Semangat Hebat BRI untuk Pemberdayaan UMKM di Era Digital

Kamis, November 30, 2023

UMKM merupakan tulang punggung untuk perekonomian Indonesia. Sebutan ini tentunya bukan hanya isapan jempol belaka. UMKM memiliki tren positif dan berdampak baik untuk perekonomian Indonesia. 

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, kontribusi UMKM terhadap PDB Nasional sangatlah besar, yaitu sebesar 60,5%. Selain itu, adanya UMKM juga menjadi penyelamat di tengah maraknya PHK di Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2019, terdapat 65,4 juta UMKM yang mampu menyerap 123,3 ribu tenaga kerja. 

Tak hanya itu saja, UMKM juga bisa menjadi penyelamat ekonomi dari resesi ekonomi global asalkan bisa memperoleh pembiayaan murah. Hal ini diungkapkan oleh Bhima Yudhistira, Director Center of Economic and Law Studies. Oleh sebab itu, UMKM membutuhkan dukungan berupa program pembiayaan dengan suku bunga rendah dari pemerintah, termasuk perusahaan BUMN. 

Kenapa BUMN? Karena BUMN adalah salah satu lokomotif untuk perekonomian Indonesia yang mampu menarik dan menggerakkan gerbong-gerbong perekonomian, salah satunya dengan memberdayakan UMKM Indonesia. 


Berbicara tentang BUMN dan UMKM, tentunya pikiran kita akan langsung tertuju pada peran PT Bank Rakyat Indonesia (Persero). Sebuah perjalanan panjang selama 128 tahun, BRI terus setia mendampingi dan memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia dengan jaringan Bank terluas dan terbanyak hingga ke pelosok desa. Maka tidaklah heran jika sebutan Pahlawan UMKM pantas disematkan untuk BRI.  

Jaringan BRI yang luas hingga tingkat desa membuat BRI menjadi bank paling unggul di sektor mikro. Peran BRI yang mampu menjangkau nasabah hingga segmen mikro serta ultra mikro menjadi kunci utama meningkatnya inklusi keuangan. 

Inklusi keuangan merupakan kondisi di mana setiap anggota masyarakat memiliki kemudahan untuk mengakses layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, aman serta biaya yang terjangkau dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Ketika inklusi keuangan tercapai, diharapkan pertumbuhan ekonomi juga meningkat beriringan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat.  

BRI untuk Indonesia

Berbicara tentang Kredit Usaha Rakyat (KUR), maka yang terngiang tentunya adalah nama Bank Rakyat Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa keberadaan BRI untuk Indonesia sudah menjadi bagian dari berkembangnya usaha rakyat di seluruh Indonesia. Hal ini dibuktikan dari data hingga Maret tahun 2022, BRI telah berhasil menyalurkan kredit usaha rakyat mencapai Rp 66,9 trilyun dengan 1,8 juta nasabah.

Untuk program kredit usaha. BRI memiliki beberapa jenis kredit yang bisa dipilih oleh masyarakat.


1. Kredit Micro 

a. KUR Mikro Bank BRI

Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafond hingga Rp 50 juta/debitur. 

b. KUR Kecil Bank BRI

Kredit Modal Kerja dan atau investasi untuk debitur yang mempunyai usaha produktif serta layak dengan plafond > 50 juta hingga 500 juta rupiah/debitur.  

c. KUR TKI Bank BRI

KUR TKI Bank BRI diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan dengan plafond hingga Rp 25 juta.

d. KUPEDES 

KUPEDES merupakan kredit dengan bunga bersaing untuk semua sektor ekonomi, meliputi perdagangan, pertanian, peindustrian, maupun jasa lain. Ditujukan untuk individual, baik itu badan usaha maupun perorangan yang memenuhi syarat. Agunan tidak harus bersertifikat dan angsuran sesuai kebutuhan (bulanan/musiman/dll). Kredit jenis ini dilayani di seluruh BRI Unit serta Teras BRI. 

2. Kredit Kecil & Menengah

a. Kredit Modal Kerja

Fasilitas kredit yang diperuntukkan untuk pembiayaan operasional usaha, termasuk kebutuhan untuk pengadaan bahan baku, proses produksi, piutang, serta persediaan. Kredit jenis ini memiliki proses cepat dan mudah, suku bunga bersaing, serta perencanaan keuangan usaha dengan relationship manager yang handal. 

b. Kredit Investasi

Kredit investasi diperuntukkan untuk biaya operasional usaha. Permohonan kredit bisa diajukan di kantor cabang BRI dan kantor cabang pembantu BRI di seluruh Indonesia. Batas kredit mulai dari 100 juta hingga 40 Milyar rupiah. Kredit bisa diambil dalam mata uang rupiah maupun valuta asing. 

3. Pinjaman Program

a. Kredit Pangan

Kredit pangan merupakan kredit investasi atau modal kerja komersial khusus bidang pangan yang diberikan untuk mendukung kedaulatan pangan serta kemaritiman. Total kredit maksimal 1 Milyar. 

b. Resi Gudang

Kredit ini merupakan kredit dengan jaminan resi gudang yang diperuntukkan untuk petani, gapoktan, kelompok tani, serta koperasi. Jangka maksimum yang bisa diambil adalah 6 tahun dengan plafond 70% dari nilai resi gudang, serta memiliki bunga efektif 6%/tahun. 

Digitalisasi BRI dan Perjalanan BRI Memberdayakan UMKM

BRI yang memiliki jaringan bank terluas di Indonesia tentunya menjadi salah satu modal yang bisa mendorong kemajuan ekonomi lewat UMKM. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan akses layanan yang mudah dijangkau oleh masyarakat, di mana saja dan kapan saja. 

Digitalisasi BRI menjadi salah satu jawaban untuk mengembangkan digital ekosistem serta membentuk sumber pertumbuhan baru. Perjalanan BRI dalam pemberdayaan UMKM terus dilakukan dengan munculnya inisiatif-inisiatif baru serta beragam upaya yang bisa menjadi kawah candradimuka pelaku UMKM agar pangsa pasarnya semakin luas. 

Beberapa program yang berkaitan erat dengan digitalisasi BRI dan UMKM ini adalah LinkUMKM dan BRIncubator. 

Mengenal Lebih Dekat LinkUMKM 

LinkUMKM merupakan platform baru yang diluncurkan pada acara BRI Microfinancial Outlook 2021 pada Rabu, 28 April 2021. Platform ini diciptakan untuk mendorong pelaku usaha mikro, kecil, serta menengah (UMKM) agar bisa naik kelas.  

LinkUMKM dapat diakses secara daring melalui website https://linkumkm.id/  atau aplikasi. LinkUMKM ini bisa digunakan para pelaku UMKM untuk meningkatkan keahlian. Apa saja yang tersedia di LinkUMKM?

a. Modul Pelatihan

Di LinkUMKM tersedia ratusan modul pelatihan UMKM yang bisa membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan kualitas UMKM yang dimiliki. Tersedia lebih dari 500 modul atau materi yang mana hingga saat ini sudah digunakan lebih dari 3 juta user pengguna.  

Modul Pelatihan di LinkUMKM

b. Self Assesment Naik Kelas

Bingung dengan level usaha yang dimiliki? Pelaku UMKM bisa mengenal level usaha lewat assessment yang ada di halaman LinkUMKM. 

Selain dapat membantu untuk mengetahui kategori kelas usaha, self assessment juga bisa digunakan untuk mengetahui aspek kekuatan serta kelemahan usaha. 

Para pelaku UMKM juga bisa memperoleh modul-modul rekomendasi gratis yang bisa membantu untuk mengembangkan usaha. 

Kenali Usahamu dengan Assesment Naik Kelas

Saat ini juga sedang berlangsung program ‘Semarak UMKM Naik Kelas’, yang mana bagi pemilik UMKM yang mengisi Assessment Naik Kelas periode 20 September – 31 Desember 2023 berkesempatan meraih total hadiah puluhan juta rupiah. 

c. Konsultasi Pakar/Coaching Clinic

Menjalankan bisnis akan sangat berat jika kita tidak memiliki mentor ahli di bidangnya yang bisa kita serap ilmunya. Oleh karena itu, LinkUMKM menyediakan kesempatan agar para pelaku UMKM bisa berkonsultasi dengan para mentor yang ahli. 

Salah satu mentor di LinkUMKM

LinkUMKM menyediakan puluhan mentor yang ahli di bidangnya dan bisa memandu para pelaku UMKM untuk mengembangkan diri, memperluas pengetahun bisnis, serta mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi. 

Ingin berkonsultasi dengan pakar keuangan, pakar strategi marketing, pakar digital marketing atau beragam pakar di bidang lainnya, semua bisa dilakukan lewat halaman LinkUMKM. 

d. Etalase

Pada halaman LinkUMKM juga terdapat fitur Etalase atau katalog digital yang dapat digunakan secara gratis. Di sini para pelaku UMKM dapat mempromosikan hasil produksinya secara digital. Ada beberapa pilihan kategori di ‘Etalase’ ini, yaitu Kuliner, Kerajinan/Kriya, Fashion & Aksesoris, Kesehatan & Kecantikan, Rumah & Interior.

Etalase LinkUMKM

Ada banyak manfaat dari Etalase LinkUMKM ini:

- Efisiensi pemasaran produk.

- Dilihat oleh jutaan user LinkUMKM.

- Gratis kartu anggota.

- Konsultasi gratis foto produk.

- Terhubung langsung ke nomor whatsapp bisnis.

e. Keuanganku

Ingin menghitung keuangan usaha tapi masih bingung caranya? Pelaku UMKM bisa menggunakan fitur ‘Keuanganku’ yang ada di LinkUMKM. Ada beragam pilihan yang bisa dipilih, seperti menghitung Pembelian, Penjualan, Pendapatan, Modal, hingga Laporan Arus Kas.

Halaman Keuanganku di LinkUMKM

BRIncubator, Membawa UMKM Semakin Tersohor

Selain mengembangkan platform LinkUMKM, BRI juga berupaya untuk memodernisir Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dengan mengadakan program BRIncubator. Ketika program ini dilaksanakan, UMKM akan dimonitor perkembangannya selama masa inkubasi berlangsung. 

BRIncubator adalah program yang memiliki orientasi untuk peningkatan kapasitas serta kapabilitas UMKM secara digital. BRIncubator memiliki misi 4G, yaitu Go-Modern, Go-Diigital, Go-Online, dan Go Global. Pelaksanaan program incobator bisnis ini dalam bentuk Mentoring, Pelatihan, serta Coaching. 

Salah satu daerah yang sukses menyelenggarakan BRIncubator ini adalah Jepara, di mana di tahun 2023 ini telah terselenggara BRIncubator Batch I dan BRIncubator Batch II. Acara BRIncubator Jepara sendiri dilaksanakan di RUMAH BUMN-BRI JEPARA yang terletak di BRI Cabang Jepara, Jl. Pemuda Potroyudan, Jepara Jawa Tengah. 

Pada BRIncubator Batch I, terpilih 25 UMKM yang berhak mengikuti pelatihan selama bulan April-Mei 2023. Sedangkan untuk BRIncubator Batch II terselenggara di bulan September dengan 50 UMKM terpilih yang mengikuti program pelatihan.

Mentor BRIncubator Batch II (Sumber: IG @rumahbumn.brijepara)

Selama pelatihan, peserta UMKM yang lolos kurasi menjalani pelatihan dengan beragam materi dari pakar dan pembicara profesional di bidangnya. Selain berhak mengikuti masa inkubasi dengan berbagai macam materi pelatihan, peserta terbaik di masing-masing Batch juga memiliki kesempatan menjadi UMKM terbaik BRIncubator dengan hadiah jutaan rupiah. 

Juara 2 BRIncubator Batch II (Sumber: IG @rumahbumn.brijepara)

Pada BRIncubator Batch II, Effy Retno Indarwati, owner dari Kenes Kidswear menjadi salah peserta yang lolos seleksi untuk mengikuti program BRIncubator Batch II. Kenes Kidswear merupakan UMKM yang bergerak di bidang fashion khususnya untuk ibu dan anak. 

Kenes Kidswear memproduksi baju untuk ibu dan anak dengan bahan terbaik dan tentunya style kekinian. Semua produksinya bisa didapatkan dengan mudah, tak hanya di offline storenya yang terletak di Jl. DR. Soetomo No 14 Jepara, tapi juga lewat akun instagramnya @kenes.kidswear.

“Pada mulanya, saya ingin mengikuti BRIncubator Batch I, akan tetapi, karena kesibukan di toko offline, saya tidak jadi mendaftar di Batch I hingga akhirnya ketika ada pembukaan BRIncubator Batch 2, saya tidak mau terlewat lagi dan langsung mendaftar,” jelas Effy. 

Effy juga menuturkan jika program Batch II yang ia ikuti terjadwal selama 2 minggu dengan beragam materi yang disampaikan oleh mentor profesional. “Materi yang diberikan antara lain, mindset entrepreneur, managemen operasional, managemen keuangan, perpajakan, digital marketing, legalitas usaha, branding, optimalisasi penjualan produk di e commerce, teknik foto produk dan masih banyak materi-materi lain yang tak kalah penting,” jelas Effy.

Menurut Effy, ada banyak sekali manfaat yang ia dapatkan setelah mengikuti program BRIncubator. “Saya bisa update ilmu, menambah koneksi dan networking, dan tentunya customer juga semakin bertambah.”

Saat program BRIncubator II ini, Effy juga berhasil meraih juara 2 sebagai peserta terbaik dan berhak membawa pulang hadiah senilai jutaan rupiah. “Sebenarnya bisa lolos sebagai peserta BRIncubator itu udah happy banget, ternyata dikasih bonus dapat Juara 2 sebagai peserta terbaik.”

“Untuk pemilihan peserta terbaik ini dinilai dari keaktifan peserta, absensi peserta, improvisasi produk yang dimiliki, company profile, sosial media dan beberapa aspek penilaian lainnya. Dan di sini Kenes Kidswear memiliki keunggulan karena memiliki sosial media yang selalu aktif dan update jika dibandingkan peserta lainnya,” tutur Effy.

Halaman Instagram @kenes.kidswear

Effy berharap ke depannya dukungan BRI semakin besar untuk para pelaku UMKM, khususnya dalam hal kemudahan modal dan semakin banyak event untuk para UMKM.     

Sebelumnya, di BRIncubator Batch I, Ida Mulyani, owner dari UMKM Wood_Mood juga berhasil meraih Juara 2 sebagai peserta terbaik program BRIncubator 2023 Rumah BUMN BRI Jepara. Wood_Mood sendiri merupakan UMKM yang bergerak di bidang craft dengan hasil karya hampers, gift, souvenir, wooden kitchenware, dan dekorasi yang terbuat dari kayu. Selain dipasarkan lewat instagram @wood_mood.id dan show room offline yang beralamat di Mulyoharjo II, Jepara. 

Juara 2 BRIncubator Batch I (Sumber: IG @rumahbumn.brijepara)

UMKM yang memiliki tagline Good Wood for Your Good Mood ini menyediakan beragam barang unik berbahan kayu yang bisa dijadikan souvenir di berbagai acara.

Display Wood_Mood di BRIlianpreuner 2023
(Sumber IG @wood_mood.id) 

Baru-baru ini UMKM Wood_Mood juga berhasil lolos kurasi BRIlianpreuneur 2023 dan berhak untuk menampilkan karyanya di UMKM EXPO(RT) BRIlianpreuner 2023 – Crafting Global Connection, di Jakarta Convention Center sejak tanggal 07 – 10 Desember 2023.

Owner Wood_Mood di panggung BRIlianpreneur 2023
(Sumber IG @wood_mood.id)

Nah, itu dia kisah semangat hebat BRI dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia serta cerita sukses dari beberapa pelaku UMKM yang berhasil naik kelas bersama BRI. Apakah kamu ingin menjadikan UMKM yang kamu miliki lebih maju dan mendapatkan beragam kesempatan yang lebih luas untuk memasarkan hasil produksi seperti Kenes Kidswear dan Wood_Mood?


Jangan lupa untuk mendaftarkan UMKM kamu di LinkUMKM atau program BRIncubator. Jangan lupa juga follow semua akun media sosial BRI untuk selalu update info terbaru yang berkaitan dengan UMKM. Ayo tumbuh hebat dan kuat bersama BRI. (*)


9 komentar

  1. BRI sudah 128 tahun menemani nasabahnya hingga ke pelosok desa. Sekarang semakin berkembang dengan adanya BRI Digitalisasi yang memudahkan nasabah untuk mengakses BRI dari mana saja.

    BRIncubator menjadi program andalan BRI untuk mendampingi UMKM yang ingin naik kelas. Bener2 diberi ilmu agar bisnis UMKM semakin maju dan mendapatkan banyak keuntungan.

    BalasHapus
  2. Aku baru tau klo BRI juga punya KUR TKI yang bisa bantu masyarakat yang mau bekerja di luar negeri, selama ini tahunya buat UMKM aja

    BalasHapus
  3. mantap ya BRI support UMKM, ini mungkin semacam simbiosis nutualisma ya, karena banyak pelaku bisnis lokal di daerah atau kota kecil yang butuh dukungan untuk maju dan berkembang

    BalasHapus
  4. Yups, keren banget BRI memberdayakan UMKM, bisa semakin maju nih pertumbuhan ekomi di negara kita.

    BalasHapus
  5. Artikelnya lengkap banget Mbak. Keren nih program LinkUMKM dan BRI Incubatornya. Kalau UMKM maju semoga Indonesia terwujud jadi negara maju yah...

    BalasHapus
  6. Perbankan plat merah yang selalu berkontribusi besar terhadap UMKM , dan menjadi produktif para petani sehingga berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia ya , sukses terus BRI

    BalasHapus
  7. Hebat banget BRI ini, selain sudah menjangkau lapisan masyarakat dari manapun. Salfok dan baru tahu kalo BRI juga support para TKI dengan KUR TKI gitu yaa?

    BalasHapus
  8. Senangnya jadi nasabah BRI itu bisa mengajukan kredit apalagi bagi kita pelaku UKM ya mbak. Cicilannya juga terjangkau sehingga dana bisa diputar kembali

    BalasHapus
  9. BRI memang selalu dekat di hati masyarakat. Semoga di usia barunya akan terus ada inovasi keren selanjutnya, ya, Kak.

    BalasHapus