Ingin Penjualan Makanan Lewat Media Sosial Lebih Maksimal? Perhatikan Tips dari William Gozali Ini.

Jumat, Oktober 02, 2020

Media sosial menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan di era 4.0 sekarang ini. Segala macam hal kini selalu dikaitkan dengan media sosial. Apalagi kemudahan penggunaannya menjadikan banyak orang gandrung bahkan candu dengan media sosial.

Para pengguna media sosial sendiri terdiri dari berbagai macam latar belakang, sehingga kebutuhan mereka menggunakan media sosial pun beragam. Ada yang digunakan sebagai tempat curhat, tempat berbagi informasi, tempat belajar, atau bisa juga menjadi tempat berjualan. 

Tak bisa dipungkiri, para penjual online terus bertebaran dan semakin banyak di media sosial. Mereka berebut tempat dan perhatian para pengguna media sosial, ada yang menggunakan cara soft selling, namun tak sedikit yang menggunakan cara hard selling. 

Cara berjualan di media sosial saat ini memang menjadi primadona, selain karena gratis, tidak perlu sewa toko untuk membuka lapak, juga karena media sosial bisa menjangkau lebih banyak orang di berbagai tempat. 

Namun, apakah penjualan di media sosial pasti laris dan banyak pembelinya? Tentu tidak, semuanya butuh usaha dan langkah cerdas untuk pemaksimalannya.

Makin Menjual Lewat Media Sosial

Nah, melihat banyaknya penjual online yang punya semangat besar namun masih kebingungan untuk optimasi dalam penjualan lewat media sosial. Rabu, 30 September 2020 lalu, Home Credit menyelenggarakan Fun Talk #AyoMajuBersama dengan topik ‘Makin Menjual Lewat Media Sosial’ bersama William Gozali (WillGoz) di Live IG @homecreditid.

Fun Talk yang dipandu oleh Bernard ini mengupas beragam hal tentang penjualan di media sosial, seperti yang dijelaskan oleh WillGoz, bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasarkan produk di media sosial. Apa sajakah itu?

1. Memaksimalkan Produk

Sebelum memulai promosi di media sosial, kita harus memaksimalkan produk yang akan kita jual. Misalnya saja seperti makanan, maka rasa, komposisi, dan segala bahan produksinya harus oke, sehingga ketika dipasarkan akan semakin mudah. 

Oleh sebab itu, mulai maksimalkan produknya terlebih dahulu, apabila sudah yakin bahwa produk yang akan dijual oke, barulah  kemudian bisa melangkah maju untuk memasarkan produk tersebut.

2. Marketing yang Efisien 

Lakukan marketing yang efisien, pelajari terlebih dahulu target konsumen seperti apa yang kita bidik, agar marketing barang yang dijual bisa tepat sasaran sehingga tidak boros tenaga juga materi

3. Inovasi

Ada banyak penjual yang menjual barang yang sama di media sosial. Oleh karena itu, sangat penting adanya inovasi. Apalagi yang bergerak di bidang kuliner, maka makanan yang dijual harus berbeda dari yang lainnya, entah itu tampilan, komposisi, atau rasa. 

Memilih Media Sosial dan Iklan Berbayar yang Tepat 

Ada banyak media sosial yang bisa digunakan sebagai sarana promosi, sekarang ini instagram, facebook, twitter, bahkan tik tok pun bisa menjadi tempat jualan. 

Tak ada salahnya melakukan promosi di semua media sosial, namun menurut Chef WillGoz, sebelum memilih media sosial mana yang akan dijadikan sarana promosi, sebaiknya pelajari dulu analythicnya, baru kemudian pilih beberapa cara beriklan. 

Selain memperkuat konten foto dan caption, bisa juga menggunakan iklan berbayar seperti yang disediakan oleh platform media sosial. Apa saja iklan berbayar yang bisa dijadikan pilihan? 

1. Facebook Ads

Facebook ads juga salah satu fiitur yang ditawarkan facebook untuk beriklan penggunanya dengan jangkauan yang bisa diatur oleh pemasangnya. 

2. Instagram Ads

Seperti halnya facebook ads, Instagram Ads adalah salah satu cara beriklan berbayar di instagram untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan tertarget. 

Dengan penggunaan instagram ads dan facebook ads ini, maka konten penjualan yang ingin diiklankan akan muncul di beranda pengguna lain sesuai dengan analythicnya. Lalu manakah yang lebih menguntungkan penggunaannya? 

Sebenarnya semua hasilnya berbeda-beda, namun bagi Chef WillGoz sendiri, ia lebih memilih untuk menggunakan instagram ads karena menurutnya lebih worth it. 

3. Endorse, KOL, dan Influencer

Selain menggunakan fitur yang ditawarkan oleh media sosial, saat ini pelaku usaha juga bisa beriklan dengan jasa endorse, KOL, atau influencer. Untuk pemilihan KOL dan influencer sendiri juga harus selektif dan jangan asal pilih. 

Selain cocok feenya, baik track recordnya, juga pilih latar belakang KOL atau influencer yang sesuai dengan barang yang akan diiklankan. Menurut Chef WillGoz sendiri, lebih baik menggunakan KOL atau influencer dengan niche lifestyle (bisa beriklan dengan beragam produk). 

Maksimalkan Tools atau Peralatan untuk Beriklan di Media Sosial

Untuk beriklan di media sosial, selain caption yang bagus, tentunya dibutuhkan foto-foto produk yang oke punya. Lalu, apakah harus menggunakan kamera DSLR untuk pengambilan foto produknya? 

Menurut Chef WillGoz, kita bisa memaksimalkan penggunaan smartphone. Dengan pencahayaan yang baik dengan natural light, kemudian tata letak yang apik, dan apabila dibutuhkan bisa menggunakan editing beberapa aplikasi, maka tampilan konten produk kita bisa maksimal. 

Pentingnya Packaging dan Branding

Selain beberapa hal di atas, packaging dan branding juga sangat penting untuk diperhatikan, apalagi jika yang dijual adalah makanan. 

Rasa makanan yang enak kemudian didukung packaging dan branding yang oke, tentunya akan membuat penjualan semakin maksimal. 

Apalagi bagi yang melakukan pengiriman makanan, tentunya perlu dicoba apalagi dalam kondisi packaging, makanan tersebut bisa bertahan berapa lamakah? Misalnya untuk frozen food, caranya bisa disimpan beberapa hari lalu dikonsumsi, apabila aman tentunya sudah layak jual. 

Nah, itu dia ulasan dari Chef William Gozali dalam acara Fun Talk with Home Credit, menarik dan bermanfaat banget kan? Dalam acara ini peserta Live IG juga bisa mengajukan pertanyaan dan bagi yang pertanyaannya dibacakan akan mendapat hadiah. 

Keseruannya tak berhenti sampai di situ saja lho, di akhir acara, ada kuis yang akan diambil beberapa pemenang dengan jawaban yang benar, dan tentunya akan mendapatkan hadiah. Seru banget, kan? 

Acara IG Live Fun Talk ini akan hadir rutin di Instagram @homecreditid. Jadi, kalau kamu mau dapat ilmu dan dapat hadiah, jangan lupa follow instagram @homecreditid biar nggak ketinggalan informasi Fun Talk wih Home Credit selanjutnya, ya. (*) 


21 komentar

  1. Makasih Cha infonya, bermanfaat banget nih. Aku sendiri lagi nyari packaging yang menarik.

    BalasHapus
  2. Packaging memang daya tarik pertama sih. Coba engga dikemas dan didesain yg bagus, kan kesannya engga bermutu, walaupun rasanya enak. Jozz banget nih tipsnya Chef William. Trims artikelnya...

    BalasHapus
  3. Ulas lebih detail tentang packaging donk kak. Soalnya buat aku yang agak susah caea packaging kak. Apa lagi buat makanan berkuah

    BalasHapus
  4. Iya nih, makin marak aja jualan kuliner secara online, bikin lapar mata (lapar perut juga lihat tampilan makanannya).

    Tipsnya mantap ya, jika diaplikasikan pastinya bisa nambah minta konsumen untuk membeli produknya

    BalasHapus
  5. MasyaAllah bermanfaat banget ya, tampilan foto produk yang menarik bisa mewakili daya beli masyarakat. Apalagi didukung dg kualitas rasa dan packaging:)

    BalasHapus
  6. Bener tips dari Chef Wilgoz, marketing yg efisien ya, noted. Jadi inget temenku yg baru jualan brownies di FB blm beli iklan bersponsor di FB aja dagangannya udah laris manis, mungkin karena dia memaksimalkan di produknya dl ya

    BalasHapus
  7. Saya salut sama yang bisa memaksimalkan kekuatan media untuk produknya.
    Saya sendiri bantu usaha sepupu, tapi tampaknya kami harus belajar banyak.
    Dengan baca artikel ini, saya jadi menyadari banyak banget yang harus diperbaiki.

    Makasih kak Icha.

    BalasHapus
  8. Medsos itu memang paling efektif deh buat jualan
    Asal dikemas dengan kreatif, dijamin laris manis
    Manfaatin kemampuan motret dan bikin narasi yang menarik

    BalasHapus
  9. Tips2nya sepertinya enggak cuma bisa diterapkan untuk produk makanan, ya. Tapi aku masih penasaran sama itung2an biayanya, sih.

    BalasHapus
  10. Aku beberapa kali baca ulasan acara homecredit sama chef WilGoz ini. Sepertinya aku nyesel kenapa kemarin melewatkannya. Membaca tulisan teman2 ini seperti related banget sama aku sekarang yang lagi belajar usaha. Banyak poin yang bener insight baru dan membantu buat strategi ke depannya

    BalasHapus
  11. Keren banget emang materinya Cheff Wilgoz nihh aku kemarin juga sempat ikutan. Banyak ilmu yang bisa didapat dari beliau, aihh keren lah pokoknya

    BalasHapus
  12. Packaging dalam produk mamin alias makanan dan minuman emang penting banget ya kak. Di Malang ini beberapa minggu lalu ada juga pelatihan dari dinas untuk pelaku umkm terhadap desain kemasan. Cocok juga sama ilmunya Willliam Gozali ya

    BalasHapus
  13. Bener juga, penjual di medsos beragam, kayanya inovasi itu yang penting dan utama ya. Biar nampak menonjol diantara merk lainnya

    BalasHapus
  14. untung banget banyak tips semacam ini yang bisa kita cari di internet
    jadi kalau mau bikin usaha baru, nggak usah repot dan bingung
    karena tekhnologi udah makin canggih

    makasih tipsnya ya mbak

    BalasHapus
  15. Setuju sih. Bukan hanya usaha kuliner sebenarnya yang membutuhkan inovasi. Usaha lainnya juga. Cuma usaha kuliner effortnya lebih gedhe. Pan makanan kalau itu-itu saja bisa bikin bosen. Belum lagi selera orang satu dengan yang lainnya juga nggak sama.

    Mantep deh tipsnya.

    BalasHapus
  16. hmm bagus nih chef Wilgoz penyampaiannya. Inovasi mmg dibutuhkan di mana-mana, setuju banget.. terutama bagian usaha kuliner karena digital customer lihat dari kemasan duluan baru rasa.

    BalasHapus
  17. Mbaaa.. tau ada ginian dari mana si? haha aq kepo mau ikut tapi ga tau infonya dari mana ada live bginian...

    BalasHapus
  18. Wah ini acara live yg menarik dan bermanfaat ya, bikin usaha makin lancar

    BalasHapus
  19. Aku setuju banget sama pentingnya packaging.
    Zaman skrg orang-orang nggak cuma beli produk, tapi beli kemasan.
    Makin keren kemasan, makin puas konsumennya meski harganya mahal.

    BalasHapus
  20. Beruntung ya kak bisa ikut webinar dan sharing ke kami. Memang ilmu dulu seblum action lebih penting. aku dari lama pengen binis kuliner ala ala skala kecil.

    BalasHapus
  21. Saya sampai sekarang belum pernah mencoba facebook ads ini. Karena memang belum tau cara menggunakannya...

    BalasHapus