10 Tips Move On dan Menyembuhkan Patah Hati

Sabtu, Oktober 31, 2020

Hampir semua orang yang pernah jatuh cinta, pernah juga merasakan yang namanya patah hati. Ada banyak sebab patah hati, ada yang karena cintanya ditolak, putus padahal masih cinta, putus karena long distance relationship, putus karena diselingkuhi, tidak direstui orang tua, kurangnya komunikasi antar pasangan dan masih banyak alasan lainnya. Banyak tips move on yang sebenarnya bisa dilakukan asalkan kita mau dan punya keinginan untuk sembuh dari luka dan patah hati. 

Memang sih move on dan menyembuhkan hati yang luka itu tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Saya beberapa kali mengalami patah hati, dan rasanya tentu tidak bisa dijabarkan dengan kata-kata. Maunya cuma mendeskripsikan dengan air mata saja (uhuk!).

Awal patah hati, pasti rasanya kita ingin berteriak “Tuhan, kenapa Engkau hadirkan rasa cinta di hatiku sedangkan sekarang aku harus merasakan patah hati seperti ini?” Iya, kan? Hayo ngakuuu. 

Tips Move On
Tips Move On dan Menyembuhkan Patah Hati

Nah, sebagai orang yang sering patah hati (dan bikin orang patah hati, #eh) yang kemudian akhirnya saya bisa move on, saya punya beberapa tips move on dan menyembuhkan patah hati.

1. Menangis  

Menangis itu wajar kok, apalagi habis putus cinta. Boleh menangis sepuasnya, asalkan tidak berlarut-larut. Menangis itu bikin kita lega, meskipun nanti setelah sukses move on kita bakal mikir, “Kenapa dulu harus nangis, ya? Duh malu-maluin banget!” Hehehe.

Jadi, kalau mau nangis setelah patah hati, nggak apa-apa, kok, karena fase awal dari patah hati adalah ‘penyangkalan’, kita masih ada rasa tidak terima dengan keadaan, jadi menangis memang salah satu tahapan yang mau nggak mau harus kita lewati. 

2. Berdoa

Berdoa bisa menjadi cara yang ampuh mengobati hati yang sedang sedih. Kepada  siapa lagi kita akan mengadu dan meminta pertolongan jika bukan pada yang Maha Kuasa. Apalagi kalau bagi yang muslim berdoanya di sepertiga malam, syahdu banget pokoknya. 

Jangan lupa juga untuk berdoa meminta pengganti yang jauh lebih baik dari mantan, ya.

3. Jalan-jalan

Salah satu tips paling ampuh yang pernah saya lakukan untuk mengobati patah hati adalah jalan-jalan. Biasanya saya memilih jalan-jalan sendirian. Naik kereta sendirian, nonton bioskop sendirian, ke toko buku sendirian, pokoknya kemana-mana maunya sendirian.

Bagi saya, jalan-jalan ini merupakan healing, terutama jalan-jalan ke tempat baru yang belum pernah saya datangi. Ini akan membantu kita melihat dari sudut pandang baru mengenai sesuatu, termasuk pandangan baru tentang kenapa kita patah hati dan harus move on

4. Lakukan Hobi

Jika kamu punya hobi, maka lakukan hobimu sesering mungkin. Entah itu baca buku, nonton film atau drama korea, dengerin musik, melukis, naik sepeda. Apa aja deh. 

Dengan melakukan hobi, maka secara nggak langsung perasaan kita akan lebih tenang dan senang, jadi kita tidak punya pikiran untuk mikirin mantan. 

5. Mencoba Hal Baru

Coba untuk melakukan hal baru yang sebelumnya belum pernah dilakukan, yang tentu saja dalam kategori positif, ya. Misalnya ikut kursus bahasa asing, kursus memasak, atau kursus menjahit. 

Bisa juga ikut komunitas seputar hobi kita, misal hobi menulis, maka kita bisa ikut komunitas menulis, dan komunitas-komunitas lain yang arahnya positif. Saat ikut komunitas, biasanya kita akan punya bertemu orang-orang baru, dan tentunya akan banyak energi baru yang masuk ke pikiran dan jiwa kita.  

6. Memelihara Hewan

Kalau kamu suka hewan, kamu bisa memelihara hewan untuk menghilangkan stres dan rasa tertekan karena patah hati. Menurut sebuah penelitian, pasien yang menjalani operasi gigi, jika menatap aquarium selama 20 menit dapat menurunkan tingkat stress secara efektif. 

Nggak cuma ikan aja, ya, kamu juga bisa memelihara anjing, kucing, dan burung karena dipercaya juga bisa menurunkan stress dan membuat hati bahagia. 

7. Hang Out dengan Sahabat atau Keluarga

Hang Out dengan sahabat atau keluarga bisa menjadi obat mujarab saat patah hati. Dengan berkumpul dengan sahabat dan keluarga, maka kita akan melihat bahwa masih banyak orang yang sayang dengan kita. 

8. Curhat

Mencurahkan perasaan kita memang sangatlah penting. Maka dari itu, kita butuh tempat curhat. Meskipun orang tersebut tidak bisa memberikan solusi, paling tidak ada orang yang mau mendengarkan keluh kesah kita dan mau memeluk kita saat terpuruk. 

Tak perlu banyak orang, cukup curhat ke satu atau dua orang yang paling kita percaya dan mau menjadi pendengar yang baik untuk kita. 

Tapi, saya sarankan banget untuk nggak curhat di sosial media, karena hal ini bisa jadi akan menjadi bumerang bagi kita. Orang-orang yang tidak suka pada kita bisa menggunakan curhatan kita sebagai senjata untuk merundung.   

9. Unfollow Sosmed

Siapa yang katanya mau move on tapi masih suka stalking sosmed mantan? Hayo ngaku? Hihihi. Jadi, kalau mau cepat move on, paling bener unfollow semua sosmednya dan block semua nomernya mantan, ya. 

Ini perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan hati kita, ya, gaess. Dengan unfollow sosmednya, kita perlahan akan bisa melepaskannya dan mengikhlaskannya, kita nggak akan cari tahu kehidupan mantan dan segala yang terkait dengannya. 

Kita jangan terus-terusan memusatkan pikiran ke mantan, seolah kita nggak bisa apa-apa tanpa mantan. Kita harus menunjukkan bahwa kita bisa bahagia tanpa dia. Kalau memang mau follow sosmednya lagi, tunggu hati kita benar-benar sudah sembuh dan sudah tidak ada rasa. 

10. Membuka Hati dan Cari Cinta yang Baru

Saatnya membuka hati dan cari cinta yang baru. Tak bisa dipungkiri, dengan membuka hati, berarti kita sudah siap move on dan membuka lembaran baru. 

Jangan takut untuk membuka hati ya, yakin aja kalau jodoh kita lebih baik dari mantan kita, hehehe. 

So, buat yang belum move on, bisa dicoba tips move on di atas, ya. Terkadang kita memang harus belajar patah hati sebelum kita benar-benar bertemu orang yang tepat, dan Tuhan memberi kita rasa sakit karena patah hati agar kita benar-benar tahu bagaimana rasanya bahagia saat bertemu cinta sejati. (*)  






14 komentar

  1. aku juga pernah waktu muda..eh remaja deaktif sosmed pas patah hati. duh sekarang mah tambah banyak bgt ya godaan sosmed..palng enak emang jalan2 ya mbak icha

    BalasHapus
  2. Ya namanya masih muda pasti pernah kecewa ya sama lawan jenis yang kasih pehape. Aku kalau kecewa gini biasanya dulu jalan-jalan sendiri loh, entah ke toko buku atau ke mall. hehehe

    BalasHapus
  3. Nangis emang udah pasti banget. Hal yang aku lakukan. Sambil nangis sambil nulis di diary. Sampai ngantuk biar enggak begitu mellow lagi, hehe

    BalasHapus
  4. mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa itu healing banget sih. karena dengan begitu kita lebih yakin bahwa apa yang terjadi karena Allah sayang dan apa yang kita perbuat itu bisa jadi salah, makanya ditegur. makasih mba sharingnya.

    BalasHapus
  5. Nah memang benar nih 10 tips nya, berfikir realistis aja ya kalau patah hat gak usah terlalu kepoin mantan , tapi gak juga harus unfollow sih ahahaha

    BalasHapus
  6. patah hati itu memang sakit banget, tapi kita harus move on. nah cara yang paling tepat adalah unfollow dan blokir semua kenangan si mantan. kemudian cari hobi dan travelling khususnya untuk memanjakan diri

    BalasHapus
  7. Baca ini aku rasa muda lagi. wkwkwwk. Cara ampuh cepat move on adalah perlihatkan dengan mantan kalau kita lebih dari yang dia lihat. Lepas darinya kita jadi lebih hebat. itu buat kita pede dan cepat move on.

    BalasHapus
  8. Kalau mau beneran move on jangan hanya unfollow dan block sosmed mantan kak, deaktivkan aja sosmed mantan, ganti pasword dan pokoknya bikin mantan rugi serugi ruginya eh aku kog jahat wkwkwkwk. Aku dulu gitu sih dan berhasil tertawa jahat. Rugi aja kita nangis doski tebar pesona di sosmednya wkwkwk

    BalasHapus
  9. Sepakat, salah satunya adalah berdoa, mendekatkan diri pada ilahi. Agar senantiasa dibimbing ke jalan yg benar, pilihan yg tepat,dan kehidupan yg lebih baik

    BalasHapus
  10. Patah hati pastinya sakit banget ya, tapi ada waktunya kita harus move on. Dulu waktu pernah patah hati ibu bilang, kl segala sesuatunya jgn disesali, krn bisa jadi itu yg terbaik, jgn nangis krn nangis tak menyelesaikan masalah apapun, tapi kl mau nangis hanya buat rasa plong ya udah nangis aja tapi jgn berebihan

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah aku orangnya gak Bucin kak..
    Jadi aku bakalan nangis seharian doank buat putus cinta. Esoknya aku udah kembali jadi diri sendiri.

    BalasHapus
  12. Ini gak jadi kamu bikin buku how to ya mbak?

    BalasHapus
  13. Jalan-jalan dan mencoba hal baru saat kehilangan sesuatu yang sudah lama ada dan menemani hampir setiap hari, alhamdulillah dengan cari ini semua mudah dilalui

    BalasHapus
  14. Buat sebagian wanita, terkadang hanya seminggu di awal saja rasa sakit itu (jika karena putus atau cerai) tetap ada. Setwlah itu, setelah ada perhatian dari sosok baru kita akan segera bahagia kembali.

    BalasHapus