Tips Memilih Tempat Usaha Disewakan untuk Jualan Makanan

Kamis, Mei 21, 2020


Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum membuka usaha, khususnya untuk jualan makanan adalah memilih tempat usaha disewakan. Pemilihan tempat usaha ini sangatlah penting, maka dari itu beberapa faktor berikut ini harus diperhitungkan secara matang. 

Tempat usaha disewakan
Cafe (Sumber: Maria Kalcheva - Pixabay)
      1.       Akses Lokasi
Lokasi tempat usaha disewakan menjadi salah satu hal utama yang tidak boleh dilakukan secara gegabah. Berbicara tentang lokasi tempat jualan makanan saja, ada beberapa hal yang perlu diingat. Apa saja itu? Seperti akses menuju lokasi.

Sebisa mungkin cari lokasi yang berada di pinggir jalan dan memiliki ruang parkir yang cukup luas untuk mobil dan motor, jangan pilih di tikungan karena akan sangat tidak nyaman untuk pengunjung saat memarkir kendaraan dan tentunya akan mengganggu pengguna jalan lain.
      
      2.     Tingkat Kepadatan Penduduk
Selain lokasi yang strategis, perhatikan pula tingkat kepadatan penduduk di sekitarnya. Apalagi makanan adalah salah satu kebutuhan primer masyarakat, maka jika ingin jualan makanan, carilah tempat usaha disewakan yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi. Penduduk di sekitar lokasi menjadi target sasaran utama untuk makanan yang dijual.
      
      3.     Pendapatan Masyarakat di Sekitar Lokasi
Selain kepadatan penduduk, hal lain yang perlu diperhatikan saat mencari lokasi tempat usaha disewakan adalah pendapatan masyarakat.

Apabila ingin jualan makanan dengan harga tinggi, maka cari lokasi usaha dimana masyarakatnya memiliki pendapatan yang tinggi atau sesuai dengan harga makanan yang akan dijual. Misalnya cari lokasi di kota besar.

Akan tetapi, jika makanan yang hendak dijual memiliki harga standar atau menengah ke bawah, bisa dengan membuka usaha di pinggiran kota atau desa. Jangan lupa juga untuk melihat selera makanan masyarakat di sekitar lokasi, makanan apa yang rasanya sekiranya cocok dengan lidak masyarakat sekitar. Jangan memaksakan ingin membuka gerai makanan yang jauh dari selera masyarakat sekitar.
      
      4.     Tingkat Kompetisi Rendah
Cek sekitar lokasi apakah ada yang menjual makanan serupa ataukah tidak. Pilih tempat yang tidak banyak persaingan usaha serupa karena bagi pendatang baru yang belum memiliki pelanggan tentunya akan berat.
      
      5.     Ramai Usaha Lain
Memilih yang sepi persaingan usaha, bukan berarti memilih lokasi yang sepi. Alangkah baiknya memilih lokasi yang ramai usaha lain karena pastinya akan banyak orang yang berlalu lalang di tempat tersebut. Sehingga akan makin banyak orang yang mengenal dan tahu tentang usaha yang kita rintis.
      
      6.     Kebersihan Lokasi
Salah satu yang bisa menarik minat pengunjung untuk datang ke sebuah usaha jualan makanan adalah kebersihan lokasi. Makanan dan kebersihan memang tidak bisa dipisahkan. Pengunjung tentunya akan mencari lokasi makan yang bersih. Oleh sebab itu, carilah lokasi tempat usaha disewakan yang bersih.
      
      7.     Keamanan
Cari tempat usaha disewakan yang memiliki tingkat keamanan yang baik. Rasa aman saat menikmati makanan tentunya menjadi hal yang diidamkan oleh pengunjung. Selain itu, keamanan lingkungan juga akan membuat pemilik usaha semakin nyaman untuk menjalankan usaha.
      
      8.    Budget
Jangan lupa pertimbangkan budget saat mencari tempat usaha. Jangan sampai sudah menyewa dengan harga yang mahal, tapi ternyata lokasinya sepi atau malah rawan kejahatan.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan mencari tempat usaha disewakan untuk jualan makanan. Jangan sampai karena kesalahan di awal saat mencari tempat usaha, justru membuat usaha yang dirintis tidak berjalan atau bahkan bangkrut.

8 komentar

  1. Dulu pas punya grosiran, kurang memperhatikan point'di atas kak. Salah satu yang paling penting tingkat kompetisi rendah. Di tempat usaha kami memang sudah ramai usaha grosiran. Mungkin itu salah satu alasan kenapa kami gak sampe BEP

    BalasHapus
  2. Riset pasar memang penting sekali dilakukan ya, krn bs membuat keputusan bisnis berlandaskan data² yg diperoleh mslnya usaha sejenis apa yg berada di sekitar lokasi dan pendapatan masyarakat sekitar

    BalasHapus
  3. Noted Kak, siapa tau kelak kami bisa buka usaha makanan lagi. Duku di Jakarta dan Cikarang sudah. Tapi gulung tikar. Sekarang masih direncanakan lagi.

    BalasHapus
  4. Setuju banget sista... Yang terkadang suka dilupakan calon pedagang baru... Nyari tempat murah tapi jauh di akses sama aja bohong ya

    BalasHapus
  5. yap bener banget ya mba, apalagi tempat strategis yang mudah ditemui, wah makin banyak pelanggan yang betah deh, hehe.

    BalasHapus
  6. budget ini kadang yang bener bener harus jadi pertimbangan ya kak. Jangan sampai budget sudah tinggi sepi pula tempatnya.

    BalasHapus
  7. Lokasi dan jenis usahanya mungkin ya mba. Percuma jualan bagus tapi lokasinya ada di belakang gang atau di lapak ujung. Orang malas jalan ke sana. Hehehe. Jenis usahanya mau jualan apa. Kalo pesaingnya banyak, ya mungkin bakal ketat kompetisinya. Harus ada yg membedakan usaha kita dengan orang lain.

    BalasHapus
  8. harus bener-bener diperhatikan ya, karena lokasi menentukan omset hihihi
    thanks for sharing

    BalasHapus