes nya ya ampiuunnn gimana kl one day anak gadis saya nontonnya yak

    BalasHapus