Blogwalking Asik, Rumah Istimewa Para Blogger

Jumat, Desember 03, 2021

Saya membuat blog sejak tahun 2008, yang awalnya hanya berisi curhatan belaka, kini berubah menjadi salah satu sumber penghasilan. Perubahan ini tidak serta merta berlangsung begitu saja sehingga bisa mendapatkan job. Ada banyak jalan yang harus ditempuh, salah satunya adalah dengan menaikkan jumlah pembaca. 

Ada beberapa cara menaikkan jumlah pembaca blog, salah satunya adalah dengan blogwalking. Apa itu blogwalking? Blogwalking adalah kita ‘berjalan-jalan’ ke halaman blog lain, membaca blog tersebut dan meninggalkan komentar, sehingga nantinya kita akan mendapat kunjungan balik dari blogger lain. 

Mengenal Blogwalking Asik

Awalnya saya tidak paham bagaimana caranya agar bisa mendapat kunjungan balik dari blogger lain setelah kita melakukan blogwalking. Hingga kemudian, sahabat saya, Hadi Kurniawan, seorang guru PNS dan blogger mengenalkan saya pada grup whatsapp Blogwalking Asik. 

Saya lupa kapan tepatnya masuk ke grup whatsapp Blogwalking Asik ini, yang pasti sih sudah lebih dari 1,5 tahun saya ada di WAG ini. Jika banyak Whatsapp grup yang toxic dan bikin nggak betah dan pengen keluar grup tapi sungkan, maka beda dengan grup whatsapp Blogwalking Asik ini. Saking nggak pengennya terdepak dari grup, bahkan ada challenge bikin tulisan blog tentang grup ini. 

Grup whatsapp Blogwalking Asik ini memang benar-benar lebih dari sekadar grup whatsapp, karena selain bisa blogwalking blog milik blogger lain, ada banyak hal lain yang bikin saya betah berada di grup ini. Apa saja?

Bertemu Banyak Blogger Keren

Grup ini berisi banyak blogger keren dari segala profesi, ada guru, ibu rumah tangga, dokter, dosen, akuntan, pedagang dan masih banyak lagi profesi lainnya. Meskipun nggak sedikit blogger yang memiliki profesi mentereng, tapi mereka nggak pernah jumawa, bahkan dengan senang hati berbagi ilmu yang mereka miliki. Apalagi adminnya juga keren dan baik banget, ada mbak Rini Novita Sari dan Mbak Hani Widiatmoko. Love banget, deh. 

Banyak Peluang Job

Silaturrahmi itu bisa membuka pintu rejeki, ya salah satunya silaturrahmi antar blogger yang dilakukan lewat grup whatsapp Blogwalking Asik ini. Saya mendapat beragam job menulis lewat grup ini yang artinya menjadi pemasukan dan rejeki. Alhamdulillah banget.

Canda Tawa Setiap Hari

Seperti namanya, grup ini asik banget, nggak terlalu kaku dan isinya ngomongin blog, optimasi, dan segala macamnya yang kadang bikin kepala pusing. Tapi di grup ini selalu ada saja yang bisa dijadikan bahwan candaan, bikin penghuninya selalu happy. 

Meskipun kadang ada yang di’bully’, tapi sebenarnya itu bukan bully, ya, hanya sekadar candaan. Bahkan saking bahagianya di grup ini, orang yang merasa dibully pun nggak mau lho keluar dari grup, hahaha. Pasti tahulah ya siapa, hahaha. 

Masih ingat banget kejadian awal-awal grup ini ada, ada salah satu anggota grup yang heboh dan merasa ditipu karena membayar domain mahal hingga ratusan ribu. Setelah ditelusuri, ternyata dia salah beli, bukan cuma domain yang dibeli, tapi juga hosting selama 1 tahun, padahal blog miliknya itu pakai blogspot yang nggak perlu hosting luar. Akhirnya tetap dibayar dan hostingnya nggak kepake. Serius lawak banget waktu itu, sampe pada heboh satu grup. Wkwkwwk. 

Tempat Cari Solusi

Punya masalah? Cari solusi atau sekadar tempat curhat? Bisa lho di WAG Blogwalking Asik. Di sini bebas curhat apapun, asal sopan dan tidak SARA. Mau curhat soal sekolah anak atau bahkan soal pupuk tanaman, bisa banget di grup ini, dan anggota lain yang ada di grup akan menanggapi dengan sepenuh hati. Nggak ada yang toxic dan julid. 

Rumah Para Juara Lomba

Notifikasi grup rame? Bisa dipastikan lagi ada yang menang lomba blog di grup, dan banyak yang ngasih ucapan selamat. WAG Blogwalking Asik ini bisa dibilang rumahnya para juara lomba. 

Setiap ada pengumuman pemenang lomba blog, hampir bisa dipastikan, salah satu atau bahkan salah dua, salah tiganya adalah anggota Blogwalking Asik. Dan asiknya lagi, anggota lain yang nggak menang atau nggak ikutan lomba akan dengan senang hati mengucapkan selamat kepada pemenang.

Seperti saya, pengen gitu diucapin selamat, tapi mau gimana ya jarang ikut lomba, hahaha. Tapi tetep sih, melihat banyak teman di grup Blogwalking Asik yang menang lomba itu bikin saya semangat buat ikutan lomba juga, meski ya sampai sekarang lebih banyak malasnya, hehehe. 

Nah, itu dia beberapa alasan yang bikin saya betah untuk’tinggal’ di WAG Blogwalking Asik, dan bikin saya nggak mau terdepak dari grup, hehehe. Harapan saya buat grup ini semoga makin solid, makin menyenangkan, dan selalu bisa memberikan aura positif untuk para anggotanya. Semoga makin banyak juga yang menang lomba, termasuk saya. Hahaha. Saranghae Blogwalking Asik. (*)

 


1 komentar

  1. salam dulu senior..
    hampir setahun saya ga blog walking dan stak trafiknya ga naik naik, ditambah dengan post yang sudah jarang sekali.

    BalasHapus