10 Langkah Penggunaan Skincare A La Korea

Sabtu, Oktober 24, 2020

Penggunaan produk perawatan kulit atau skincare, khususnya yang berasal dari Korea memang sedang naik daun. Banyak produk-produk skincare Korea yang jadi primadona masyarakat Indonesia dan direview oleh para blogger

Apalagi didukung juga oleh hallyu wave musik kpop dan drama korea yang memiliki banyak penggemar di Indonesia, kiblat kecantikan pun mulai menuju ke negeri ginseng ini. 

10 Langkah Penggunaan Skincare yang benar a
Penggunaan Skincare

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, penggunaan skincare pun tidak boleh sembarangan. Ada 10 langkah penggunaan skincare a la Korea yang harus dilakukan.

Oh ya, meskipun langkah penggunaan skincare ini merujuk pada kebiasaan di Korea, namun kita bisa menggantinya dengan skincare produk lokal yang lebih terjangkau namun memiliki manfaat yang sama. 

1. First Cleanse

Tahap pertama adalah gunakan cleansing atau pembersih. Pilih yang sesuai jenis kulit kamu. Lakukan pagi dan malam hari sebelum tidur. Untuk pilihan yang terjangkau, kamu bisa gunakan susu pembersih Viva yang selain harganya terjangkau, juga memiliki review yang bagus dari penggunanya. 

Baca Juga: 5 Cara Perawatan Rambut Rusak

2. Second Cleanse

Setelah menggunakan first cleanse, selanjutnya menggunakan second cleanse. Pada tahap kedua ini pembersihan dilakukan dengan facial wash. Kenapa harus menggunakan facial wash? Tentu saja agar pembersihan wajah lebih maksimal sehingga penggunaan skincare pada tahapan selanjutnya bisa lebih maksimal. 

Kamu bisa menggunakan facial wash dengan harga terjangkau seperti produk-produk pond’s atau emina. Namun, bagi yang ingin harga lebih mahal bisa menggunakan Cetaphil atau Sencatia Botanicals Original Soapless Facial Cleanser. 

3. Exfoliating Toner

Exfoliating toner digunakan setelah double cleanse dengan menggunakan kapas. Tujuan dari exfoliating toner ini adalah mengangkat sel-sel kulit mati. Sama dengan double cleanse, exfoliating toner juga digunakan dua kali sehari.  

Toner untuk exfoliator biasanya memiliki kandungan acid yang bagus untuk kulit. Tapi, kalau kulit kamu sensitif, pilih yang kandungannya ringan.

4. Hydrating Toner

Selanjutnya adalah penggunaan hydrating toner. Berbeda dengan exfoliating toner yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, maka hydrating toner bermanfaat untuk memberikan hidrasi pada kulit. Nah, untuk penggunaan hydrating toner ini bisa dilakukan tanpa kapas dan cukup diusap dan ditepuk-tepuk ke kulit wajah. 

Baca Juga: Relaksasi Pikiran dengan Keharuman Vitalis Body Wash

5. Essensce

Tahap berikutnya adalah menggunakan essence. Ada beragam essence yang dijual di pasaran. Seperti essence dari Nameera atau N-pure. Produk essence berfungsi menghilangkan kusam dari wajah serta mencegah kerutan. Essence juga bertugas untuk membuat lapisan pada kulit agar lebih bisa menyerap serum. 

6. Serum

Produk serum terdiri dari molekul kecil sehingga lebih bisa menyerap ke dalam kulit, Tekstur serum sendiri biasanya lebih kental dan transparan. Buat kamu yang sudah berusia di atas 30 tahun, sangat dianjurkan menggunakan serum. 

Sekarang ini, hampir semua produk lokal mengeluarkan produk serum yang tentunya harganya lebih terjangkau daripada produk dari Korea, dan produk-produk serum tersebut tentunya bisa dijadikan pilihan. 

7. Sheet Mask

Berbeda dengan beberapa tahun lalu dimana sheet mask hanya produk dari Korea saja, sekarang sheet mask lokal sudah banyak bertebaran sehingga harganya lebih terjangkau. 

Berbeda dengan tahap 1-6 yang harus dilakukan setiap hari. Penggunaan sheet mask bisa dilakukan 1-2 kali seminggu saja. Sedangkan bagi yang kulit kering bisa menggunakan sheet mask 2-3 kali.

8. Eye Cream

Eye cream atau krim mata merupakan krim pelembab khusus yang digunakan untuk merawat kulit yang ada di sekitar mata. Penggunaan eye cream ini penting karena area sekitar mata biasanya paling terlihat pertama kali tatkala muncul keriput atau kantung mata. Produk yang bisa menjadi pilihan adalah krim mata dari Safi atau Viva.

9. Moisturizer

Moisturizer atau pelembab berfungsi untuk melembabkan wajah dan menghindarkan kulit wajah dari kekeringan. Gunakan pelembab yang sesuai jenis kulit, karena pemilihan pelembab yang salah justru akan membuat manfaatnya tidak terserap optimal. 

Sebaiknya bedakan pelembab untuk siang dan malam hari, karena biasanya memiliki kandungan yang berbeda. Pelembab untuk siang hari biasanya mengandung SPF, sedangkan untuk malam hari memiliki kandungan untuk pemulihan dan perbaikan kulit. 

10. Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya juga sangat penting untuk diaplikasikan pada kulit. Bahkan, saat di rumah saja pun penting untuk menggunakan sunscreen. Saat memilih sunscreen sebaiknya pilih yang memiliki SPF minimal 30. 

Nah, itu dia 10 langkah penggunaan skincare a la Korea yang bisa kamu ikuti. Pemilihan produk atau brand skincare-nya sendiri nggak harus produk Korea, ya. Semuanya bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulit dan budget yang ada. (*)   


15 komentar

  1. Aku nih sering lupa make sunscreen. Apalagi sekarang lagi abis semua produk dimainin anak gadis. Belum sempet mulu mau beli lagi.

    BalasHapus
  2. Wah sunscreen tuh harus kah mbak kalo di rumah saja secara aku kan udah jarang keluar rumah tapi botol sunscreen ku masih penuh... hehehe bingung mau dipake ke mana

    BalasHapus
  3. banyak juga ya langkahnya haha, kalau saya biasanya cuma cuci muka, pakai toner terus serum dan cream malam. selesai. 4 langkah dibanding 10 langkah. pantes muka kau gak glowing kek artis korea wkwkw.

    BalasHapus
  4. Dari 10 langkah penggunaan skincare aku belum pernah pakai serum dan eye cream euyy , tapi katanya harus ya apalagi usia makin bertambah harus pakai ya.

    BalasHapus
  5. Pantes ya, kulit mereka bagus bagus. Karena dirawat banget. Aku nih yang masih jarang pake serum sama essence. Ada rekomendasi kak? Yang murmer gitu

    BalasHapus
  6. Kalau lihat kulitnya son yejin glowing banget ya. Pantas aja kosmetik korea lg naik daun. Aku lihat emang kosmetik korea banyak diperjual belikan

    BalasHapus
  7. Yang jarang dipakai esense nih kak. Kadang suka diskip karena suka ngerasa kok terlalu banyak step.. hihihi
    Keburu ditangisi sama anak kak..

    BalasHapus
  8. Kl pakai serum udah pernah coba, tapi semenjak hamil udah gak pernah pakai lagi. Banyak jg ya langkah2nya sampe 10, kl yg gak sabaran auto skip2 😀

    BalasHapus
  9. Informatif sekali mbak, Bersyukur sudah banyak product lokas yang kekinian ala korea gitu ya, jadi bisa ikut menikmati karena harganya terjangkau.

    BalasHapus
  10. 10 langkah ya kak, noted ... Aku baru mau mulai perawatan lagi nih xixixi selama ini paling mentok 5 langkah aja skincareku kak

    BalasHapus
  11. Bisa direkomendasi kan istri untuk baca artikel ini. Semoga para emak2 semakin dicintai bapak hehe..

    BalasHapus
  12. Aku belum pernah pakai serum hehehe

    BalasHapus
  13. Honestly kalau pakai step seperti ini aku tak telaten tetapi wajib ya untuk punya kulit seperti remaja hihi

    BalasHapus
  14. Iya ya kak..secara artis korea itu wajah pemain filmnya glowing dan cantik2... hmm pantes ... ga sembarang dan asal2an mereka memggunakan skincare

    BalasHapus
  15. Gak ngerti deh aku kalau masalah skincare gni xD

    BalasHapus