Alat Rapid Test VS Cek Virus Corona Secara Online

Kamis, April 09, 2020

Saat ini ketika kita melihat pemberitaan di televisi kita sering mendengar kata alat tes corona atau rapid test untuk mengecek seseorang apakah ia terinfeksi corona ataukah tidak. Dengan alat tes ini, kita mengetahui apakah seseorang tersebut positif terinfeksi virus corona, ataukah negatif. Namun tidak semua orang mempunyai alat tes atau rapid test ini. Hanya orang-orang tertentu yang mempunyai rapid test dan biasanya negara yang mempunyai alat tes ini. Kalau kita ingin mempunyai alat tes pendeteksi virus corona, kita tidak bisa mempunyai alat ini secara gratis. Kita harus membeli dengan harga yang cukup tinggi, dan dianggap barang ilegal karena biasanya hanya pemerintah yang menyiapkan alat tes virus corona dan tidak diperjualbelikan.

Ilustrasi Tes Covid-19 (Sumber: Shutterstock)
Sebagai masyarakat, tentu kita penasaran dengan kondisi tubuh kita sendiri. Apakah sebenarnya kita terinfeksi ataukah tidak. Kita bisa tes virus corona secara langsung yang disediakan secara gratis. Namun, sayangnya tidak semua tempat tersedia alat tes virus corona ini. Sehingga kita hanya bisa menjaga diri dengan stay at home atau isolasi mandiri dirumah. Keluar rumah hanya jika ada keperluan mendesak saja. Akan tetapi, setelah keluar rumah tentu kita ingin mengetahui kondisi kesehatan kita melalui alat rapid test. Namun alat ini sulit ditemukan.

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar kita mengetahui kondisi tubuh kita? Dengan kecanggihan teknologi dan komunikasi saat ini, tidak ada yang mustahil dilakukan. Bahkan, sesuatu yang tidak terduga pun dapat dilakukan. Seperti contoh saat ini, telah ada cek virus corona secara online. Sehingga, untuk mengecek kondisi tubuh tidak harus memakai alat rapid test. Akan tetapi, dapat kita lakukan secara online dirumah masing-masing. Selain cara ini praktis, kita tidak perlu menunggu dengan waktu yang lama.

Berbeda dengan alat rapid test, yang hasilnya baru keluar 15 menit. Cek virus corona secara online hasil tesnya langsung keluar saat itu juga. Tentu hal ini memudahkan masyarakat yang tidak punya waktu lama memegang gadget. Selain itu, untuk bertanya-tanya mengenai kesehatan tubuh kita, kita dapat berkonsultasi langsung dengan dokter secara online. Untuk mengecek virus corona ini, cukup buka website portal yang menyediakan cek virus corona online.

Setelah cek secara online, kita dapat bertanya langsung pada dokter secara online sepuasnya. Konsultasi dokter secara online ini tidak mengeluarkan biaya sama sekali, alias gratis. Tentu dalam menunggu jawaban dari dokter kita harus sabar menunggu jawaban dari dokter. Sebab kita tidak bertatap muka secara langsung. Akan tetapi konsultasi online ini dilakukan dengan cara mengirim pesan pertanyaan dengan mengetik telebih dahulu dan mengirimnya. Setelah itu tunggu jawaban dari dokter.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan cek virus corona secara online. Namun untuk saat ini, itulah cara paling praktis agar kita dapat tetap dirumah dan tidak perlu keluar rumah. Agar tidak bosan dalam menunggu jawaban dari dokter, kita dapat mengerjakan berbagai aktivitas dirumah seperti biasa. Jika telah selesai, kita dapat melihat jawaba dari dokter atas pertanyaan kita. Dan setelah itu, kita dapat kembali bertanya seperti konsultasi ke dokter secara langsung.

Walaupun jarak jauh, kita dapat melakukan berbagai pertemuan secara online. Salah satunya adalah dengan dokter ahli walaupun hanya secara online. Tidak perlu khawatir, meskipun dokter tidak memeriksa kondisi kita secara langsung dokter masih dapat mendiagnosa dari gejala-gejala yang kita sebutkan. Asalkan kita benar-benar jujur terhadap kondisi tubuh kita saat konsultasi dengan dokter secara online.(*)
 

Posting Komentar