Persiapan Menyambut Era New Normal bersama Halodoc

Senin, Juni 22, 2020


Pandemi Covid-19 belum juga berakhir. Hingga hari ini (21 Juni 2020), kasus positif di Indonesia mencapai 45.891 kasus, 18.404 sembuh, dan 2.465 meninggal (Sumber: Gugus Tugas Covid-19 Nasional). Meski kurva covid-19 di Indonesia belum melandai, namun mau  tidak mau kita harus bersiap untuk menyambut kenormalan baru atau New Normal. Apa saja yang wajib dipersiapkan?


      1.       Mental
Bagi saya, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah mental. Bagaimana saya sekeluarga harus menguatkan mental kami menghadapi kegiatan sehari-hari yang mulai dinormalkan kembali.

Seperti suami saya, sejak Maret lalu, ia menjalani work from home. Semua meeting dan pekerjaan dilaksanakan di rumah. Namun, setelah adanya kebijakan New Normal, akhirnya suami sudah mulai work from office sejak awal Juni. Hanya 2 kali seminggu sesuai jadwal dari kantornya.

Meskipun hanya berkantor 2 kali seminggu, saya dan suami tetap harus mempersiapkan mental. Kami berusaha selalu berpikir positif agar kami tidak terlalu parno atau ketakutan dan tentunya terus mewaspadai berita-berita hoax covid-19 menghadapi kenormalan baru ini. 
      
      2.     Kesehatan Fisik
Kondisi lingkungan yang serba tak menentu membuat kita harus pandai menjaga diri saat di luar rumah, salah satunya dengan lebih memperhatikan kesehatan fisik. Olahraga, perbanyak minum air putih, serta konsumsi vitamin.
       
      3.      Masker
Selama 3 bulan terakhir, kami sekeluarga memang lebih banyak di rumah saja, selain karena mematuhi anjuran dari pemerintah, juga karena kami ingin berjuang mengurangi penularan.

Jika sebelumnya persediaan masker kami hanya sedikit karena memang jarang keluar rumah. Untuk menyambut kenormalan baru ini, kami mulai menambah jumlah masker.

Meskipun menggunakan masker kain yang bisa dicuci ulang, namun, penggunaannya tetap maksimal selama 4 jam, dan setelah itu wajib ganti. Oleh sebab itu harus menyiapkan jumlah masker kain lebih banyak.
       
      4.    Hand Sanitizer dan Tisu
Selama 3 bulan terakhir lebih banyak berada di rumah, sehingga untuk cuci tangan, kami lebih sering menggunakan sabun. Namun, karena adanya kenormalan baru, suami juga harus menempuh perjalanan ke kantor dan bertemu banyak orang, saya pun membekalinya dengan hand sanitizer serta tisu.
      
      5.     Perlengkapan Pribadi
Adanya kebijakan New Normal ini, saya dan suami lebih aware dengan penggunaan perlengkapan pribadi saat berada di luar rumah. Selain membawa botol minum sendiri, kami juga membawa perlengkapan shalat sendiri saat berada di luar rumah.

Hal ini kami lakukan karena untuk menghindari penggunaan perlengkapan bersama, misalnya saat berada di kantor atau berada di tempat ibadah.
       
      6.    Rapid Test dan PCR Test
Menyambut era new normal ini, beberapa aturan terkait transportasi, para calon penumpang kereta api dan pesawat diharuskan untuk menjalani rapid test dan PCR Test terlebih dahulu. Termasuk bagi orang yang ingin keluar dan masuk wilayah Ibukota Jakarta.

Banyak yang masih bingung bagaimana prosedur rapid test dan PCR test ini. Namun, sekarang tak perlu khawatir, karena kita bisa mendaftar dan mengatur jadwal tes covid-19 lewat aplikasi dan website halodoc.  Ada dua macam jenis tes yang bisa dipilih, yaitu Rapid Test dan PCR Test (Polymerase Chain Reaction).

Apa sih bedanya Rapid Test dan PCR Test ini? Untuk Rapid Test sebenarnya bukan tes untuk menentukan apakah seseorang terkena Covid-19 ataukah tidak. Hal ini karena Rapid Test hanya pendeteksi antibodi IgM dan IgG yang muncul dalam tubuh saat terpapar virus Corona.

Sedangkan PCR Test adalah untuk pemeriksaan yang lebih akurat apakah seseorang positif terjangkit covid-19 ataukah  tidak.  Langkah pertama yang dilakukan dalam PCR Test ini adalah pengambilan sampel dahak dengan cara swab.

PCR Test dan Rapid Test bisa dijadwalkan lewat halodoc
Kelebihan Pendaftaran Tes Covid-19 lewat Halodoc (Dokumentasi Halodoc)

Dengan adanya fitur baru Test Covid di aplikasi dan website halodoc.com ini, kita bisa mendaftar Rapid Test dan PCR Test dengan memilih Rumah Sakit terdekat dari tempat tinggal kita. Pastinya lebih cepat, aman, dan tentunya sesuai protokol kesehatan. 

Posting Komentar