Tanya Jawab Ramadhan di Aplikasi Umma, Mendukung Ibadah Saat di Rumah Saja

Kamis, Mei 07, 2020

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, dimana setiap ibadah pahalanya akan dilipatgandakan. Ramadhan memang menjadi bulan yang tepat untuk lebih memperdalam agama Islam, salah satunya dengan mengikuti tanya jawab Ramadhan di Aplikasi Umma. 

tanya jawab ramadhan

Apa itu Aplikasi Umma?

Aplikasi Umma merupakan platform yang berisikan konten-konten islami, sehingga bisa mendukung umat muslim untuk mengenal Islam lebih dalam lewat satu aplikasi. Apalagi pada masa diterapkannya PSBB di beberapa kota di Indonesia, menjadikan umat muslim dianjurkan untuk lebih banyak beribadah di rumah saja. Maka adanya aplikasi Umma menjadi oase di tengah pandemi.

Fitur Aplikasi Umma

Kehadiran aplikasi Umma menjadi solusi bagi yang ingin belajar tentang Islam dari rumah. Hal ini karena aplikasi Umma menyajikan beragam fitur yang terbilang lengkap. Bahkan, ada beberapa fitur interaktif sehingga kita bisa tanya jawab Ramadhan seputar agama Islam atau tanya jawab seputar masalah sehari-hari menurut hukum Islam.

1.           Al Quran dan Terjemahannya
Saat bulan Ramadhan, kita dianjurkan untuk memperbanyak bacaan Al Qur’an, dan di aplikasi Umma menyediakan solusi bagi yang ingin membaca Al Qur’an sekaligus terjemahannya. Fitur Al Qur’an di aplikasi Umma ini juga bisa di bookmark dan dapat membagikan ayat ke media sosial lain. Sehingga kita tidak perlu mengetik ulang ayat yang ingin kita sebarkan. Selain itu, ada banyak pilihan tampilan background menarik untuk share ayat Al Qur’an, seperti gambar tanaman atau pemandangan.

2.             Penunjang Ibadah
Salah satu syarat sahnya shalat adalah menghadap kiblat. Oleh sebab itu, kita harus tahu betul kemana arah kiblat sebelum melaksanakan shalat. Namun, tidak perlu khawatir, karena fitur kiblat dalam aplikasi Umma akan membantu kita menemukan arah kiblat yang tepat.

Selain itu, aplikasi Umma juga memiliki fitur waktu shalat yang bisa disesuaikan dengan domisili pengguna, sehingga bisa menjadi penentu waktu shalat dimanapun sahabat Umma berada.

3.             Artikel Islam
Aplikasi Umma juga menyediakan beragam artikel tentang Islam yang bisa dibaca lewat beranda. Konten-konten yang ada di aplikasi Umma ini juga sudah dipersonalisasi sesuai dengan ketertarikan pengguna lewat teknologi AI (Artificial Intelligence).

4.              Kajian Live
Mengikuti perkembangan teknologi yang ada, aplikasi Umma juga menyajikan fitur Kajian Live. Fitur ini bisa digunakan para Dai, Ustadz, maupun Ustadzah untuk berdakwah jarak jauh. Apalagi di tengah situasi pandemi seperti ini, dimana para sahabat Umma dianjurkan untuk beribadah di rumah, maka dengan adanya Kajian Live bisa menjadi solusi untuk memperdalam agama tanpa harus keluar rumah.

5.             Zakat dan Sedekah
Saat bulan Ramadhan, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak sedekah. Lalu bagaimana jika kondisi kita harus berada di rumah saja? Tenang saja, karena Aplikasi Umma akan membantu menyalurkan sedekah dan zakat sahabat Umma dari rumah.

6.             Doa Harian
Ingin memperbanyak doa di bulan Ramadhan namun bingung bagaimana lafadz doa yang harus diucapkan? Aplikasi Umma menyediakan fitur doa-doa harian yang bisa menjadi pedoman sahabat Umma saat berdoa. Seperti doa memohon rezeki, doa saat saat menghadapi kesulitan, dan beragam doa-doa lainnya.

7.             Pantauan Covid-19
Saat masa pandemi Covid-19 ini, aplikasi Umma juga menyediakan fitur khusus yang memberikan pantauan dan data pasien Covid-19 terkini di seluruh Indonesia. Ini akan membantu sahabat Umma untuk lebih waspada dan tetap menjaga kesehatan selama di rumah saja.

8.             Q & A
Selanjutnya adalah fitur tanya jawab Islam yang bisa menjadi kanal untuk mencari solusi seputar masalah yang dihadapi. Tak hanya berisi tanya jawab Ramadhan saja, namun sahabat Umma juga bisa menemukan jawaban dari masalah sehari-hari menurut kacamata Islam.

Keunggulan Fitur Q & A Aplikasi Umma

Fitur Q & A di Aplikasi Umma ini memiliki banyak keunggulan. Apa saja keunggulannya?
Pertama, Siapapun bisa bertanya di Aplikasi Umma, cukup klik ‘Tambah Pertanyaan’ di layar, maka sahabat Umma bisa mengirimkan pertanyaan maksimal 200 karakter. Jadi, sebisa mungkin pertanyaan harus disampaikan secara padat dan jelas.

Kedua, Siapapun juga bisa menjawab pertanyaan sahabat Umma yang dikirim di aplikasi. Para sahabat Umma berasal dari berbagai kalangan dan tentunya tak sedikit yang memiliki pengetahuan agama yang mumpuni, sehingga sahabat Umma bisa memberikan jawaban dari pertanyaan dalam aplikasi Umma sesuai pengetahuan yang dimiliki. Untuk menjawab pertanyaan, bisa klik ‘kotak masuk’ dan sahabat Umma bisa menjawab pertanyaan yang ingin dijawab.

Ketiga, Terdapat Top Question. Ada jutaan pengguna aplikasi Umma. Oleh sebab itu tentunya tak sedikit yang mengajukan pertanyaan dalam fitur Q & A. Tapi jangan khawatir, terdapat ‘TOP Q & A Harian’ yang berisikan 20 tanya jawab terpilih yang bisa menjadi bahan pembelajaran bagi sahabat Umma.

Beberapa keunggulan dari Q & A Aplikasi Umma ini tentunya bisa menjadi gambaran bagaimana aplikasi Umma memberikan kemudahan untuk para sahabat Umma untuk belajar Islam dengan lebih baik. 

tanya jawab ramadhan

Adanya Q & A di aplikasi Umma ini juga membuat para sahabat Umma tidak perlu kebingungan saat menghadapi permasalahan sehari-hari namun bingung akan bertanya pada siapa. Maka, cukup buka aplikasi Umma dan ajukan pertanyaan, maka nantinya para sahabat Umma yang lain akan memberikan jawaban terbaiknya.

Tidak perlu takut atau sungkan untuk ikut tanya jawab Ramadhan di aplikasi Umma. Selain bisa menambah pengetahuan juga bisa membantu muslim lain yang sedang kesulitan, karena membantu orang lain adalah bentuk ibadah juga saat bulan Ramadhan.(*) 

26 komentar

  1. Lengkap banget ya di aplikasi umma. Jadi gak perlu install banyak aplikasi islami. Quran sendiri, aplikasi adzan sendiri dll. Cukup menggunakan umma sudah bisa semuanya.

    BalasHapus
  2. Waah, baru tahu nih sama aplikasi Umma. Makasih infonya, langsung mau cari di Playstore dan install

    BalasHapus
  3. MasyaAllah, baru tahu dengan aplikasi UMMA ini. Ternyata lengkap banget untuk menemukan informasi tentang ISlam ya mbak.

    BalasHapus
  4. Terima kasih infonya mbak, otw donlot ahh. Baru tau ada aplikasi sebagus ini di playstore.

    BalasHapus
  5. Ternyata ada yah aplikasi selengkap gini. Baru denger tentang aplikasi UMMA, nice info kak, coba deh donlot.

    BalasHapus
  6. Lumayan asik ini aplikasinya. Artikelnya menarik-menarik dan ringan dibaca.

    BalasHapus
  7. Dengan aplikasi umma untuk umat islam pasti aplikasi ini sangat cocok bagi yang ingin mengetahui lebih detail tentang agama islam

    BalasHapus
  8. Bagus aplikasinya. Sangat cocok kalau dipelajari waktu ramadhan gini terutama. Bisa menambah ibadah dan amalan

    BalasHapus
  9. Saya baru aja download UMMA nih. Senang deh namanya aja sudah berarti ibu. Banyak ilmu yang bisa didapat dari satu aplikasi saja.

    BalasHapus
  10. Lengkap banget fiturnya. Jadi pengen download juga nih, jadi kalau lagi pas bengong menunggu bisa buka aplikasi yang bermanfaat ini

    BalasHapus
  11. Wow baru tahu ada aplikasi ini kak. Ada feature QnA nya lagi. Ini yang sedang dibutuhkan banget. Layanan interaktif. Jadi konkrit gitu yaah

    BalasHapus
  12. Saya baru tahu ada aplikasi UMMA ini, bermanfaat banget ya k icah, apalagi dalam rangka bulan suci ramadhan ini. Kegiatan ibadah selalu ingin kita tambah biar lebih banyak pahal yang diraih. Dengan aplikasi UMMA jadi membantu kita ya k icha meraih pahala di bulan ramadhan. InsyaAlloh

    BalasHapus
  13. Saya suka channel images di UMMA mbak icha.. Cakep² berisi nasehat ibadah juga, tfs Mba

    BalasHapus
  14. aplikasi umma sangat gampang di gunakan ya kak, bantu kita semua agar mudah meraih pahala di bulan ramadhan ini

    BalasHapus
  15. Rekomended banget ni aplikasi umma.. Mana mudah banget cara pemakaiannya

    BalasHapus
  16. Aplikasi Umma ini keren, fiturnya banyak dan sangat sesuai dengan era saat ini. Kalau nyari-nyari pertanyaan sehari-hari pun ternyata sudah lengkap di aplikasi ini

    BalasHapus
  17. Wah ... aku ketinggalan info ni, ternyata ada ya aplikasi Umma. Keren banget, bisa membantu kalau kita terkendala soal ibadah kita yang belum dipahami. Boleh bertanya jawab. Menarik.

    BalasHapus
  18. aku baru tau aplikasi umma ini, yang jadi pertanyaan ustad/utadzah yang menjab di forum QnA itu siapa? maksudnya alangkah lebih baik ada nama ustadz nya ya siapa yang jawab

    BalasHapus
  19. wah masyaallah seru banget aplikasi Umma ini, mirip kaya Halo Ustadz ya. bisa tanya-tanya gitu. kita kan kadang suka belum paham ya sama sunnah atau hal yang meragu di bulan ramadan ini. ada aplikasi begini membantu banget sih. keren

    BalasHapus
  20. Saya sering banget liat iklannya di lini masa media sosial, tapi belum pernah nyoba install di smartphone. Tapi, ternyata menarik juga ya isinya, insyaallah mau nyobain ah..

    BalasHapus
  21. Baru tau banget tentang aplikasi umma ini, seru nih ada fitur QnA Nya rata-rata aplikasi Islami yang saya punya cuma ada 1 fitur saja

    BalasHapus
  22. aplikasi ini bagus menurutku karena ada pantauan COVID 19 dimana saat ini kita harus tahu bagaimana perkembangan covid di daerah kita

    BalasHapus
  23. Jujur saya baru tahu tentang aplikasi ini.
    Btw aplikasinya cocok banget buat belajar dirumah dengan anak ya kak

    BalasHapus
  24. Belum pernah nyoba aplikasi Umma sih. Tapi dari penjelasan di atas sepertinya aplikasi Umma layak install nih.

    BalasHapus
  25. Wah, lengkap ya aplikasi umma ini. Mendukung banget buat yang serius belajar.

    BalasHapus
  26. menarik aplikasinya, lengkap ya. penasaran pengen donlot juga

    BalasHapus