Mengenal dan Memilih Asuransi Elektronik Murah dan Terpercaya

Kamis, April 23, 2020


Pernah berpikiran untuk mengasuransikan barang-barang elektronik yang dipunya? Memangnya bisa? Bisa, dong. Untuk asuransi elektronik murah memang jarang diketahui oleh masyarakat luas, apalagi sebagian masyarakat berpatokan kalau asuransi lebih banyak berkaitan dengan asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi kendaraan. 

Seperti halnya asuransi kendaraan, asuransi elektronik memberikan pertanggungan ganti rugi ketika terjadi kerusakan atau risiko kerugian pada alat elektronik yang dimiliki. 


Pentingnya Asuransi Elektronik
Bagi pemilik perlengkapan elektronik berbiaya mahal yang sering digunakan untuk pekerjaan penting, memiliki asuransi elektronik tentunya sangatlah penting. Apalagi bagi yang memiliki peralatan elektronik untuk keperluan medis, peralatan elektronik di radio atau stasiun televisi, atau peralatan elektronik yang digunakan untuk pemrosesan data-data penting.

Di rumah sakit misalnya tentunya ada alat-alat radiasi, sinar x, alat-alat elekstris dan lain sebagainya. Sedangkan untuk di bidang perfilman atau pertelevisian, ada alat-alat penting seperti kamera, komputer editing, dan lain sebagainya. 


Bisa dibayangkan bagaimana reaksi pemilik saat mendapati alat elektronik berharga mahal rusak, sedih, kesal, dan tak tahu harus bagaimana. Namun, perasaan takut dan sedih ini bisa ditepis jika kita memiliki asuransi elektronik.

Syarat dan Ketentuan Asuransi Elektronik
Asuransi elektronik bisa memberikan perlindungan pada barang-barang elektronik berharga mahal, dan asuransi elektronik murah bisa menjadi pilihan.  

Lalu apa syarat dan ketentuan suatu barang elektronik bisa diasuransikan? Hal ini tidak bisa disamaratakan karena tiap jenis barang elektronik berbeda syarat dan ketentuannya.

Jaminan dan Polis
Sama dengan asuransi kerugian benda lainnya, penjaminan asuransi elektronik berlaku setahun, dan untuk selanjutnya asuransi ini dapat dilakukan perpanjangan. Bagi yang mencari asuransi elektronik murah, penawaran yang diberikan biasanya asuransi peralatan elektronik atau dikenal juga dengan EEI (electronic equipment insurance).

EEI jarang ditawarkan pada perorangan karena biasanya yang menggunakan asuransi ini adalah dunia industri. Meski begitu, pihak perorangan juga menggunakan skema garansi yang ditawarkan ritel atau toko. Barang yang diasuransikan berkisar pada barang elektronik pribadi seperti home theater, televisi, laptop, ponsel, penjernih udara dan lain sebagainya.

Risiko Pertanggungan
Seperti halnya asuransi kerugian lain, ada risiko pertanggungan yang dijamin dan yang tidak dijamin. Untuk risiko yang dijamin, adalah kebakaran, bencana alam, pencurian/perampokan, ledakan, sabotase, salah rakit, kebakaran, salah rancang, dan risiko yang bersifat tak terduga.

Selain itu, ada juga risiko yang tidak dijamin oleh asuransi elektronik, seperti, reaksi nuklir/radioaktif, pemberontakan atau perang, serta kelalaian yang disengaja.

Meski begitu risiko pertambahan ini dapat diperluas dengan ada jaminan tambahan atau tambahan premi, seperti munculnya beragam kejadian yang menyebabkan risiko seperti kerusakan dan huru-hara.

Dokumen Pengajuan dan Klaim
Pengajuan asuransi elektronik untuk perorangan dapat dilakukan ketika membeli barang elektronik tersebut. Cukup siapkan kartu identitas serta kartu garansi yang menyertai ketika perangkat elektronik dibeli.

Untuk mengajukan asuransi memang lebih mudah, berbeda halnya dengan ketika melakukan klaim asuransi. Saat pelaksanaan klaim, ada lebih banyak dokumen yang harus dilengkapi, yaitu:
  • Identitas diri / FC KTP
  • Foto kerusakan
  • Formulir klaim yang sudah diisi
  • Buku asuransi asli dengan stempel toko atau distributor
  • Kartu garansi
  • Nota/kwitansi pembelian asli
  • Materai Rp 6.000,-
Sedangkan untuk kejadian khusus seperti huru-hara dan kerusuhan besar, ada beberapa dokumen yang dibutuhkan, seperti surat keterangan dari kepolisian dan foto bukti kerusakan di lingkungan sekitar, juga surat asli dari kepolisian yang menyatakan bahwa kejadian tersebut benar-benar terjadi.

Hal ini perlu dilakukan sebagai verifikasi untuk pihak asuransi bahwa kejadian khusus yang menimbulkan kerusakan pada alat elektronik memang benar-benar terjadi serta bukan kejadian rekaan yang mengada-ada.

Mendaftar Asuransi Elektronik Murah dengan Mudah
Kemajuan teknologi membuat cara pendaftaran asuransi elektronik sekarang ini kian mudah, cukup dengan mengisi melalui halaman CekAja.com.  


Kemudahan ini tidak hanya berkaitan pada proses pengajuannya saja, akan tetapi kita juga bisa membandingkan beberapa penyedia asuransi elektronik yanga da di Indonesia. Oleh sebab itu, pemohon harus membaca serta memahami produk asuransi serta menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan.

Untuk asuransi elektronik, selain pemilik peralatan yang bisa menjadi tertanggung, pemilik hak dan pemberi kredit (Bank) juga bisa menjadi tertanggung dalam asuransi elektronik ini.

Besaran Premi
Untuk besaran premi berbeda-beda untuk setiap barang elektronik. Ada beberapa faktor yang berpengaruh pada harga premi, yaitu jenis barang, lokasi barang, kondisi barang, serta kondisi lingkungan.

Keuntungan Menggunakan Asuransi Elektronik
Penggunaan peralatan elektronik memang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi di era kekinian yang mana setiap sendi kehidupan dibantu oleh alat elektronik. Maka dari itu, menggunakan asuransi elektronik dengan premi murah sangatlah bermanfaat.  

Pemilik perlengkapan elektronik tidak perlu lagi merasa khawatir apabila mengalami hal—hal berisiko yang berdampak pada perlengkapan elektronik yang dimiliki. Apalagi jika barang elektronik tersebut digunakan setiap hari dan mejadi bagian penting dalam aktivitas hidup maupun aktivitas industri yang berdampak pada banyak pihak.

Apalagi mengajukan asuransi elektronik saat ini juga sangatlah mudah, karena bisa dilakukan di rumah, di kantor dan dimana saja, tanpa harus datang ke kantor asuransi. 

Anda juga bisa mengecek serta membandingan beragam asuransi dengan beragam peralatan elektronik yang akan diasuransikan. Anda cukup membandingkan asuransi elektronik murah namun memiliki pertanggungan lengkap untuk peralatan elektronik anda. Anda bisa langsung klik link https://www.cekaja.com/asuransi-elektronik/ untuk mendapatkan kebutuhan anda seputar asuransi elektronik murah dan terpercaya. (*)

Posting Komentar