Kim Seon Ho, Ketika Cinta dan Kecewa datang di Saat Bersamaan

Rabu, Oktober 20, 2021

Beberapa hari terakhir, nama Kim Seon Ho mencuat di halaman trending twitter. Setelah kesuksesan Homtown Cha Cha Cha, saya berharap trending yang muncul berkaitan dengan perannya sebagai Hong Banjang di drama tersebut. 

Tapi ternyata, seperti mimpi buruk yang tiba-tiba datang, muncul kabar tentang seorang anonym berinisial A, yang menyebut bahwa ada aktor berinisial K yang merupakan mantan pacarnya telah menyuruhnya aborsi. Semua laman berita langsung merujuk ke sosok Kim Seon Ho.

Kim Seon Ho

Selama beberapa hari, Seonhohada (penggemar Kim Seon Ho)-termasuk saya dibuat kelimpungan. Makan tak enak, tidur tak nyenyak, seperti menanti klarifikasi pacar yang lagi LDR kemudian dikabarkan selingkuh sama perempuan lain. Setiap ada waktu, selalu refresh timeline twitter dan IG untuk mengetahui kabar terbaru tentang Kim Seon Ho. 

Namun, selama dua hari masih senyap, SALT sebagai manajemen Kim Seon Ho juga mengeluarkan pernyataan yang meminta para penggemar untuk menunggu. Hingga kemudian, hari ini (20 Oktober 2021), Kim Seon Ho memberikan pernyataan bahwa rumor tentang dirinya memang benar adanya. Sad!

Mengenal Kim Seon Ho

Kalo dipikir-pikir, rasanya baru kali ini, saya mengikuti perjalanan karir bintang drama korea. Biasanya setelah drama tamat, ya sudah selesai. Tapi enggak untuk Kim Seon Ho. 

Saya pertama mengenal Kim Seon Ho sejak ia membintangi drama‘Catch The Ghost (2019), jujur saya nggak nonton Waikiki 2 meskipun ada Seon Ho karena katanya nggak selucu Waikiki 1. Hingga kemudian saya makin kepincut dengan Kim Seon Ho setelah ia memerankan karakter sad boy Han Ji Pyeong di drama Start Up (2020).

Rasa suka saya pada Kim Seon Ho semakin tinggi karena aktingnya yang memang bagus, ia mengawali karirnya dari nol, dimulai dari panggung teater, kemudian peran-peran kecil, hingga akhirnya ia bisa menjadi bintang seperti sekarang. Kepiawaiannya di panggung teater inilah yang membuat aktingnya terasah, peran konyol, sad boy, serius, semua bisa diperankannya dengan baik.  

Setelah Start Up selesai, dan Kim Seon Ho belum memulai drama baru. Saya mulai marathon reality show IlbakIl (2 Days 1 Night) season 4, dimana Kim Seon Ho baru bergabung sejak akhir 2019. 

2D1N Season 4

2 Days 1 Night membuat saya melihat sisi lain dari Kim Seon Ho, bahwa ternyata dia bisa bersikap konyol. Di reality show ini dia juga bersikap manis, sopan, sehingga disayangi anggota lainnya. Saya nggak bisa bayangin sih, gimana hancurnya hati Ravi, Dindin, Kim Jong Min, Moon Se Yoon dan Yoon Jong Hoon, juga tentunya PDnim Bang Geul Yi karena adanya skandal ini. 

Gara-gara sosok Kim Seon Ho di 2 Days 1 Night ini bikin acara ini jadi moodbooster saya setiap hari. Saya, seorang ibu rumah tangga yang setiap hari harus di rumah, mengerjakan pekerjaan rumah, akhirnya bisa tertawa gara-gara tingkah keenam anggota 2D1N season 4 ini. 

Makanya setelah terkuaknya skandal Kim Seon Ho ini, saya nggak tau lagi, apakah akan sama rasanya saat menonton 2D1N ke depannya, apalagi Kim Seon Ho sudah resmi mundur dari acara ini dan Ravi akan segera pergi wamil. Padahal, di salah satu episode, Kim Seon Ho pernah berjanji akan menjadi member paling lama yang akan bertahan di acara ini, tapi kenyataannya, Why? Why? 

Kim Seon Ho dengan Peran Si Anak Baik

Panggilan si anak baik atau good boy, berawal dari panggilan halmeoni pada Han Ji Pyeong. Peran sebagai good boy sekaligus sad boy yang dekat sama nenek-nenek kembali berlanjut di drama Hometown Cha Cha Cha saat dia berperan sebagai Hong Du Shik yang dekat dengan Nenek Gam Ri. 

Hong Du Shik dan Nenek Gam Ri

Sikapnya sebagai anak baik memang lekat banget dengan diri Kim Seon Ho, termasuk juga di reality show, jadi kebenaran skandal ini tentunya membuat banyak orang terpukul. Jadi, sikapnya selama ini memang pencitraan ataukah dia memang punya dua sisi sikap? I dont know

Pernyataan Kim Seon Ho memang jadi petir menggelegar yang mengagetkan semua pihak. Sosok yang murah senyum, sopan, ternyata memiliki skandal yang tidak main-main. Ah, sedih saya. 

Cancel Culture dan Kekecewaan yang Datang

Korea Selatan terkenal dengan cancel culture, dimana artis yang terlibat skandal akan langsung redup dan tidak akan diterima publik. Lalu bagaimana nasib Kim Seon Ho ke depannya?

Kim Seon Ho memang bersalah, dan hal itu tak bisa dipungkiri. Kita tak perlu membela kesalahannya itu, dan Kim Seon Ho harus bertanggung jawab untuk semua perbuatannya pada mantan pacarnya. 

Terima kasih untuk mbak A yang berani untuk speak up, saya tahu, menyimpan luka sendirian pastinya berat. Apalagi orang yang sudah menyakitimu selalu dibanggakan dan dipuja banyak orang. Semoga ke depannya kamu baik-baik saja dan bisa hidup bahagia. 

Rasa kecewa saya (atau kita) bisa jadi karena kita terlalu berekspektasi tinggi pada sosok Kim Seon Ho yang kita lihat di layar. Kita nggak pernah benar-benar tahu kehidupan bintang yang kita sayang. 

Kim Seon Ho - Hometown Cha Cha Cha

Meski begitu, terima kasih untuk Kim Seon Ho karena sudah berakting dengan baik di semua drama yang kamu bintangi sehingga bisa memberikan kebahagiaan untuk banyak orang. Semoga kamu bisa menyadari semua kesalahanmu dan bisa menjadi orang yang lebih baik ke depannya. 

Untuk semua anggota PERSIK (Persatuan Istri-istri Hong Du Shik), mari kita berpelukan. Hapus air mata secepatnya, dan mari jalani hidup kita selanjutnya dengan sebaik-baiknya. (*)


2 komentar

  1. Aku aja shock banget Mbak huhuu baru pertama kali ngerasain suka sama Idola eeh potek langsung gini karena memang kesalahannya fatal :(

    BalasHapus
  2. Baru tau namanya. Setiap disebut-sebut di grup WA atau sosmed lainnya gak pernah baca dengan seksama. Mesti tak lewati pas baca namanya. Dan gak pernah liat aktingnya. Untung ya gak nge fans, so, gak kecewa😄

    BalasHapus