12 Penyebab Batuk yang Harus Diketahui dan Diwaspadai

Senin, Juni 01, 2020

Batuk menjadi salah satu jenis penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat Indonesia, namun seringkali batuk disepelekan karena dianggap penyebabnya hanyalah masuk angin. Padahal penyebab batuk ada beraneka macam, apa sajakah itu?

Ada beragam penyebab batuk yang harus diwaspadai, dari virus, jantung, hingga kanker paru-paru
Batuk dan Penyebabnya (Sumber: Anastasia Gepp-Pixabay)


1. Infeksi

Salah satu penyebab batuk yang diderita oleh masyarakat adalah karena adanya Infeksi atau dalam dunia kedokteran dinamai dengan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan bagian Atas). Namun, infeksi ini jangan disepelekan, karena infeksi tidak hanya terjadi pada saluran pernapasan saja, melainkan juga bisa terjadi karena adanya infeksi paru-paru, infeksi jamur, atau infeksi tuberkulosisi (TBC).


2. Alergi
Orang yang memiliki alergi terhadap debu, bulu hewan, rumput, serbuk sari, dan lain sebagainya juga bisa menjadi penyebab timbulnya batuk-batuk. Jadi bagi yang memiliki alergi terhadap hal-hal tertentu, sebaiknya menghindarinya.

3. Virus

Seperti yang sekarang ini sedang marak terjadi, virus yang masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan batuk. Maka dari itu, selalu menggunakan masker apabila ke luar rumah, serta selalu menjaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan menggunakan sabun Lifebuoy.


4. Stres
Stres juga bisa menjadi pemicu timbulnya batuk. Beban pikiran serta tekanan berlebih akan berdampak pada munculnya gangguan di tenggorokan sehingga bisa menyebabkan batuk berkepanjangan.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin kita harus mengurangi stres dengan tidur yang cukup, lebih rileks dan melakukan aktivitas yang membuat perasaan lebih nyaman.

5. Kurang Minum Air
Untuk pola hidup yang sehat dan terhindar dari dehidrasi, kita disarankan untuk minum air minimal 2 liter sehari. Minum air putih yang cukup juga bisa membuat tubuh kita terhindar dari batuk.

Minum banyak air, termasuk minum jus dan juga sup bisa melonggarkan dahak yang ada di saluran pernapasan. Dan jangan lupa untuk hindari konsumsi alkohol serta minuman berkafein.

6. Asma
Penderita asma biasanya disertai gejala batuk yang terjadi terus menerus. Oleh sebab itu, bagi penderita asma harus lebih waspada terhadap udara dingin ketika musim hujan, wewangian tertentu, serta udara yang bercampur dengan bahan kimia.

7. Postnasal Drip
Batuk yang terjadi terus menerus juga bisa terjadi karena postnasal drip atau dahak berlebih yang dihasilkan hidung. Dahak ini biasanya akan mengalir dan terkumpul di bagian belakang tenggorokan dan akhirnya memicu batuk.

8. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)
Penyakit yang erat kaitannya dengan asam lambung ini juga bisa menjadi penyebab batuk, dimana asam lambung akan naik ke saluran atas dan akan menyebabkan iritsi di kerongkongan sehingga menyebabkan batuk berkepanjangan.

9. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
Paru Obstruktif Kronis adalah peradangan paru-paru kronis yang mengakibatkan aliran udara dari paru-paru menjadi terhambat. Oleh karena itu, apabila memiliki riwayat penyakit paru, sebaiknya langsung ke dokter jika muncul batuk yang tak kunjung sembuh.

10. Penyakit Jantung
Banyak yang beranggapan bahwa batuk berkaitan dengan paru-paru saja, padahal batuk kronis yang disertai dengan sesak napas juga bisa menjadi gejala penyakit jantung. Oleh sebab itu, apabila timbul batuk yang disertai sesak nafas, konsultasikan lebih lanjut dengan dokter.

11. Kanker Paru-Paru
Penyebab lain dari batuk berkepanjangan adalah adanya kanker pada paru-paru. Selain batuk, tanda atau gejala lain dari penyakit ini adalah nyeri pada dada dan keluarnya dahak disertai darah.

12. Bronkitis Kronis
Bronkitis kronis terjadi ketika saluran pernapasan yang ada pada paru-paru mengalami peradangan dan iritasi. Tak hanya itu saja, batuk yang terjadi selama berbulan-bulan juga bisa menjadi tanda adanya bronkitis kronis.

Itulah 12 penyebab batuk yang harus diketahui dan diwaspadai. Batuk tidak boleh disepelekan, karena bisa jadi menjadi gejala atau tanda dari penyakit berbahaya. Segera ke dokter apabila batuk yang diderita tidak kunjung sembuh.

5 komentar

  1. Aku juga lagi batuk, parnoan juga karena lagi musim covid pan. Gatau juga ini efek minum es juga atau enggak.

    BalasHapus
  2. Yang paling ngetren nih zaman pandemi batuk krn virus ya alias Coronavirus, fyuhhh kudu menjaga kesehatan nih

    BalasHapus
  3. wah pas banget nih lagi batuk kambuh haha, keknya lagi kena yang kurang minum air nih, kering terus tenggorokan. makasih mba tipsnya.

    BalasHapus
  4. Benar banget lho, sejak kena batuk 100 hari, aku kalau tenggorokan kering langsung batuk

    BalasHapus
  5. Saya termasuk orang yang alergi dengan debu, jadinya setiap hari itu bersin dan kadang juga batuk. Cuma katanya alergi itu susah sembuh ya mbak

    BalasHapus