6 Fitur Software Akuntansi Gratis ini akan Mudahkan Keuangan Bisnismu

Senin, Desember 28, 2020

Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan ketika memutuskan memulai sebuah bisnis. Pertimbangan itu antara lain bisnis apa yang akan dijalankan, tempat bisnis dijalankan, target pasar, teknik promosi, sampai bagaimana cara agar bisnis bisa meraih kesuksesan. 

Semua orang yang memulai bisnis pasti ingin bisnis yang dijalankannya berjalan dengan lancar dan meraih kesuksesan, tapi untuk meraih itu semua bukan sesuatu yang mudah. 

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan agar bisnis yang kamu mulai bisa sukses, salah satunya adalah dengan mengelola keuangan bisnis dengan baik. Banyak yang masih menyepelekan keuangan bisnis ini, padahal keuangan bisnis ini menjadi tolak ukur sebuah bisnis berjalan dengan baik atau tidak.

Software akuntansi gratis

Saat ini banyak cara mudah yang bisa kamu pilih untuk mengelola keuangan bisnis ini. Cara mudah ini adalah dengan menggunakan software akuntansi. 

Apa sih software akuntansi ini? Buat kamu yang penasaran dengan software akuntansi ini, kamu wajib banget baca artikel ini hingga selesai karena di sini akan dibahas semua tentang software akuntansi yang sangat dibutuhkan untuk bisnis.

Pengertian Software Akuntansi

Software akuntansi adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mempermudah pencatatan keuangan atau aktivitas lain yang ada dalam akuntansi. Buat kamu yang selama ini menggunakan Ms. Excel untuk mencatatan keuangan bisnis, dengan software akuntansi kamu akan lebih dipermudah. 

Kamu tidak perlu membuat tabel secara manual dan memasukan rumus untuk menghitung laba, karena software akuntansi akan melakukan itu semua. Kamu hanya perlu memasukan data-data ke software dan hasil penghitungan keuangan dapat langsung ditampilkan. 

Software akuntansi ini akan membantu bisnismu untuk melakukan pencatatan transaksi akuntansi, seperti pembelian, penjualan, penggajian, buku besar, dan lainnya.

6 Fitur dalam Software Akuntansi yang Sangat Dibutuhkan Bisnis

Untuk memudahkan pengguna, software akuntansi dilengkapi berbagai fitur canggih. Fitur-fitur ini sangat membantu buat kamu yang ingin mengelola keuangan bisnis dengan baik. Apa saja fitur-fitur tersebut?

1. Invoice

Invoice menjadi fitur unggulan dari software akuntansi yang pertama. Invoice merupakan dokumen yang digunakan untuk melakukan penagihan ke pelanggan yang membeli secara kredit. Membuat invoice ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa manual atau otomatis. 

Dengan software akuntansi, kamu bisa membuat invoice secara otomatis. Kamu hanya perlu memasukan data-data terkait penagihan, lalu kamu dapat mengunduh invoice untuk kemudian dikirimkan kepada pelanggan.

2. Inventory

Fitur kedua yang dimiliki software akuntansi adalah fitur inventory. Inventory merupakan fitur yang ada di software akuntansi yang memudahkan penggunanya untuk mengecek jumlah dan status persediaan barang. 

Kamu akan diberikan kemudahan untuk memantau stok dari banyak gudang secara realtime. Kamu juga dapat membuat stok opname, membuat surat jalan, dan terintegrasi langsung dengan penjualan dan pembelian. Semua yang awalnya terasa begitu ribet, dapat dipermudah dengan software akuntansi.

3. Purchasing

Fitur ketiga yang bisa dinikmati di software akuntansi adalah purchasing. Dengan software akuntansi, kamu dapat membuat purchasing order dengan cepat dan mengkonversikan purchasing order menjadi faktur pembelian hanya dalam satu klik. 

4. Biaya

Selanjutnya, software akuntansi kamu juga dapat mengatur dan melacak bisnis dengan mudah melalui fitur biaya yang ada di software akuntansi. Dengan fitur biaya ini kamu dapat mencatat pengeluaran, melacak pos pengeluaran, dan mendapatkan pengeluaran dengan rinci.

5. Laporan

Kamu juga dapat membuat laporan bisnis dan keuangan secara tepat dengan informasi yang akurat mengenai performa bisnismu. Jika dengan pengelolaan keuangan manual kamu harus membuat laporan secara manual, dengan software akuntansi laporan akan dibuat secara otomatis tanpa harus memasukan rumus atau menghitung manual.

6. Aset Tetap

Fitur terakhir yang sangat membantu pengelolaan keuangan bisnis adalah aset tetap. Dengan fitur aset tetap ini kamu dapat melacak aset tetap dengan mudah, mendepresiasi aset secara otomatis, dan juga mendapatkan laporan aset secara realtime.

Nikmati Semua Fitur Terbaik di Software Akuntansi Kledo

Setelah membahas tentang semua fitur yang ada di software akuntansi, kini saatnya kamu memilih software akuntansi paling cocok untuk bisnismu. Ada berbagai pilihan dalam memilih software akuntansi, namun ada satu software akuntansi yang wajib kamu coba yaitu software akuntansi Kledo. 

Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud yang dilengkapi 6 fitur yang sudah dijelaskan di atas. Kamu bisa menikmati semua fitur yang ada di atas dengan software akuntansi dari Kledo, mulai dari invoice, purchasing, inventory, biaya, laporan, dan aset tetap. Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua fitur terbaik yang ada di sana, Gratis!

Kesimpulan

Pengelolaan keuangan merupakan sesuatu yang penting bagi sebuah bisnis. Ada berbagai cara yang bisa menjadi pilihan, namun cara yang paling mudah adalah dengan software akuntansi. Dalam memilih software akuntansi, pastikan kamu memilih software akuntansi terbaik dan sesuai dengan kebutuhan bisnismu. (*)


Posting Komentar