5 Drama Korea Inspiratif, Membuatmu Makin Semangat Meraih Mimpi

Minggu, November 08, 2020

Salah satu daya tarik drama korea adalah memiliki kisah-kisah yang baru, unik, menarik, dan segar. Banyak yang beranggapan bahwa drama korea hanya menyajikan kisah-kisah romantis antara aktor tampan dan cantik. Padahal, tak sedikit drama korea yang menampilkan tema-tema inspiratif.

Salah satu tema inspiratif yang kerap diangkat dalam drama korea adalah tentang perjuangan meraih mimpi dan cita-cita. Dan berikut ini adalah 5 drama korea inspiratif yang akan membuatmu makin semangat meraih mimpi. 

1. Start-Up (2020)

Poster Drama Start-Up
Poster Drama Start-Up

Drama yang tayang perdana 17 Oktober 2020 di TVN ini mendapat perhatian tinggi dari para penonton. Drama ini bercerita tentang Nam Do San (Nam Joo Hyuk) dan Seo Dal Mi (Bae Suzy) yang memiliki impian untuk berbisnis lewat start-up.

Mereka berjuang untuk merintis usaha mereka lewat Sillicon Valley fiksi ala Korea, bernama Sand Box. 

Nam Do San dan dua temannya yang tergabung dalam perusahaan rintisan Samsan Tech selama bertahun-tahun merintis usaha tak pernah mendapat investor, hingga kemudian mereka berhasil masuk ke Sand Box bersama dengan Seo Dalmi dan memilih Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) sebagai mentor mereka di Sand Box. 

Episode perdana dan kedua drama ini dibuka dengan kegagalan demi kegagalan yang dialami oleh Nam Do San dan Seo Dal Mi. Ada air mata yang terus mengalir mengiringi kegagalan mereka. 

Mereka yang awalnya terus dipandang sebelah mata oleh orang-orang di sekitarnya, akhirnya terus berusaha dan memupuk kepercayaan dalam diri bahwa mereka akan berhasil.

‘Follow Your Dream’ menjadi salah satu kalimat yang membuat mereka percaya bahwa mereka akan bisa meraih apa yang diimpikan. 

Baca Juga: 5 Drama Korea Bertema Medis Terbaik

2. Dream High (2011)

Dream High adalah drama tentang perjuangan menjadi idol
Poster Drama Dream High

Berbicara tentang drama korea dengan tema perjuangan meraih mimpi, Dream High tentunya tak boleh dilupakan.

Drama lawas yang sangat populer pada masanya ini berkisah tentang 6 (enam) remaja yang berjuang di Sekolah Tinggi Seni Kirin agar bisa menjadi bintang di industri musik Korea. 

Goo Hye Mi (Bae Suzy), Song Sam Dong (Kim Soo Hyun), Hyun Si Hyuk (Taechyeon), Yoon Baek Hae (Eunjung), Kim Pil Suk (IU), dan Jason (Wooyoung) memiliki keunggulan masing-masing yang berbeda-beda di bidang musik, dance, dan penulisan lagu. 

Kesalahpahaman, persaingan, dan perselisihan kerap mewarnai hubungan keenam siswa Kirin ini. 

Tak hanya diperankan oleh aktor dan aktris yang tampan serta cantik, namun dalam drama ini juga disuguhkan beragam lagu dan dance yang bagus dan menarik. 

Baca Juga: Review Crash Landing On You

3. Fight For My Way (2017)

Fight For My Way adalah kisah seorang atlet taekwondo
Poster Drama Fight For My Way

Apa jadinya jika pekerjaan saat dewasa sangat bertolak belakang dengan impian saat masih kecil? Hal ini dialami oleh Ko Do Man (Park Seo Joon), dimana saat masih kecil ia adalah atlet taekwondo, namun saat dewasa ia justru bekerja sebagai pembasmi serangga. 

Tak hanya Ko Do Man, sahabatnya Choi Ae Ra (Kim Ji Won) yang saat kecil bercita-cita jadi reporter hingga kemana-mana selalu membawa mic plastik, saat dewasa justru bekerja sebagai customer service di sebuah Mall.

Selain mereka, ada juga dua sahabat lainnya yaitu Kim Jo Man (Ahn Jae Hong) dan Baek Seol Hee (Song Ha Yoon) yang juga memiliki impian dalam hal asmara.  

Kisah mereka dalam meraih mimpi tak hanya penuh drama, namun juga penuh tawa.

4. Itaewon Class (2020)

Perjuangan Park Sae Roy meraih mimpi
Poster Drama Itaewon Class

Semester pertama 2020 banyak tersaji drama korea yang menarik dan populer, salah satunya yaitu Itaewon Class yang tayang perdana pada 31 Januari 2020. 

Berkisah tentang Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) yang mengalami titik nadir hidup di usia belianya. Ia harus dikeluarkan dari sekolah, mendapati kenyataan ayahnya meninggal dalam suatu kecelakaan dan karena sikap orang yang memiliki kuasa ia akhirnya masuk penjara. 

Sekeluarnya dari penjara ia ingin meneruskan impian ayahnya untuk membuka restoran yang kemudian ia namai DanBam yang berada di wilayah Itaewon. 

Park Sae Ro Yi dipandang sebelah mata dan diremehkan oleh Jang Dae Hae (Yoo Jae Myung), CEO perusahaan makanan Grup Jangga yang juga mantan bos ayah Park Sae Ro Yi. 

Park Sae Ro Yi bercita-cita ingin memiliki perusahaan makanan lebih besar dari Grup Jangga sebagai usaha balas dendamnya. Apa yang dilakukan Park Sae Ro Yi tentunya tak mudah, karena ia terus dijegal oleh Jang Dae Hae. 

Baca Juga: 5 Pesan Penting dari Drama Sky Castle

5. Record Of Youth (2020)

Perjuangan meraih mimpi sebagai artis
Poster Drama Record Of Youth

Tahun 2020 menjadi tahun dimana banyak drama korea yang mengangkat tema perjuangan meraih impian. Selain Itaewon Class dan Start Up, ada juga Record Of Youth. 

Sa Hye Jun (Park Bo Gum), seorang model tampan yang berasal dari keluarga pekerja biasa. Cita-citanya menjadi seorang bintang terus diremehkan oleh ayah dan kakaknya sendiri. Untungnya ia masih memiliki ibu dan kakek yang terus mendukungnya. 

Bertahun-tahun ia menjadi model yang biasa-biasa saja tanpa adanya peningkatan karir, padahal usianya sudah hampir 30 tahun. Karena karir yang stagnan di dunia model, akhirnya ia pun harus bekerja paruh waktu di beberapa tempat.   

Sa Hye Jun akhirnya bisa bekerjasama dengan manager baru Lee Min Jae (Shin Dong Mi) yang membantunya meraih kesuksesan. Meski begitu, semuanya tak berjalan mulus, Sa Hye Jun berkali-kali diterpa isu negatif yang coba dilempar oleh mantan managernya saat menjadi model dulu. 

Nah, itu dia 6 (enam) drama korea inspiratif yang bisa menjadi pendorong semangat buat kamu saat merasa lelah dan putus asa dalam meraih impian. 

Meski drama korea adalah fiksi, namun tak ada salahnya kita belajar tentang kerja keras dan semangat pantang menyerah dari kisah-kisah drama korea di atas. Follow your dreams, guys!






15 komentar

  1. aku juga lagi nonton start up...gemes ya episode 8 ini bersambung kira2 bsk udah ketauan blm ya yg nulis surat itu bukan dosan. kemarin jg ngikutin record of youth, seru ya drama bgt eh. yang belum kutonton itu justru itaewon class, blm tertarik sih ka icha hehe

    BalasHapus
  2. Paling penasaran sama drakor start up karena beberapa bloger menulis reviewnya. Ga tahu skrng kok nonton drakor ga kayak dulu lagi, agak males aja gitu.

    BalasHapus
  3. Si Park Seo Joon ini kalo milih main serial selalu bagus-bagus yaa kisahnya. Engga receh gitu

    BalasHapus
  4. Aku belum mulai untuk menonton drama korea, tapi kalau ada yang insiratif kaya gini jadi pengen nonton juga deh.

    BalasHapus
  5. baru nonton fight for my way sama dream high. belum sempet start up mah, banyak banget drakor bagus tapi lagi ngurangin nonton jadi gatau kapan bisa nonton haha. makasih referensinya mba.

    BalasHapus
  6. Saya kagum sama yang bisa bikin naskah cerita drakor..jalan ceritanya runut dan ada maknanyaga asal bikin hehehe beberapa jadi drakor jadi kisah inspiratif ya kak

    BalasHapus
  7. From all the recommended Korean movies, jujur yang aku suka itu dream high karena filmnya itu bagus banget dan alurnya nggak ngebosenin

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Bagus nich kak.. drakor ga hanya percintaan aja..etapi nontonnya di platform apaan kak?

    BalasHapus
  10. Serously aku belum nonton satupun drama diatas, hanya start up ep 1, mau lanjutin masih on going rada malas kalau digantung wkwkwk

    BalasHapus
  11. wah dah pengalaman banget nih dalam perdrakooran, sampai paham yang inspiratif segala, jadi pengin nontonin satu-satu nih hmmm

    BalasHapus
  12. kalo drakor yang menginspirasi seperti ini cocok untuk generasi mileneal. menginspirasi untuk meningkatkan usaha, bisnis, dan karir

    BalasHapus
  13. Wajib nonton nih, saya jg suka nonton film drakor, apalagi pas weekend, sengaja bangun pagi2 buat nonton biar gak rebutan

    BalasHapus
  14. Dulu pertama kali liat Kim so-hyun ada di drama dream high rasanya polos banget. Suka sama semangat orang kampung yang pergi ke kota demi meraih cita-cita.

    BalasHapus
  15. Drama Korea emang the best ya. Belum ada yang pernah saya tonton itu semua.

    BalasHapus