Tips Keuangan Keluarga Anak 1 yang Mudah dan Sederhana

Kamis, September 17, 2020

Dalam kehidupan berumah tangga bila sudah memiliki anak pastinya kebutuhan juga akan semakin banyak dan bertambah. Sebagai contohnya adalah kebutuhan untuk makan anak, susu, kebutuhan pendidikan sampai dengan kebutuhan sandang dan kesehatan anak. Dan setiap orang tua tentunya ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Tidak ada orang tua yang ingin masa depan anaknya terancam, maka dari itu, tidak heran bila sebagai orang tua kita haru memiliki tips keuangan keluarga yang baik supaya bisa digunakan sebagai jaminan masa depan anak.

Perencanaan Keuangan Keluarga

Keluarga dengan basic yang dari awalnya sudah kaya, gaji dan sumber pemasukan banyak memang tidak perlu untuk memiliki tips-tips dan cara mengatur keuangan yang terlalu ribet dan rinci mengingat kembali bahwa untuk mendapatkan uang bagi mereka adalah hal yang sangat mudah. 

Tetapi kondisi semacam ini tentunya akan sangat jauh berbeda bila kebetulan Anda dan pasangan adalah keluarga yang biasa saja dan memiliki satu anak. kebutuhan semakin banyak dan PR Anda adalah bagaimana caranya masa depan anak Anda tetap terjamin. Maka dari itu, berikut ini adalah cara mengatur keuangan keluarga anak 1 yang mudah dan tidak ribet:

      ·     Belanja seminggu sekali

Untuk membantu menghemat pengeluaran setiap bulan, langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara belanja kebutuhan sehari-hari Anda dengan jangka waktu seminggu sekali. Anda cukupi semua kebutuhan untuk makan keluarga setiap seminggu sekali.

Beli semua bahan-bahan yang Anda butuhkan di pasar tradisional yang nantinya juga akan sangat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran. Karena harga barang-barang dan bahan untuk kebutuhan sehari-hari di pasar tradisional pasti lebih murah.

      ·         Prioritaskan anak

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara memprioritaskan anak. dan cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menerapkan hidup hemat serta menabung setiap saat. 

Ajarkan pola hidup hemat kepada anak-anak Anda. Dengan begitu nanti suatu saat jika mereka sudah dewasa kelak apa yang Anda ajarkan tersebut akan sangat berguna bagi kehidupannya kelak.

Tips keuangan keluarga seperti yang disebutkan di atas memang sangat sederhana. Sebenarnya masih ada banyak sekali langkah-langkah yang bisa Anda ambil untuk mengatur keuangan keluarga Anda dan masa depan anak Anda tetap terjamin serta kehidupan perekonomian keluarga bisa tetap terjaga. Bila ekonomi dalam sebuah keluarga terjamin dalam artian seimbang maka keluarga juga bisa lebih harmonis.

Meski memang tidak menutup kemungkinan bahwa yang namanya uang dalam sebuah keluarga jika tidak bisa lancar pemasukannya maka yang ada di dalam kehidupan berumah tangga juga akan susah dan yang pasti pertengkaran juga tidak bisa dihindarkan. Dengan kondisi seperti ini nanti juga akan sangat berpengaruh pada mental anak Anda. (*)

Posting Komentar