Resep Nugget Pisang Anti Gagal

Jumat, Juni 19, 2020


Keluarga kecil saya semuanya hobi ngemil, nggak cuma saya dan suami, tapi si kecil Ayya juga doyan banget ngemil. Kami bisa ngemil apa saja, dari cireng, donat, sampai kerupuk.

Tapi yang bikin pusing, seringnya uang belanja jadi kebobolan karena harus beli cemilan. Makanya saya nyoba bikin cemilan sendiri yang murah, mudah bikinnya, enak, dan tahan lama. Pilihan saya pun jatuh pada ‘Nugget Pisang’.

Apalagi buah pisang punya banyak sekali manfaat. Selain mengandung banyak serat, buah pisang juga mengandung vitamin A, B1, B2, dan mineral potasium.

Meski punya banyak manfaat, buah pisang seringkali terlalu cepat matang hingga menghitam kulitnya jika diletakkan di suhu ruang. Oleh karena itu, agar lebih tahan lama, buah pisang ini bisa diolah menjadi nugget pisang.

Nugget pisang ini jadi cemilan yang paling sering saya bikin di rumah karena memang favorit banget. Ayya aja sekali makan bisa habis 5 potong, hehehe. Makanya, kali ini saya mau berbagi resep nugget pisang anti gagal. Mudah banget kok bikinnya. 

Resep nugget pisang sangatlah mudah untuk dibuat.

Bahan-bahan
1 kg pisang
4 sdm susu bubuk
6 sdm tepung terigu
5 sdm gula pasir
50 gram keju parut
½ sdt garam
2 butir telur (kocok lepas)

Bahan Pencelup
Tepung terigu + air secukupnya
Tepung panir/ tepung roti secukupnya

Topping
Bebas sesuai selera

Cara Membuat

1.         Lumatkan Pisang
Lumatkan pisang hingga hancur, oh ya, di sini bisa pakai pisang apa saja, ya. Saya pernah mencoba menggunakan pisang kepok, pisang ambon, sampai pisang susu. Untuk hasil tekstur yang menggunakan pisang susu memang agak lembek setelah dikukus, tapi rasanya lebih manis. 


Atau bisa juga dicampur antara beberapa jenis pisang, semuanya tergantung selera masing-masing. Kalo saya biasanya seadanya jenis pisang di rumah, hehe.

Untuk melumatkan pisang bisa menggunakan garpu, sendok, atau whisk. Kalau ingin lebih cepat dan lebih lembut hasilnya bisa menggunakan blender atau mixer.

2.        Masukkan Tepung Terigu


Apabila pisang sudah hancur dan lumat semuanya, masukkan 6 sdm tepung terigu. Tepung terigunya bebas, ya. Boleh yang protein tinggi atau sedang. Bahkan saya juga sering menggunakan tepung terigu tanpa merk yang dijual di warung tetangga. Hasilnya akhirnya tetap oke.

3.        Masukkan Susu Bubuk, Garam, Gula, dan Keju


Setelah memasukkan tepung terigu, selanjutnya masukkan 4 sdm susu bubuk, ½ sdt garam, 6 sdm gula pasir, dan 50 gram keju yang sudah diparut. Aduk hingga rata.

4.        Masukkan Telur


Seperti yang sudah ditulis di bagian bahan, telur dikocok lepas terlebih dahulu di wadah terpisah, baru dimasukkan ke dalam adonan.

Sebenarnya nggak apa-apa juga sih kalau mau langsung dimasukin ke wadah, cuma ya biar lebih mudah tercampur, makanya dikocok lepas dahulu. Setelah semua bahan masuk, aduk hingga rata.  

5.        Siapkan Loyang
Siapkan loyang, ukurannya sesuai selera, tapi sebaiknya gunakan loyang persegi atau persegi panjang, ya. Agar lebih mudah ketika memotong nugget pisangnya nanti.

Alasi loyang dengan plastik agar tidak lengket. Tapi karena nggak punya plastik di rumah, saya biasanya cukup olesi loyang dengan margarin (tipis aja olesannya) dan taburi menggunakan tepung terigu hingga rata.

6.        Kukus Adonan


Panaskan kukusan terlebih dulu hingga airnya mendidih, selanjutnya msukkan loyang berisi adonan dan kukus selama 20-25 menit.

7.        Tiriskan
Setelah matang, angkat dan tiriskan, tunggu agak dingin, baru potong kecil-kecil. Biasanya untuk loyang persegi ukuran 18, saya bisa mendapatkan 30 potongan nugget pisang.

8.       Siapkan Bahan Pencelup


Selanjutnya siapkan bahan pencelup, yaitu tepung terigu yang dicampur air dan tepung panir/tepung roti. Memang apa bedanya tepung panir atau tepung roti?

Sebenarnya sama aja, sih. Tapi biasanya tepung panir warnanya agak kuning, sedangkan tepung roti lebih putih. Keduanya bisa digunakan untuk bahan pencelup. Biasanya saya menggunakan tepung panir, tapi karena tepung panirnya habis, dan di minimarket dekat rumah hanya ada tepung roti, akhirnya saya menggunakan tepung roti.

9.        Masukkan Nugget ke Adonan Pencelup


Celupkan potongan nugget ke adonan tepung terigu+ air, lalu gulingkan ke tepung panir/tepung roti hingga tertutup sempurna. Lakukan hingga potongan nugget habis.

10.    Masukkan Lemari Es
Selanjutnya masukkan lemari es selama 10-15 menit supaya tepung panir/tepung roti melekat sempurna dan tidak mudah terlepas ketika digoreng.

11.     Goreng Nugget Pisang
Kemudian goreng nugget pisang menggunakan minyak panas. Nugget pisang ini, bisa langsung digoreng atau disimpan di lemari es beberapa hari.

12.    Sajikan


Selanjutnya sajikan nugget pisang yang sudah digoreng dan lengkapi dengan toping sesuai selera. Bisa menggunakan pasta cokelat, parutan keju, creamcheese, cream matcha dan lain sebagainya.  

Untuk sisa nugget pisang yang belum digoreng, bisa disimpan di lemari es untuk persediaan cemilan selama beberapa hari ke depan. Jadinya hemat anggaran, dan nggak usah beli cemilan di luar. Hehe

Yuk coba bikin nugget pisang di rumah untuk keluarga. Cemilan sehat, enak, dan mudah dibuat, dan pastinya nggak bikin dompet nangis. Selamat mencoba!

13 komentar

  1. pas bngt kak..sy baru dapet kiriman pisang kepok dari tetangga 2 sisir karena tetangga abis panen..tapi msh hijau alias mentah..nah ntar klo sdh matang langsung eksekusi deh bikin nugget pisang.. caranya gmpng ternyata ya..mksh sharing resepnya kak..

    BalasHapus
  2. Wah ternyata nggak sesulit yang kubayangkan bikinnya.. Selama ini suka banget nuget pisang tapi biasa beli sudah matang karena takut ribet bikinnya hehehe trims resepnya kak

    BalasHapus
  3. duh enak ini mah, mudah lagi ya caranya, mau ah buat. kemarin liat buah pisang cakep banget, tapi mau beli galau dibuat apa haha. bosan soalnya kalau di makan gitu aja haha. sekarang jadi tau deh, mending dibuat pisang naget aja. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  4. Pingin nyoba jugaa... keluarga saya tukang ngemil nih palagi suami sambil nonton enaknya ngunyah2 katanya... Boleh dicoba nih nugget pisangnya ya Mba Icha... anak2 juga suka nih keknya

    BalasHapus
  5. Kami pernah bikin nugget pisang di rumah tapi gak pakai susu bubuk dan keju. Resep dari Mbak bisa dicoba nih kayaknya

    BalasHapus
  6. Saya juga pernah bikin, emang simple dan enak. Jadi nggak perlu iri deh kalau ada yang upload di media sosial nungget pisangnya anak pak presiden, hehehe. Sekarang bisa bikin sendiri.

    BalasHapus
  7. Kupikir kalau bikin nugget pisang itu bisa langsung diolah pisangnya, enggak dikukus dulu gitu. Pengen nyoba jadinya. Sebagai pecinta pisang, rasanya meleleh liat penampakan udah jadinya

    BalasHapus
  8. jadi ngiler nih pengen nyoba nugget pisang
    kapan2 mau bikin juga ah
    kalau pakai pisang hijau kira2 enak juga ga ya?

    BalasHapus
  9. Wow baru tahu kalau Pisang juga bisa digunakan untuk bahan nugget. Selama ini kalau buat nugget cuma vegetable Dan kadang ayam

    BalasHapus
  10. Keliatannya mantul Kak. Kalo bikin sendiri gini bisa lebih puas makannya ya. Makasih Kak resepnya

    BalasHapus
  11. Cusssss langsung buat besok ahhh..
    Di rumah, anak-anak kami pebggemar olahan pisang kak . Memang nugget pisang ini gak pernah bosenin loh buat mereka.

    BalasHapus
  12. Resepnya akan saya coba,Mbak. Kapan itu pernah bikin nugget pisang dan kurang cocok dengan hasilnya. hehehe.

    BalasHapus
  13. aku setiap buat selalu gak jadi, besok aku coba lagi dengan cara ini semoga gak gagal terus, sayang kan kalo coba tapi gagal terus.

    BalasHapus