Bernyanyi dan Bergembira Bersama Hoala & Koala

Jumat, September 03, 2021

Dunia anak di era Generasi Alpha yang lahir di atas tahun 2010 memang berbeda dengan generasi anak milenial yang lahir di tahun 80an – 90-an. Salah satu yang membedakan adalah minimnya lagu-lagu anak yang bisa dinikmati dan dinyanyikan oleh anak. 

Apalagi jika diperhatikan lebih seksama, anak-anak sekarang lebih banyak hafal lagu-lagu orang dewasa dibandingkan lagu-lagu untuk anak seusianya. Apabila hal ini dibiarkan, tentunya akan mengganggu tumbuh kembang anak. Anak-anak butuh lagu-lagu yang sesuai dengan usianya, lagu-lagu yang ceria dan membahagiakan. 

Dibandingkan generasi milenial yang baru mengenal dunia digital ketika ia sudah dewasa, maka generasi alfa lahir ketika dunia digital sedang berkembang pesat, atau bisa dikatakan juga kelahiran generasi alfa disambut oleh meriahnya perkembangan dunia digital. 

Maka, tidaklah heran jika anak-anak zaman sekarang sangat paham apa itu internet, youtube, whatsapp, wifi, juga beragam istilah digital lainnya. 

Cover album Hoala & Koala
Cover album Hoala & Koala

Berkenalan dengan Hoala & Koala

Seperti anak-anak zaman sekarang, anak saya yang baru berusia 4,5 tahun juga akrab dengan video-video youtube. Sebagai orang tua tentunya saya selalu mendampingi dan memfilter apa saja yang ditonton oleh anak saya di laman berbagi video ini.

Tadinya saya mengenalkan lagu-lagu anak lawas yang ada saat saya masih kecil. Namun, ketika lagu-lagu tersebut sudah mulai dihafal oleh anak saya, saya mulai kebingungan mencari alternatif lagu anak Indonesia apa lagi, ya yang mau saya kenalkan.

Hingga kemudian saya menemukan channel Youtube Hoala & Koala. Sebuah channel youtube lagu dan animasi anak yang berisi lagu-lagu anak kekinian, dan yang lebih menariknya lagi, lagu-lagu di channel youtube Hoala & Koala ini juga divisualisasikan dengan animasi 3D. 

Saat saya perlihatkan pertama kali pada Ayya, anak saya, dia langsung tertarik dengan lagu-lagu di channel ini. Salah satunya lagu yang berjudul ‘Kuman’. 

Lagu Kuman By Hoala & Koala
Capture Video Animasi 'Kuman'

Lalu, siapakah Hoala & Koala ini? Hoala dan Koala adalah sepasang sahabat, di mana Hoala adalah seorang anak perempuan yang ceria dan Koala adalah binatang Koala yang lucu dan menggemaskan.

Selain Hoala & Koala, ada juga karakter Ibu, Ayah, Miss Jeruk, Bu Aya, Om Pong dan beberapa karakter lain. Semua karakter tersebut bisa bernyanyi. Jadi, lagu-lagu Hoala dan Koala ini bisa dinyanyikan seluruh anggota keluarga dengan cara duet atau bergantian, jadinya lebih seru dan menyenangkan. 

5 Album dan Lebih dari 45 Lagu

Meskipun karakter musikal Hoala & Koala ini baru diciptakan oleh Rendyadi Amnar, CEO PT Amnar Awandi Kazoku pada tahun 2020, tapi ternyata Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu, lho. Banyak banget, kan? Jadinya jangan khawatir bakal kehabisan lagu-lagu seru dan menarik untuk dinyanyikan bersama si kecil. 

Lagu-lagu yang dinyanyikan oleh Hoala & Koala ini juga mengikuti perkembangan zaman, lho. Salah satunya seperti lagu ‘Di Rumah Saja’ yang menyuarakan isi hati anak-anak yang hidup di masa pandemi dan bosan di rumah saja. Namun, dengan nasihat dari kedua orang tua, mereka tetap di rumah saja dan tidak pergi jalan-jalan. 

Lagu ini tentunya bisa dijadikan referensi para orang tua untuk dinyanyikan bersama anak yang mengalami kebosanan karena harus di rumah saja. 

Mengutamakan Kualitas

Karakter Hoala & Koala
Hoala & Koala

Hoala & Koala digarap dengan serius dan tetap mengutamakan kualitas. Hal ini dibuktikan tidak hanya dengan tampilan animasi 3D yang memukau, tapi juga  keseriusan dalam penggarapan musik dan lagunya. 

Dalam penggarapan lagu-lagu Hoala & Koala, ada banyak musisi internasional yang terlibat, selain itu banyak juga alat musik unik yang digunakan seperti klarinet, cello, saxophone, dan tak ketinggalan instrumen musik etnik Indonesia seperti angklung dan gamelan.   

Nah, keren banget kan Hoala & Koala ini. Yuk ajak si kecil bernyanyi dan bergembira bersama Hoala & Koala. Nggak cuma bisa dinikmati di channel Youtube Hoala & Koala saja lho, lagu-lagu Hoala & Koala juga bisa didengarkan lewat Spotify dan iTunes. (*) 

  


Posting Komentar