Bermain Menjadi Kasir Lewat Game yang Menyenangkan

Senin, Oktober 09, 2023

Saat awal masuk sekolah dasar dulu, di saat teman-teman sebaya saya punya cita-cita ingin menjadi dokter, guru, atau polisi, saya justru punya cita-cita ingin menjadi kasir. Sebuah profesi yang menurut saya keren dan mengagumkan. 

Seingat saya, cita-cita saya itu berawal dari kebiasaan ikut berbelanja orang tua ke sebuah toserba di dekat rumah. Saat mengantre di depan kasir, saya akan melihat dengan tatapan terkagum-kagum saat kasir menghitung total belanjaan dengan sangat cekatan, kemudian terdengar bunyi berderak yang khas saat laci kasir terbuka, dan dengan cekatan pula kasir akan mengambil beberapa lembaran uang yang berbeda saat memberikan kembalian. 

Dalam pandangan mata anak kecil usia 7 tahunan kala itu, aktivitas seorang kasir terlihat sangat menyenangkan, terlihat semakin menyenangkan karena bisa melihat uang yang banyak setiap harinya, hahaha. 

Namun, hingga saya dewasa, ternyata pekerjaan sebagai kasir belum bisa saya lakoni, karena saya ternyata juga enjoy bekerja di depan laptop sebagai freelance writer. Namun ternyata, cita-cita untuk menjadi kasir itu terus bersemayam dalam ingatan. 

Hingga kemudian saat saya berselancar di internet, saya menemukan game yang bisa mewujudkan cita-cita masa kecil saya tersebut di website https://www.mortgagecalculator.org/money-games/. Game ini bisa dimainkan tanpa harus mengunduh game ke ponsel, jadi lebih mudah dan bisa dimainkan lewat berbagai device, baik itu ponsel, laptop atau PC.


Cashier Simulator

Game favorit saya yang pertama adalah Cashier Simulator, sebagaimana namanya, game ini mengajak kita bermain simulasi sebagai sorang kasir di Toserba. Kita akan mengoperasikan mesin kasir untuk menghitung berapa total barang yang dibeli oleh pelanggan. 

Di game ini, kita akan menghitung satu per satu harga barang, ada juga barang yang dibeli lebih dari satu sehingga harus dikalikan, kemudian menjumlahkannya.


Setelah menghitung total belanjaan, kita akan menghitung jumlah uang yang dibayarkan oleh pelanggan agar bisa memberikan kembalian dari uang yang ada di dalam mesin kasir. Jangan lupa juga untuk memberikan nota pembeliannya, ya. Pada tahap ini sangat butuh ketelitian, karena jika salah hitung, maka kembalian yang diberikan akan salah dan harus diulang. 

Game ini memiliki total 160 level yang bisa dimainkan dan pemain juga bisa mendapatkan sampai 3 bintang sesuai dengan performa permainannya. Untuk melanjutkan ke level selanjutnya, maka pemain harus menyelesaikan level sebelumnya agar level yang terkunci bisa terbuka. Kita juga bisa memasukkan username kita di bagian leaderboard agar permainan kita terekam di papan pertandingan.

Setiap level tentunya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, jika sudah naik level, kita juga akan mendapatkan item berupa scanner untuk memindai barang. Selain itu, ada juga pembeli yang tak hanya akan memberikan uang tunai saja, tapi akan ada juga pembeli yang akan memberikan kartu debit/kreditnya untuk membayar belanjaan. Oleh karena itu, sebagai kasir kita harus bisa bekerja cepat dan tangkas untuk menyelesaikan setiap tantangan yang ada. 

Penasaran dengan game ini? Kamu bisa memainkan game ini di link berikut:

https://www.mortgagecalculator.org/money-games/cashier-simulator/

Cash Back

Game favorit saya selanjutnya adalah Cash Back. Game ini mengajak pemainnya untuk memberikan cash back (kembalian) uang belanjaan yang benar untuk pelanggan menggunakan uang kertas dan koin yang tersedia. 

Sebelum memulai permainan, kita akan ditunjukkan terlebih dulu bagaimana tutorial gamenya, jadi kita tidak perlu bingung untuk memainkannya. Selain itu,  ada juga pilihan tingkat kesulitan (mudah, sedang, atau sulit), kemudian, petunjuk sebelum permainan dimulai. 

Game ini menggunakan gaya bercerita, sehingga kita harus membaca pertanyaan yang tersedia di layar agar mengetahui berapa kembalian yang harus diberikan kepada pelanggan. Ada 2 (dua) pilihan dalam permainan ini, yang pertama jumlah kembalian akan ditunjukkan di layar, dan yang kedua jumlah kembalian tidak ditunjukkan di layar sehingga kita harus menghitungnya sendiri. 

Setelah mengetahui berapa jumlah Cash Back yang harus diberikan, klik tombol ‘Give Change’ atau Berikan Kembalian. Ada beragam nominal uang yang tersedia, baik itu untuk uang kertas maupun uang koin yang bisa kita kombinasikan dan sesuaikan dengan jumlah total yang sama persis dengan uang kembalian. 

Segera berikan kembalian sebelum waktu yang tersedia habis. Jawab pertanyaan sebanyak-banyaknya dengan benar sebelum waktu habis, ya.   

Untuk bisa bermain game ini, cukup klik link berikut:

https://www.mortgagecalculator.org/money-games/cash-back/

Manfaat Bermain Money Games untuk Anak

Permainan money games ini bisa dimainkan oleh segala usia, tak hanya untuk orang dewasa saja, tetapi juga bisa dimainkan oleh anak-anak. Kebetulan anak saya yang masih kelas 1 SD sudah mendapatkan materi penjumlahan dan pengurangan di sekolahnya, jadi dia sangat excited ketika saya ajak untuk bermain game ini, dan ternyata ada banyak manfaat yang bisa didapatkan anak saat memainkan games ini. 


1. Mengenalkan Profesi Kasir

Dari game ‘Cashier Simulator’ dan ‘Cash Back’, kita bisa mengenalkan jenis profesi kasir pada anak dan bagaimana ia harus bekerja. Dengan memainkan game ini, anak akan tahu bagaimana cara seorang kasir harus bekerja, bagaimana ia harus bekerja dengan cepat dan tetap teliti saat menjalani pekerjaannya. 

2. Mengajarkan Anak Menghitung Nominal Uang

Menghitung nominal uang tentunya berbeda dengan menghitung jumlah satuan seperti yang ada di pelajaran Matematika anak kelas 1 SD. Maka dari itu, game ini bermanfaat untuk anak bagaimana ia harus menghitung nominal uang ketika berbelanja, ini sangat bermanfaat untuk anak agar ia tahu berapa uang yang harus ia bayarkan atau berapa kembalian yang harus ia dapatkan saat membeli makanan/minuman di sekolah. 

3. Mengajarkan Anak Ketepatan Berhitung

Dalam game ‘Cashier Simulator’ dan ‘Cash Back’ ada tahapan di mana pemain harus memberikan kembalian yang terdiri dari beragam nominal uang yang ada di meja kasir. Pada tahapan ini, anak akan belajar tentang besaran bilangan yang harus ia jumlahkan agar bisa mendapatkan jumlah kembalian yang tepat. 

4. Mengajarkan Anak Tentang Dunia Finansial dan Kewirausahaan

Dengan bermain game ‘Cashier Simulator’ dan ‘Cash Back’ juga bisa menjadi jalan untuk mengajarkan anak tentang finansial dan bisa juga menumbuhkan jiwa kewirausahaan anak. 

5. Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi 

Saat bermain game ‘Cashier Simulator’ dan ‘Cash Back’, pemain tidak hanya harus cepat, namun juga harus fokus dan konsentrasi agar tidak salah saat menghitung uang dari pelanggan dan saat memberikan kembalian uang pada pelanggan. Oleh karena itu, pemain harus fokus dan berkonsentrasi saat memainkan game ini agar bisa mencapai level sebanyak-banyaknya. 

6. Meningkatkan Bonding Anak dan Orang Tua

Games ini bisa dimainkan bersama dengan anak, sehingga bisa meningkatkan bonding antara anak dan orang tua. Quality time yang bermanfaat pun bisa didapatkan tanpa harus keluar rumah.

Nah, itu dia manfaat bermain money games ‘Cashier Simulator’ dan ‘Cash Back’ yang bisa didapatkan oleh anak. Ada banyak jenis games seputar finansial yang tersedia di website ini yang bisa dipilih untuk dimainkan bersama keluarga. Yuk, Ayah dan Bunda, tingkatkan quality time bersama anak dengan bermain games yang berkualitas. (*)  




Posting Komentar