Dalgona Coffee dan Semua Cerita Tentangnya

Senin, April 20, 2020

Beberapa minggu terakhir minuman Dalgona Coffee begitu viral, netizen berlomba-lomba membuatnya dan memposting foto Dalgona Coffe berdampingan dengan aneka kudapan ke media sosial. Banyak yang berhasil, namun tak sedikit yang mengeluh karena gagal. 

Jika dilihat dari tampilannya, Dalgona Coffee itu perpaduan antara susu cair, es batu, dan di atasnya ada kocokan kopi yang creamy, sehingga cantik ketika difoto dan dipajang di media sosial. 


Kenapa Dalgona Coffee bisa Viral?

Untuk pertanyaan ini, sepertinya kita harus berterima kasih kepada Jung Il Woo, karena ia yang pertama kali mempopulerkan istilah Dalgona Coffee. Kisah ini berawal ketika Jung Il Woo, pemeran drama 49 Days, syuting program televisi Stars Top Recipe at Fun Straunt di Macau. 


Saat makan di sebuah kedai, ia memesan minuman kopi. Pemilik kedai pun meracik kopi yang dipesan, ia mencampurkan kopi dan gula pasir lalu mengaduknya sebanyak 400 kali, kemudian ia menambahkan sedikit air panas lalu ditambah es batu.

Ketika Jung Il Woo meminumnya, Jung Il Woo mengatakan jika rasa kopi yang disesapnya mengingatkannya dengan jajanan bernama Dalgona, permen karamel yang dijual di depan SD tempatnya bersekolah. 

Jika dilihat dari tampilannya, permen Dalgona ini mirip dengan permen gulali di Indonesia yang biasanya sama abang-abang penjualnya dibentuk jadi beragam rupa.   


Gara-gara rasa kopi yang diminumnya mirip dengan permen Dalgona yang ia beli saat kecil, ia pun menjuluki kopi itu dengan nama Macau Dalgona Coffee. Nah, jadi kalau ada yang membuat Milo menjadi creamy, harusnya gak bisa disebut Dalgona Milo, ya, karena kalo dari asal usul namanya. Dalgona ini bukan berkaitan dari warna tampilannya atau bentuknya foamnya yang creamy, tapi adanya persamaan rasa.

Setelah program yang dibintangi Jung Il Woo tersebut tayang, Dalgona Coffee pun viral ke seantero Korea Selatan. Minuman ini semakin viral di luar Korea Selatan setelah seorang pengguna tiktok bernama Hannah Cho mengunggah video 15 detik saat membuat Dalgona Coffee. 

Tips dan Trik Dalgona Coffee

Tak bisa dipungkiri, kekuatan media sosial memang menjadi salah satu faktor kenapa minuman ini bisa viral. Unggahan demi unggahan tampilan Dalgona Coffee yang cantik dan instagramable, ditambah banyak orang yang lagi di rumah aja, akhirnya banyak orang tergoda untuk membuatnya, termasuk saya, hahahaha.

Untungnya, saya sukses membuatnya, jika tidak mungkin saya juga akan mengeluh di sosial media, hahaha. Banyak tips dan trik yang bertebaran di media sosial bagaimana membuat campuran kopi, gula, dan air panas bisa mengembang. 

Ada yang menggunakan mixer, namun yang gak punya mixer, berlomba-lomba mencari tips dan trik Dalgona Coffee agar bisa mengembang dengan cantik dan sempurna. Saya sendiri awalnya menggunakan saringan, ternyata gak begitu bisa mengembang, akhirnya saya menggunakan whisk kecil yang biasa saya gunakan saat membuat telur dadar. Hasilnya sih bisa mengembang lebih banyak daripada menggunakan saringan besi. 
 
Prinsip Sains dalam Segelas Dalgona Coffee

Bagi yang sukses membuat Dalgona Coffee, kebanyakan menggunakan jenis kopi Nescafe. Bagi yang gagal, biasanya gak menggunakan Nescafe sih. Kenapa banyak orang memilik Nescafe untuk membuat Dalgona Coffee? Ini karena Dalgona Coffee baru bisa mengembang saat menggunakan kopi tanpa ampas. 

Kemal Faza Hastadi dalam akun twitternya @KemFazHas menyebutkan jika ada prinsip sains dalam pembuatan Dalgona Coffee yang sukses. Penggunaan kopi instan lebih dipilih karena memiliki kandungan minyak yang jauh dibawah kopi giling biasa. 

Hal ini karena minyak yang memiliki sifat agen hydrophobic akan membuat busa-busa yang terbentuk saat pengadukan jadi cepat hancur, makanya dipilih kopi yang minim kandungan minyak. 

Kopi instan yang memiliki kadar minyak rendah membuat terbentuknya froth yang kental ketika diaduk dan ikatan koloid yang lebih stabil. Tak hanya pemilihan kopi, penambahan gula pada pembuatan Dalgona Coffee juga penting karena gula akan membuat froth yang terbentuk bisa bertahan lebih lama.  

Gara-gara Dalgona Coffee ini juga, nescafe sachetan laris manis dan sekarang susah banget dicari di minimarket, sama susahnya kayak nyari hand sanitizer dan masker.

Rahasia Dalgona Coffee Mengembang

Selain penggunaan kopi yang tepat, terjadi juga kebingungan netizen tentang penggunaan air panas atau air dingin dalam pembentukan foam Dalgona. Dari resep yang bertebaran di internet, kopi dan gula dicampurkan dengan air panas. Namun ternyata air dingin juga bisa digunakan untuk membuat Dalgona Coffee, lho. 


Seorang youtuber, dr. Ray Leonard Judijanto mengunggah video pembuatan Dalgona Coffee menggunakan air dingin. Disebutkan dalam videonya, jika air dingin yang digunakan saat pencampuran kopi dan gula bisa membuat foam mengembang dengan maksimal.

Penggunaan air dingin ini berkaitan dengan prinsip Fisika dimana air dingin gerakan partikelnya pelan, sedangan untuk air panas lebih cepat. Sehingga agar emulsi dalam foam lebih stabil, bisa menggunakan air dingin. Jadi hasilnya cepat mengembang dan tidak luruh ke bawah saat diletakkan di atas susu cair.

Nah, itu dia semua cerita tentang Dalgona Coffee yang bisa saya kisahkan di sini. Jadi, kamu sudah buat Dalgona Coffee atau belum nih?
(*)


33 komentar

  1. Aku gagal terus btw. Gak telaten ngocoknya. Tapi blum pernah coba pake nescafe sih. Nanti tak coba beli kalo gitu

    BalasHapus
  2. Aku udah coba segala cara yang ada tetapi tidak pernah berhasil, kecuali jika pakai ovalet nah baru bisa tapi rasanya kurang enak kak hiks

    BalasHapus
  3. Saya bias jung il woo oppa 👏👏😆. Saya langsung cari tahu acaranya setelah viral hahaha. Maklum udah lama enggak ngikutin variety show korea. Hanya drakor saja. Kemarin nyoba tapi belum berhasil. Nanti coba lagi.

    BalasHapus
  4. Nah, aku baru tahu nih awalnya dari Jung Il Woo. Kakakaka. Gak terlalu suka ngikutin yg viral soalnya aku ini. Maklum, emak aga (emak anak tiga), terlalu kudet emang.

    BalasHapus
  5. Sampai detik ini ngga pernah coba bikin hahaha. Males banget ngaduknya karena gapunya mixer. Beli sekali ajah di kedai kopi deket rumah untuk take away. Ternyata B aja yaah 😂😂 apakah dalgona akan bertahan lama? Atau bakal berakhir seperti es kepal milo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahiyaa B aja padahal rasanya, ya. Enggak istimewa banget gitu. Dan kayanya nanti juga kelar trennya. Hooh kaya es kepal milo yaa kak

      Hapus
    2. Meski biasa aja, karena penyuka kopi jadinya tetap suka aku kak.. hihihi

      Hapus
  6. Akhirnya aku bisa tidur nyenyak. Karena jadi tau siapa orang pertama yang bikin si dalgonces ini viral sampe aku ngga mau nyoba bikin. Lah liatnya aja capek hehehe

    BalasHapus
  7. Sweaaaaar setelah resep dalgona coffee ini viral di timeline ku, aku kalo ke minimarket nyari kopi Nescafe classic sachetan selalu gak Nemu.. entahlah masyarakat kita ini latah ya..

    Eh aku juga.. hahaha

    BalasHapus
  8. pertanyaanya... mengapa dalgona mendadak viral berbarengan dengan viralnya Corona? hayo dijawab

    BalasHapus
  9. Belum nyoba kak..secara produk nescafe suka bikin kembung disaya.. entah nanti kalau sudah ada yg nyoba pake produk lain... palingan milo ya

    BalasHapus
  10. Nah iya banyak yang beda-beda resepnya. Aku belum coba sama sekali. tapi suami minta dibikinin hehe

    BalasHapus
  11. mantuuul banget nih Dalgona pada prinsipnya menyertakan aktivitas fisika ya didalamnya. Kebetulan aku belum buat Dalgona nih sampai sekarang ini

    BalasHapus
  12. Istriku berhasil buatnya. Pake mixer buat foamnya hehe
    Emang enak yaa,sampe kami dah buat 2 kali haha

    BalasHapus
  13. Emamg bener bener ya korea itu. Bisa bikin seindonesia Raya kaget dan pada bikin dalgondes eh dalgonaa semua.


    Apa aku aja yg belum cobain? Wkwkwkkwkw

    BalasHapus
  14. benarkah ini history dalgona kofe? wowowow. kupikir dari daerah amricano atau mana, btw mbak aku gagal euy udah pake mixer segala rupa. jadi ga penasara, beli wipcrim aja deh hhahah

    BalasHapus
  15. Entah kenapa, aku kok belum tergerak bikin dalgona coffee ya Mba. Tumben juga, anakku ngga heboh pengen juga. hahaha.

    BalasHapus
  16. prediksinya tentang penggunaan air dingin dan air panas oke juga nih. dihubungkan dengan fisika. karena kenyataannya memang seperti itu. makanya saya bikinnya pakai air dingin. agar gerakan partikelnya bisa lambat. tapi hasilnya tetap bisa mengembang bagus loh. enak pula. jadi pengen bikin dalgona lagi. hehe

    BalasHapus
  17. Anak sy yg sulung udah heboh beud bebikinan Dalgona Coffe lah, apa tuh whipped coffe ala2 Hangul yah,, palagi ada personel BTS yg eksis di IG sambil bikin2 kaya gini, hihi... meriah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar foamnya mengembang dg baik bs juga pake air dingin ya Mbak saya kira cm bs pake air panas aja

      Hapus
  18. kemarin aku cob dunk bikin Dalgona Coffe dan tetep ga bisa ngembang kyk foam.. hhaha nyerah deh beli aja..tapi lihat ulasan di artikel ini baru tau kalau ada Dalgona Candy lucu juga ya..

    BalasHapus
  19. Saya pikir penggunaan air hangat itu buat mengencerkan gulanya terlebih dulu, ternyata buat bikin dalgona coffee ini lebih bagus pake air dingin ya. Saya kelewatan nih videonya dr. Ray.

    BalasHapus
  20. Wah begini ternyata cerita asal mula dalgona Cafe ini. Ckckck Nah, baru tahu kalau awalnya dari Jung Il Woo. Jadi pengen bikin juga Tapi sayangnya perut lagi nggak bisa kompromi dengan segala macam bentuk kopi hiks

    BalasHapus
  21. iyaa kemarin juga ada yang posting pakai air dingin lebih cepet jadi foam daripada pakai air panas haha, jadi banyak cara sekarang nih buat bikin dalgona. saya masih belum sempet bikin. karena viral kopi nescafe dimana-mana habis wkwkwk

    BalasHapus
  22. Oh,jadi istilah dalgona itu tercetus dari aktor Korea ya,Mbak. Saya baru tau banget hehehe...
    BTW, penjelasan ilmiahnya sangat informatif,Mbak. Makasih yaa

    BalasHapus
  23. Dalgona Coffee yg viral nih. Aku dh coba bikin sukses juga. Hmmm rasanya nikmat bnget. Mksh infonya ttg dalgona coffee yaa...

    BalasHapus
  24. Oalah bintang Korea ya yang memulai, pantesan viral ya. Saya terniat nyari asal usulnya belum sempet padahal. Eh dah nemu di sini. Makasih infonya Mbak.

    Saya belum sempwt bikin deh.

    BalasHapus
  25. Aku nyoba empat kali gak berhasil padahal pakai mixer sampai 10 menit.... Eh bosan dan kesal, nyoba lagi kental tapi tenggelam hahaha... Itu kenapa bisa tenggelam ya sista... Kepo dengan penelitian viral kopi ini

    BalasHapus
  26. Ada penjelasan saintifik juga soal bagaimana foam dalgona coffee bisa terbentuk, memang hampir semua hal di kehidupan kita bisa dijelaskan secara ilmiah ya Mbak

    BalasHapus
  27. Wah saya jadi tahu nih sejarah kopi Dalgona. kirain memang sudah dari asalna namanya dalgona. kalau saya awalnya tahu dari Twitter. pas dicoba Ternyata enak jadi sering ada deh bikinnya.

    BalasHapus
  28. aku BeHangat.Com belum pernah coba buat dalgona coffee karena gak tau caranya, tapi kapan -kapan tidak ada salahnya untuk ku coba.

    BalasHapus
  29. Baru tau ternyata yang bikin dalgona populer itu oppa tamvaan
    Tp sampe sekarang belum nyoba bkin dalgona hihihi

    BalasHapus
  30. lagi viral nih membuat dalgona dengan rasa aman dan nyaman pasti gak hanya coffe aja yg bisa di bikin jadi dalgona

    BalasHapus