Apakah Cuci Tangan dengan Sabun Dapat Membunuh Virus Corona?

Rabu, Maret 25, 2020


Sejak Januari 2020,  penyebaran virus corona menjadi isu hangat di berbagai negara, bahkan saking banyaknya negara yang terjangkit virus ini, WHO menetapkan corona sebagai pandemi. Tak bisa dipungkiri, banyak negara yang kewalahan menghadapi virus ini, termasuk juga Indonesia. Oleh sebab itu, sekarang masyarakat bahu membahu untuk menghadapi pandemic ini, tak hanya para pekerja kantoran namun juga para ibu rumah tangga.

Januari hingga Februari, masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa virus corona terasa begitu jauh dan akan sulit masuk ke Indonesia. Namun, ternyata di awal Maret, ditemukan pasien pertama positif corona. Hingga kemudian, setelah tiga minggu berlalu, jumah pasien positif corona meningkat drastis. 

Per 24 Maret 2020, sudah ada 686 kasus positif corona, dengan jumlah pasien yang sembuh sebanyak 30 orang, dan 55 orang meninggal dunia. Beberapa cara yang selalu dihimbau oleh banyak pihak agar terhindar dari virus corona ini adalah dengan melakukan social distancing atau jaga jarak, tidak melakukan aktifitas secara berkerumun, dan lebih sering cuci tangan menggunakan sabun.

Banyak yang bertanya benarkah cuci tangan dengan sabun dapat menghindarkan kita dari virus corona? Sebelum menjawab hal tersebut, ada baiknya kita ketahui dulu seluk beluk tentang virus corona. 

Mencuci Tangan dengan Sabun (Sumber: Pixabay)

Apa Itu Virus Corona?
Virus corona merupakan salah satu jenis virus yang menyerang manusia dan hewan. Penyebutan corona sendiri karena bentuk virusnya yang menyerupai mahkota, dan dalam bahasa latin  disebut ‘corona’.

Virus Corona
Beberapa tahun lalu, pernah muncul penyakit yang disebabkan oleh virus corona, yaitu MERS dan SARS. Sedangkan yang mulai muncul di Wuhan, China, pada akhir tahun 2019 lalu memiliki nama SARS Coronavirus 2, dan penyakit yang timbul oleh virus ini disebut Coronavirus Disease 2019 atau sering disebut COVID-19.

Penularan COVID-19
Penularan COVID-19 ini terjadi lewat droplet atau butiran cairan yang keluar dari hidung atau mulut. Tetesan ini akan menempel pada benda disekitar penderita yang bersin atau batuk. Orang yang menyentuk bagian benda yang terkena droplet ini kemudian menyentuh mata, hidung atau mulutnya bisa tertular penyakit ini. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan untuk lebih sering mencuci tangan dengan sabun.

Apakah Sabun Benar-benar Bisa Membunuh Virus?
Pasti hal ini menjadi pertanyaan kita akhir-akhir ini. Dari beragam sumber memang menyebutkan secara pasti bahwa sabun bisa membunuh virus. Lalu, kenapa sabun bisa membunuh virus? Hal ini ada kaitannya dengan anatomi virus, termasuk juga corona.

Virus corona memiliki lapisan protein dan lemak pada bagian luarnya, oleh sebab itu, virus dapat mudah menempel  di berbagai tempat, besi, plastik, permukaan kaca, termasuk juga di tangan. 

Anatomi Virus Corona
Tangan memang menjadi bagian tubuh yang paling riskan tertempel virus, hal ini karena kita melakukan segala sesuatu dengan tangan, seperti berpegangan pada tiang, bersalaman, menerima uang kembalian, dan banyak aktifitas lainnya yang menggunakan tangan.

Apabila mencuci tangan dengan air biasa, maka virus tidak akan bisa terlepas dari tangan dan akan terus menempel dan dapat menginfeksi tubuh saat kita mengusapkan tangan ke wajah, hidung, mulut, juga mata.

Lalu bagaimana agar virus tersebut lepas dari tangan? Jawabannya adalah dengan mencuci tangan dengan sabun.

Kenapa Sabun Bisa Membunuh Virus?
Sabun adalah salah satu contoh dari surfaktan, dan setiap molekul surfaktan mempunyai dua sisi yang terpisah, yaitu titik kepala hidrofilik (yang suka air) dan titik ekor hidrofobik (yang benci air), dan untuk molekul hidrofobik ini berasal dari hidrokarbon sehingga lebih tertarik dengan lemak. 

Struktur Surfaktan
Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa anatomi virus corona memiliki partikel lemak yang membungkus bagian luar tubuhnya, maka dari itu bagian hidrofobik pada surfaktan memiliki kemampuan untuk mengangkat lemak tersebut. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar berikut ini, bagaimana bagian ekor surfaktan berusaha menarik lemak dan mengangkatnya dari permukaan, sedangkan bagian kepala hidrofilik akan mengikuti air. 

Cara Surfaktan Mengangkat Virus
Saat mencuci tangan, surfaktan akan merobek selubung virus kemudian akan menyelubungi bagian lemak seperti bola-bola kecil. Pada tahap ini, semua material virus akan tercerai-berai dan virus pun akan mati.

Teknik Cuci Tangan Harus Benar
Ingat, hanya dengan teknik cuci tangan dengan cara yang benarlah, virus bisa mati. Apabila tidak mencuci tangan dengan benar, maka pembersihan virus tidak akan maksimal, dan bisa jadi masih ada virus yang tetap menempel pada tangan.

Selain mencuci tangan dengan air mengalir serta dengan teknik yang benar, sangatlah penting untuk mencuci tangan dalam jangka waktu 40-60 detik lamanya. Kita bisa melakukannya sambil menyanyi sehingga waktu 40 detik untuk cuci tangan bisa terlampaui dengan menyenangkan.   

Teknik Cuci Tangan yang Benar

Dan jangan lupa, setelah cuci tangan, jangan tutup keran air menggunakan telapak tangan, sebaiknya gunakan siku saat menutup keran air. Apabila kamu lebih banyak di rumah dan di dekat kamu ada air mengalir dan sabun, sebaiknya tetap cuci tangan dengan kedua benda tersebut dan tidak menggunakan alkohol atau hand sanitizer, gunakan hand sanitizer hanya saat tidak ada air mengalir dan sabun.

Jenis Sabun Apa yang Bisa Digunakan?
Semua jenis sabun bisa digunakan untuk mematikan virus corona, termasuk sabun batangan. Jadi kamu tidak perlu memborong hand wash liquid, karena sabun batang yang lebih murah pun efektif untuk mematikan virus corona.

Nah, itulah mengapa di saat sekarang ini kita perlu lebih sering cuci tangan menggunakan sabun, karena hal yang sering kita anggap sepele, ternyata bisa menyelamatkan kita dari pandemi covid-19 ini.

You Might Also Like

14 komentar

  1. Alhamdulillah, ternyata benar ya.. pake sabun bisa membunuh virus. Tadinya udah takut kalau nggak bener. Rupanya bisa juga.
    Aku suka gambarnya mba, jadi tau kalo bagian ekor yang mengikat si virus

    BalasHapus
  2. Bagus mom ulasannya. Yang penting kalo ga kemana2 dirumah aja biar ga ikut2an panic buying membeli hand rub dan sejenisnya. Dg dirumah aja selama 14 hari++ kita bisa lebih hemat dan memutus rantai penularan virus covid 19 ini.

    BalasHapus
  3. Cara paling gampang memang cuci tangan pakai sabun. Hanya saja mendisiplinkan diri itu yg susah ya mba.

    BalasHapus
  4. Nah, informasi seperti ini yang dibutuhkan. Harus dishare juga, nih. Biar ngga banyak yang bergantung hand sanitizer padahal masih di rumah. Dan bisa cuci tangan pakai sabun.

    BalasHapus
  5. Bagus nih, informasinya disampaikan dengan ringkas dan jelas. Thanks for sharing mom

    BalasHapus
  6. Ku lebih suka cuci tangan dng air mengalir dan sabun timbang pake hand sanitizer krna kulit sy alergi alkohol..lagian cuci tangan pakai sabun dan Ir mengalir lbh seger dan lebih bersih menurut saya hehe

    BalasHapus
  7. Wah aku baru tahu lho mengenai
    Sabun adalah salah satu contoh dari surfaktan, dan setiap molekul surfaktan mempunyai dua sisi yang terpisah, yaitu titik kepala hidrofilik (yang suka air) dan titik ekor hidrofobik (yang benci air), dan untuk molekul hidrofobik ini berasal dari hidrokarbon sehingga lebih tertarik dengan lemak. Bener-bener menarik. Selama ini cuma tau pakai aja

    BalasHapus
  8. setuju banget ini, dengan penjelasan begini semoga orang-orang jadi makin rajin ya cuci tangan, biar sadar jug bahwa cuci tangan itu penting bangeeet. makasih mba infonya.

    BalasHapus
  9. Di rumah selalu tersedia hand sanitizer sebenarnya Mbak karena suami kerjanya di lab jadi mereka membikin sendiri. Tapi saya tidak latah menggunakannya karena bagaimanapun lebih enak menggunakan sabun untuk cuci tangan selama kita dirumah

    BalasHapus
  10. Cuci tangan juga gak bs asal cuci ya Mbak Icha...mesti minimal 20 detik, pake sabun dan di bawah air mengalir ya... sip deh sharingnya Mbak

    BalasHapus
  11. Ternyata begitu cara kerja sabun membersihkan virus ya Mbak. Dan konon katanya menggunakan sabun lebih efektif daripada dengan hand sanitizer

    BalasHapus
  12. setelah baca ini aku baru tau mbak,ternyata dengan mencuci dengan sabun bisa membunuh virus, harus saya bagikan ke keluarga saya agar bisa di terapkan juga tdk hanya di baca.

    (https://behangat.com)

    BalasHapus
  13. jujur setelah ada wabah covid ini saya jadi lebih sering cuci tangan terutama setelah beraktivitas di luar rumah dan sebelum mengolah makanan. Semoga dengan usaha sering cuci tangan ini bisa menjauhkan kita dari virus tersebut.

    BalasHapus
  14. Cuci tangan termasuk kesenangan saya sejak kecil. Dikit2 cuci tangan biar bisa mainan air, tapi bukan termasuk phobia kotor gitu.Setelah dewasa, kebiasaan itu menempel kuat. Efeknya memang seperti yg dijelaskan di atas, daya tahan tubuh lebih bagus karna kebersihan terjaga.

    BalasHapus

Subscribe

google-site-verification=iT18FatzQNMgwxQGqf0Yxv4F_qxq2PfsLF947GOEmeo