Tak Ada Kata Terlambat untuk Belajar Memasak

Rabu, Mei 06, 2020

Dulu, saya adalah tipe orang yang hobi makan tapi malas berurusan dengan dapur. Saya selalu dinasihati oleh Budhe, Simbah, dan Tante, “Mbok ya belajar masak, gimana nanti kalo nikah?” Pertanyaan itu biasanya akan saya jawab, “Ya beli aja, warung kan banyak.” Padahal cita-cita saya dulu ingin punya dapur minimalis yang cantik, tapi saya nggak mau belajar masak, trus dapurnya buat apa? Buat masak mi instan saja, hahahaha.  

Ummi saya pandai memasak, tapi jarang memasak. Biasanya hanya memasak untuk sarapan saja, sedangkan makan siang dan makan malam keluarga kami dimasakin bulik, adiknya Ummi. Ummi memang lebih sering di toko, jadi tak ada waktu untuk memasak. Tapi jika ada acara pengajian atau selametan di rumah kami, maka semua isi berkat dimasak oleh Ummi. Saya ngapain? Cuma bagian nyetaplesin kardus, hahaha.

Sebenarnya dulu pernah sempat rajin masuk dapur, waktu itu saat Ramadhan dan saya ditugasi untuk memasak nasi menggunakan kompor minyak (saat itu belum ada aturan perpindahan kompor minyak ke gas). Saya yang masih SMP, piawai memasak nasi menggunakan dandang. Tapi setelah bulan Ramadhan berlalu, ya sudah, selesai. Saya kembali menjadi manusia yang malas masuk dapur lagi.

Setelah menikah, saya dan suami masih tinggal di rumah orang tua kurang lebih selama 2,5 tahun. Selama itu pula saya tidak pernah bantu-bantu memasak, ya semalas itu saya masuk ke dapur. Paling-paling saya hanya memasak hal yang remeh saja, seperti telur ceplok, nasi goreng atau mi instan. Yah, makanan yang bumbunya gak ribet gitu deh.

Meski begitu, soal bumbu dapur, saya hafal sejak SD. Saya bisa membedakan mana kunyit, lengkuas, temu kunci, juga kencur. Ini bisa menjadi hal yang saya banggakan meski gak pernah ke dapur, hehehe. Darimana hafalnya? Gara-gara ikut lomba Pramuka yang mana salah satu sesi lombanya mengenal bumbu dapur. Jadi dulu setiap hari dilatih mengenal bumbu dapur dengan mata tertutup.

Gara-gara malas masak dan nggak bisa masak inilah, saat itu saya maju mundur untuk pindah dari rumah orang tua dan hidup mandiri sendiri. Saya membayangkan bagaimana nanti harus masak untuk keluarga, apalagi saya udah punya anak, trus nanti bagaimana saat Ramadhan tiba? Bagaimana saya bisa makan soto ayam favorit saya? Memikirkannya membuat saya malas pindah rumah, hiks.

Sebuah Awal Mula

Saya tak tahu bagaimana awal mulanya, tiba-tiba keinginan itu datang. “Mas, bulan depan kita pindah rumah, yuk,” ucap saya kepada suami. Suami mengiyakan karena kami memang sudah lama menyicil untuk mengisi rumah, namun ya itu, karena kegalauan saya gak jadi-jadi pindah rumahnya.

Akhirnya kami pun mencari hari kapan waktu yang tepat untuk pindah rumah. Diputuskan kami akan menggelar selamatan tanggal 5 Agustus 2019.

Awal pindah rumah, kami lebih banyak membeli lauk di luar dan hanya memasak nasi saja, tapi dihitung-hitung ternyata membuat pengeluaran membengkak. Hiks. Akhirnya saya memutuskan untuk belajar memasak. Saya berpikiran tak ada kata terlambat untuk belajar memasak. 


Bahkan tak hanya memasak, saya juga belajar bagaimana caranya memasang tabung gas, dan sekarang saya sudah expert lah soal dunia pertabungan gas ini. Mau gak mau saya harus belajar pasang gas, karena saya Long Distance Marriage dengan suami, nggak mungkin saya harus panggil tetangga tiap kali mau pasag gas.

Jatuh Cinta dengan Cookpad

Memasak di bulan-bulan awal pindah rumah, masih memasak dengan resep yang sekiranya aman. Seperti sayur bayam bening, sop, tumis, tiga menu itu saja yang saya ulang-ulang. Hahaha.

Hingga kemudian, saya ingin mencoba memasak makanan lain dan saya pun mulai berkenalan dengan Cookpad, aplikasi andalan para ibu rumah tangga. Saya cari beragam menu yang sekiranya cocok di lidah saya dan suami.


Saat suami pulang ke rumah kala weekend, saya memasak menu-menu baru, setelah memasak biasanya deg-degan seperti nunggu penilaian dari juri Master Chef, dan sejauh ini (8 bulan saya belajar masak), suami nggak pernah komplain dengan masakan yang saya hasilkan. Alhamdulillah. Saya makin pede buat belajar memasak menu-menu lainnya.

Memasak Adalah Seni Bertahan Hidup

Kenapa saya memasak? Sudah saya jelasin di atas, sih, biar hemat, hehehe. Apalagi di tengah masa pandemi sekarang ini.

Saya dan suami punya pandangan kalau memasak bukan tugas istri, karena kami pun sering masak bersama di dapur. Kami berpandangan bahwa masak adalah seni bertahan hidup. Jika dulu nenek moyang kita bertahan hidup dengan berburu dan meramu, maka saya mencoba bertahan hidup dengan mengupgrade skill memasak saya. 


Awal-awal belajar memasak, saya menanamkan pikiran, “Nggak masak, ya nggak makan.” Jadi mau nggak mau saya akan memasak biar bisa makan.

Saya tak bisa membayangkan jika saya nggak berusaha untuk belajar masak, kemudian harus beli lauk setiap hari. Berapa pengeluaran yang seharusnya bisa dialihkan ke hal-hal lain, seperti tabungan pendidikan anak misalnya.

Jika dihitung, misalnya uang Rp 30.000,- untuk makan di luar hanya bisa untuk satu porsi. Kalau untuk masak di rumah, bisa saya gunakan untuk kebutuhan makanan dua hari. Bener-bener hemat, kan? 


Bahkan, saya pernah ikut kontes memasak dengan menu harian saya di rumah, dan ternyata terpilih menjadi salah satu pemenang. Ini bikin rasa percaya diri saya untuk memasak naik berlipat ganda. Saya jadi ingin mencoba memasak menu-menu baru setiap harinya.

Seperti saat Ramadhan seperti ini, dari awal Ramadhan, saya memasak untuk buka dan sahur, dan beberapa kali saya coba memasak menu baru yang belum pernah saya masak sebelumnya. Hasilnya bikin saya bahagia, karena meskipun tanpa mencicipi, masakan saya tetap enak. Ternyata betul kata orang, memasak memang sama dengan mengolah rasa. Bisa karena terbiasa. (*)

13 komentar

  1. Banggaaaaaaa. I feel ypu Twin. Aku pun sepemalas itu, ditanbah mamaku sibuk sebagai nakes yang masuk dapur cuma siang doang bikin aku jarang lihat aksinya di dapur. Sekarang. Yaaa ... masak pada akhirnya jadi seni untuk bertahan hidup.

    BalasHapus
  2. Bener kak, masak sendiri memang jatuhnya lebih murah. Bahkan semenjak rajin food prepare kalo abis belanja. Lebih irit lagi. Terutama selama pandemi gini jadi lebih sering masak.

    BalasHapus
  3. Nah benar masak sendiri selain lebih hemat lebih sehat untuk pencernaan kak..krna klo beli Mknan Mateng kita ga pernah tau perlakuan bhn makanant .mulai bhn baku sampai jd makanan Mateng. Krna pernah beli makanan matang dari resto ehh sakit perut sejak itu kapok deh..hehe

    BalasHapus
  4. bener, saya juga baru bener-bener masak pas menikah haha. dulu pas masih gadis suka mageran masak tuh, dianggepnya sama ortu ya gak bisa masak. padahal mah bisa-bisa aja cuma males, wkwkwwk. nah pas menikah mau enggak mau deh masak. eh kata suami masakannya juga enak kok. seneng sih kalo dipuji gitu jadi semangat masak hihi.

    BalasHapus
  5. Istri tuh yang penting bisa masak kok Mbak, bukan pandai masak. Gitu kata suami saya. Krn kl dia bisa masak, pasti niatnya utk bs itu gedhe banget. Yg tadinya ga bs jg jadi bisa hehe. Semangat yaa

    BalasHapus
  6. Kak, kita hampir sama ya.. ibu sebenarnya jago masak, cuma sering di warung. Yang di rumah masak saat aku kecil ya adiknya.
    Aku belajar masak autodidak semenjak kuliah. Biar gak malu-maluin banget pas nikah, hehehe

    BalasHapus
  7. Saya dulu juga mikirnya gitu mbak, buat apa belajar masak, kan bisa beli. Tapi makin kesini ya pengen juga memberikan keluarga makanan hasil tangan sendiri. Walaupun karena saya kerja, jadi kadang ada hari ga sempat juga masak. Yang penting tetap berusaha memberikan yang terbaik buat keluarga.

    BalasHapus
  8. Rumah Ibu deketan kah kak? Kalau iya aman aja sih. Kaya saya biasa disupport dengan ibu mertua mulai dari bawang merah, putih goreng, bumbu-bumbu jadi kayak soto, rendang, rawon, curry. Jadi kalau masak tinggal cemplung cemplung aja. Hihihi. Tinggal taruh di freezer kapanpun kita mau masak ada.

    Iya kalau jajan terus di luar selain enggak higienis jatuhnya mahal. Kan lumayan kalo bisa dialihkan buat tabungan, liburan ataupun buat ngasih lebih orang tua/saudara kita

    BalasHapus
  9. wahahah saya termasuk juga yang nggak masak nggak makan hihihi
    dulu sih selalu dimasakin ibu, berhubung ibu sakit dan cuma tinggal berdua jadilah hamba koki dadakan yang rasanya kadang kurang asin

    BalasHapus
  10. Memasak menurut saya adalah kemampuan yang tidak hanya harus dimiliki oleh perempuan, tapi lelaki juga. Ya, paling gak bisa menanak nasi dan memasak lauk sederhana. Saya kemarin ini sempat belajar masak dikit-dikit, tengok resep di Cookpad, biar bisa bantu istri gitu

    BalasHapus
  11. aku juga sedang belajar memasak, agar bisa menasakan buat istri saat dia sedang sakit, dan sering beli majalah masak dan bukatoutub tentang cara masak

    BalasHapus
  12. Alhamdulillah semangat Kak, jaman sekarang memasak bukan lagi hal yang sulit ya Kak, jadi mudah dipelajari meskipun hanya lewat internet.

    BalasHapus
  13. Tinggal terpisah dari orangtua setelah menikah sebenarnya menggembleng kita menjadi mandiri di semua hal, termasuk memasak. Dan lebih kreatif lagi sih meramu bumbu dan menyusun menu.

    BalasHapus