5 Rekomendasi Drama Korea Bertema Medis Terbaik

Sabtu, Oktober 10, 2020

Drama korea saat ini menjadi tontonan primadona bagi masyarakat Indonesia, apalagi saat stay at home seperti ini. Selain karena wajah aktor dan aktrisnya yang tampan dan cantik, drama korea banyak digemari karena plot dan ceritanya menarik. 

Tak hanya tentang kisah percintaan atau keluarga, banyak drama korea yang mengangkat tema suatu pekerjaan atau profesi, seperti polisi, detektif, dan tentunya yang tak boleh ketinggalan adalah profesi dokter.

Selain sebagai hiburan, pilihan untuk mengangkat suatu profesi dalam drama korea tentunya juga bisa memberikan edukasi pada penonron tentang profesi yang diangkat dalam drama tersebut.  

Profesi dokter dan segala lika-liku pekerjaan di rumah sakit memang masih sering diangkat dalam drama korea. Tak hanya sebatas tempelan, namun profesi seorang dokter ditampilkan secara kompleks, bagaimana pekerjaannya, penggunaan peralatan medisnya, dan bagaimana SOP seorang dokter dilaksanakan. 

Nah, bagi yang menyukai drama korea bertema medis, berikut ini 5 rekomendasi drama korea yang wajib untuk ditonton.

1. dr. Romantic Season 1 (2016)

Poster dr. Romantic Season 1

Drama korea dr. romantic season 1 bercerita tentang sosok Kim Sabu (Han Suk Kyu) yang memilih keluar dari rumah sakit besar dan elit kemudian mengabdi di sebuah rumah sakit bernama RS Doldam yang jauh dari kota.

Selain sosok Kim Sabu sebagai dokter dengan ‘tangan dewa’, dr. romantic season 1 juga memiliki daya tarik lain dengan kisah percintaan antara dokter Kang Do Jo (Yoo Yeon Seok) dan dokter Yoon Seo Jung (Seo Hyun Jin).

Di drama korea dr. romantic ini lebih banyak menampilkan situasi di IGD (Instalasi Gawat Darurat) dengan segala permasalahannya. Oleh karena itu, dalam dr. romantic selalu ditampilkan bagaimana seorang dokter harus selalu siap sedia dan harus selalu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat ketika ada pasien gawat darurat datang. 

Selain IGD, ruangan yang banyak dijadikan set syuting di drama ini adalah ruang operasi. Setiap adegan operasi, seringkali ditampilkan bagaimana darah keluar dari kulit yang dibedah atau bagian dalam tubuh yang sedang dioperasi, sehingga kesan real sebuah operasi sangat terasa di drama ini.

Oh ya, dan gara-gara drama ini, saya mulai jatuh cinta dengan sosok Yoo Yeon Seok, hehehe.  

2. dr. Romantic Season 2 (2020)  

Poster dr. Romantic Season 2


Drama dr. Romantic season 2 melanjutkan drama  dr. Romantic Season 1, dengan set yang sama di RS Doldam, namun beberapa pemerannya mengalami pergantian. 

Saya agak sedih karena Yoo Yeon Seok yang sebelumnya berperan sebagai Kang Do Joo tak lagi ada di season 2 karena diceritakan sedang mengabdi menjadi dokter di pulau terpencil. 

Begitu juga dengan  Yoon Seo Jung (Seo Hyun Jin) yang dikisahkan sedang menjalani pendidikan di luar negeri selama 2 tahun. 

Dalam dr. Romantic season 2 ini muncul tokoh baru yang bekerja di RS Doldam, yaitu Lee Su Kyung (Cha Eun Jae) dan Ahn Hyo Seop (Seo Woo Jae).

Season 2 ini melanjutkan permasalahan antara Kim Sabu dan Choi Jin Hoo (Do Yoon Wan) yang sudah menjadi direktur RS Geo Dae. 

Dibandingkan Season 2, saya sebenarnya lebih suka dengan dr. Romantic Season 1, selain karena ada Yoo Yeon Seok (ehem). Permasalahan di Season 2 juga kurang beragam atau kurang dalam, baik itu masalah tokohnya maupun masalah penyakit yang harus dihadapi. 

Baca Juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Terbaik Tahun 2019

3. Doctor John (2019)

Poster Doctor John


Doctor John mengisahkan tentang dokter Cha Yo Han (Ji Sung) yang jenius dan baru keluar dari penjara.  

Selain kisah dokter Cha Yo Han yang jenius dan misterius, tentunya ada bumbu romantisme juga antara dokter Cha Yo Han dan juniornya di bagian anestesi dokter Kang Shi Young (Lee Se Young). 

Dalam drama Doctor John ini dikisahkan Cha Yo Han dan Kang Shi Young sebagai dokter anestesi, sehingga harus bisa menemukan penyebab rasa sakit para pasien yang datang. 

Drama ini menyuguhkan banyak hal-hal baru dan tak biasa di bidang medis, karena penyakit yang dimunculkan dalam drama ini lebih banyak penyakit langka yang sukar dideteksi namun bisa dideteksi dengan mudah oleh dokter Cha Yo Han. 

Baca Juga: The World Of The Married dan Keberanian untuk Bebas dari Toxic Relationship

4. Hospital Playlist (2020)

Poster Hospital Playlist

Ngobrolin tentang drama korea bertema medis, tentu aja Hospital Playlist nggak boleh ketinggalan. Saya seneng banget sih lihat Hospital Playlist ini karena ada Oppa Yeo Yeon Seok jadi dokter lagi. Dia emang cakep banget kalo udah pakai jas dokter, hohoho. 

Hospital Playlist ini berkisah tentang persahabatan 5 orang dokter sejak zaman kuliah hingga mereka berusia 40 tahun. 

Lima dokter tampan dan cantik ini adalah Lee Ik Joon (Jo Jung Suk) berprofesi sebagai dokter bedah umum, Ahn Jung Won (Yoo Yeon Seok) sebagai dokter anak, Kim Joon Wan (Jung Kyung Ho) sebagai dokter bedah torakoplastik, Yang Seok Hyung (Kim Dae Myung) sebagai dokter obgyn, dan Cha Song Hwa (Jeon Mi Do) sebagai dokter bedah syaraf. 

Hospital Playlist tak hanya berkisah tentang lika-liku pekerjaan lima sekawan ini sebagai dokter, tapi juga kisah persahabatan dan percintaan mereka.

Ditulis oleh Lee Wo Jung dan disutradarai oleh Shin Won Ho, penulis dan sutradara yang juga membuat Reply 1988 dan Prison Playbook, jadi bisa dibilang vibe dan gaya humornya setipe, humor yang membuat penonton tertawa tanpa harus kehilangan makna cerita. 

Hospital Playlist berakhir di episode 12 dan banyak plot cerita yang masih menggantung, karena memang akan dilanjutkan Hospital Playlist season 2 di awal 2021 nanti. 

Baca Juga: Review Crash Landing On You

5. Good Doctor (2013)


Drama korea Good Doctor ini memang sudah tayang cukup lama, meski begitu drama ini harus ditonton karena banyak memberikan pembelajaran. 

Bercerita tentang sosok dokter yang menderita autism, Park Shi On (Joo Won) yang selalu dipandang sebelah mata. Meski jenius, Park Shi On memang memiliki kesulitan bersosialisasi, sehingga ia harus lebih struggle untuk menghadapi beragam masalah yang menimpanya. 

Good Doctor mendapatkan penghargaan drama terbaik pada Baeksang Award 2014, dan bahkan sudah diadaptasi ke dalam serial Amerika dan Jepang dengan judul yang sama. 

Nah, itu dia 5 rekomendasi drama korea bertema medis terbaik yang harus ditonton. Dengan menonton drama-drama ini, tak hanya hiburan yang akan didapatkan, tapi juga pembelajaran tentang arti penting dedikasi terhadap profesi. (*)


27 komentar

  1. Temannya kedokteran semua ya. Saya belum nonton semua itu. Diliat dulu buat nonyon next.

    BalasHapus
  2. Kayaknya Drakor dg tema kedokteran seru ya, jadi seperti film dokumenter. Belum pernah nonton semua

    BalasHapus
  3. Wah sya suka nih film tema kedokteran soale cita2 jadi dokter ga kesampaian wkwkw..palagi ini dibintangin artes Korea duh makin mempesona heheh

    BalasHapus
  4. Aku penasaran sama hospital playlist. Sempet liat trailernya dan kocak banget buatku. Tapi, lagi nyelesain serial emergency couple dulu.

    BalasHapus
  5. drama korea yang kutonton sampe habis cuma hospita lplaylist, karena tergoda trailer kocaknya pas karoke mbak icha haha. drama medis lainnya lupa deh judulnya apa yang mereka berdua dokter nikah muda trus cerai eh ketemu lagi pas koas.. yg cowonya main sama jang nara yg jadi body guard

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw mbak Icha biasa nonton dram Korea Di manakah? Bisikin dong

      Hapus
  6. Aku paling seneng kalau Drakor itu ada tema-teman tertentu seperti pengacara, jaksa dan dokter. GOOD DOCTOR paling aku suka sampai sejauh ini.

    BalasHapus
  7. saya belum nonton semuanya haha, saya nonton yang bertema doctor paling DOTS atau Emergency couple, hehe. tetap yang romancenya ada biar seru haha.

    BalasHapus
  8. Bagus2 nih judulnya, beberapa pernah saya lihat di akun viu tapi blm sempat nonton. Tar kapan2 mau banget nih nonton, soalnya saya suka banget nonton drama Korea

    BalasHapus
  9. Wahh ada ya film drakor yang temanya medis, tapi pasti tetap ada bumbu bucinnya ya kak wkwkw.

    BalasHapus
  10. Duuuh satu pun saya belum nonton kak 🙈
    Belum mampu Nih aku ngatur waktunya.
    Aku yang suka drama Korea bertema kesehatan jadul, kayak Jang geum

    BalasHapus
  11. Dari semua drakor ini aku sudah nonton semuanya Kak, yang belum sampai akhir itu Hospital playlist. Awalnya karena masih on going, kalau nunggu satu minggu itu aku kehilangan feel jadi deh nggak lanjut nontonnya. Habis ini deh Marathon nonton lagi.

    BalasHapus
  12. Gak sabar nih mbak nunggu Hospital playlist season dua di tahun 2021 nanti, semoga tidak terpengaruh dengan pandemi jadi tetap launching.

    BalasHapus
  13. aku baru nonton yang Good dokter jadi penasaran dengan yang lain sifatnya bagus soalnya drama Korea itu nggak ada yang nggak bagus deh apalagi kalau versi mengenai kesehatan

    BalasHapus
  14. Dari beberapa Rekomendasi baru selesai nonton 2, Drakor memang seru2 ya kak

    BalasHapus
  15. Jadi inget temen kantor yang "gila" film Korea... pasti nyambung nich.. saya sendiri.. baru taunya yang mainstream itu .. married couple... yg tayang di tivi lokal

    BalasHapus
  16. Aku kok belum tertarik sama drakor lagi ya. Dulu nontonin goblin juga karena ngikutin arus doang, gegara banyak yang update :D

    BalasHapus
  17. Jadi kayak film dokumenter ya, tapi dikemas kekinian sehingga menarik dan membuat penonton betah mengikuti. Bagus juga drama bertema profesi gini, bisa buat hiburan, bisa nambah pengetauan juga

    BalasHapus
  18. Emang pas banget 5 drakor ini buat direkomendasiin, emang bagus sih. Soalnya aku juga sudah nonton kelimanya.

    BalasHapus
  19. Yang udah lihat cuman Good Doctor itu aja jaman kapan hehe. Nah yang lain masih masuk WL.

    BalasHapus
  20. Pengen nonton hpspital playlist deh. Kebayang film ER zaman di era 90 an.

    BalasHapus
  21. Kalau nonton kelimanya, lumayan ya. Bisa me time, dapat banyak ilmu, dan update drakor. Yang terakhir ini cukup penting, kelihatannya.

    BalasHapus
  22. Saya kadang (terpaksa) kutan nonton drakor, saat istri saya nonton di tv. Tapi saya bingung ngapalin nama-nama tokohnya, wk wk. . Btw, nanti saya rekomendasikan ke istri saya deh.

    BalasHapus
  23. Lagi mengikuti serial Good Doctor ini. Ternyata lebih menegangkan yang versi Korea ya daripada yang versi Amerika. Hihi keren lah orang Korea kalo bikin serial.

    BalasHapus
  24. Aku suka drakor tapi tema ini belum pernah ku tonton nih mb icha. Yang judulnya dr. Romantic pernah direkomendasiin temen tapi belum sempet tonton, next time jadi pen nonton deh nih hihi

    BalasHapus
  25. Good Doctor adalah ultimate favorit hahaha, soalnya dokternya spesial dan berbeda. Favorit saya dari list ini sih emang Good Doctor dan Hospital Playlist. Kalau Hospital Playlist mungkin karena PD-nim adalah yg bikin Reply, jadi udah pasti wajib tonton, eh pas tau oke banget. Tapi sisa tiga rekomendasi lainnya juga oke, Kim Sabu dan Yohan

    BalasHapus
  26. Saya belum pernah ngikutin lagi drama korea yang on going ataupun yang udah lewat. Karena drakor itu bikin candu dan saya bisa tidur sampe pagi biar cepat menyelesaikan dramanya, wkwk. Romantic doctor dan Good Doctor katanya emang bagus sih. Saya cari waktu deh buat nonton drakor lagi, hehe...

    BalasHapus