Mencari Obat untuk Selangkangan yang Gatal? Yuk Cek SehatQ

Kamis, September 09, 2021

Selangkangan adalah salah satu bagian tubuh yang terbilang tersembunyi, oleh karena itu tak sedikit orang yang mengabaikan bagian tubuh ini, sehingga gatal di bagian selangkangan pun menjadi akibatnya.

Mengatasi Gatal di Selangkangan (Sumber: Stocksnap/Pixabay)


Mengalami gatal di bagian selangkangan tentunya sangatlah merepotkan, apalagi jika ingin menggaruknya tentunya tidaklah nyaman, apalagi jika sedang berada di tempat umum. Maka dari itu, meskipun tidak terlihat karena tertutup oleh pakaian, kebersihan selangkangan tetaplah harus dijaga.

Lalu, apa saja penyebab dari rasa gatal yang muncul di bagian selangkangan?

1.      Kebersihan yang Tidak Terjaga

Tidak bersihnya bagian tubuh, dalam hal ini selangkangan adalah penyebab munculnya rasa gatal. Bagian selangkangan terbilang lebih cepat lembab dan berkeringat karena ia adalah bagian tubuh yang selalu tertutup. Termasuk juga adanya rambut kemaluan, kemudian aktivitas pembersihan pasca BAB atau BAK yang kurang bersih atau tidak dikeringkan terlebih dahulu sebelum mengenakan celana atau pakaian membuat kuman cepat berkembang di selangkangan.

    2.      Iritasi

Iritasi juga bisa menjadi penyebab rasa gatal di bagian selangkangan. Kenapa bisa muncul iritasi? Biasanya karena adanya gesekan kulit ketika sedang berjalan atau berlari, kemudian bisa juga terjadi karena gesekan pada celana yang terlalu ketat.

Rasa tidak nyaman tersebut membuat kita ingin selalu menggaruknya hingga akhirnya muncul iritasi dan ruam. Ditambah lagi jika cuaca sedang panas dan menimbulkan keringat berlebih, tentunya iritasi akan semakin parah.

    3.      Jamur

Rasa gatal juga bisa disebabkan karena berkembangbiaknya jamur di area selangkangan yang lembab. Jamur yang berkembang di selangkangan ini memang tidak berbahaya, namun akan menyebabkan gatal dan infeksi yang tentunya akan mengganggu kegiatan sehari-hari.

Jamur yang muncul di selangkangan sering disebut kurap dan biasanya bisa merembet hingga area bokong dan paha bagian dalam. Kurap pada bagian selangkangan ini bisa menular apabila terjadi kontak langsung antara penderita dengan orang lain. Selain itu bisa juga tertular lewat handuk yang digunakan bergantian. Oleh sebab itu, jangan gunakan handuk beramai-ramai karena bisa menjadi sarana penularan penyakit kulit.

    4.      Kutu Kemaluan

Kutu serta kudis yang muncul juga bisa menyebabkan gatal di selangkangan. Apabila terdapat bintik putih kecil di area rambut kemaluan, bisa jadi itu adalah kutu kemaluan. Apabila anda terjangkit kutu kemaluan ini, maka selangkangan akan terasa gatal yang cukup parah, dan biasanya akan semakin terasa gatal ketika malam hari karena kutu menghisap darah manusia.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Salah satunya tentunya dengan segera mengobati gatal di selangkangan ini. Ada beberapa obat yang bisa digunakan untuk mengobati selangkangan yang gatal dan ini bisa dibaca di artikel kesehatan di website SehatQ. 

Namun, sebelum memberikan obat gatal selangkangan. Harus diketahui terlebih dulu apa penyebab rasa gatal di selangkangan ini? Karena masing-masing penyebab rasa gatal memiliki obat yang berbeda-beda. 

Ada obat antijamur, salep antibiotik, salep antigatal, salep permethrin, juga ada krim steroid. Obat antijamur sendiri juga terdiri dari beberapa macam, seperti oxiconazole, clotrimazole, dan miconazole. 

Akan tetapi yang perlu diingat, meskipun sudah diberikan salep atau obat apda selangkangan yang gatal. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan bagian selangkangan dan menjaganya untuk tetap kering, salah satunya setelah berolahraga juga setelah BAK dan BAB. Hindari pula menggunakan handuk yang sama untuk beberapa orang karena bisa menjadi penyebab penularan jamur. (*)


Posting Komentar