Resep Nasi Kuning untuk Acara Syukuran Ulang Tahun

Rabu, Januari 27, 2021

Nasi adalah makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. nasi memegang tempat penting dalam budaya negara terutama dalam budaya kulinernya. Makanan khas Indonesia biasanya terdiri dari nasi dan satu atau dua lauk utama. Nasi juga sering diolah menjadi beberapa olahan seperti nasi goreng dan nasi kuning. Nasi kuning merupakan nasi yang berwarna kuning, yang diolah dengan menggunakan kunyit. 

Nasi Kuning (Sumber: Pixabay)

Bahan utama saat membuat nasi kuning yaitu bawang putih, bawang merah, kunyit, serai, dan santan. Terkadang masyarakat juga menambahkan cengkeh dan daun salam agar menambahkan cita rasa pada nasi kuning. 

Cara mudah membuat nasi kuning yaitu dengan mengolah kunyit, diblender kemudian kita akan mendapatkan sari buahnya yang nantinya akan kita saring. Setelah mendapatkan sari kunyit, sarinya kita masukan bersama dengan semua bahan saat kita menanak nasi kemudian di aduk dan nanak nasi sampai matang. 

Nasi kuning biasanya menjadi salah satu makanan yang menjadi simbol suatu perayaan di Indonesia. Nasi kuning sering disajikan saat acara festival-festival atau acara lain seperti ulang tahun, pernikahan, kelahiran bayi, kumpul keluarga, syukuran dan acara lainnya. 

Di hari istimewa ada sebagian orang yang mengidentikkannya dengan adanya tumpeng, yaitu nasi yang dibentuk kerucut dengan berbagai macam lauk pauk yang dibuat sebagai tanda syukuran. Saat sedang ulang tahun, nasi kuning ultah merupakan salah satu hal yang biasanya sudah pasti ada, tumpeng nasi kuning ini ada saat perayaan ulang tahun karena ternyata ada artinya yang berupa doa. 

Tumpeng nasi kuning ini merupakan simbol keberuntungan kekayaan dan martabat, oleh karena itu saat ulang tahun tumpeng nasi kuning diadakan karena simbol tersebut. 

Nasi tumpeng bukanlah sebuah jenis makanan, melainkan sebuah catatan simbolis dan pesta ritual adat yang melambangkan kegembiraan dan rasa syukur. Penggunaan nasi tumpeng ini menjadi populer di kalangan orang indonesia sebagai prasyarat dalam ritual apapun. 

Untuk kalian yang ingin membuat nasi kuning sendiri dirumah, caranya sangatlah mudah. Pada artikel kali ini kami akan memberikan sebuah resep nasi kuning, jumlahnya bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan seberapa banyak kalian akan membuat nasi kuning. Langsung saja, yuk kita lihat cara membuat nasi kuning!

Resep Nasi Kuning

Bahan:

- 2 kg beras 

- Santan dari 1 butir kelapa 

- Kunyit

- Kencur

- Jahe

- Bawang merah

- Lada

- Pala

- Lengkuas

- Cengkeh

- Kayu manis

- Daun salam

- Serai

- Garam

Cara Membuat:

1. Rendam beras sebentar lalu cuci bersih

2. Haluskan kunyit, kencur, bawang merah, lada, dan pala.

3. Bungkus dengan kain tipis kayu manis, cengkeh, serai, daun salam

4. Masukkan bumbu halus dan bahan yang dibungkus dengan santan

5. Rebus santan, masukan garam. kemudian masukkan nasi sambil diaduk sesekali dan masak hingga ¾ matang. 

6. Setelah ¾ matang, nanak nasi sampai matang. 

7. Setelah matang, iris sebagian bawang merah dengan minyak baru. Tumis bawang bombay hingga berwarna kekuningan dan saring minyaknya

8. Tuangkan sedikit minyak bawang merah ke dalam nasi sambil diaduk sampai dikukus lagi 5 menit

9. Nasi siap dihidangkan, nasinya mengkilat dengan wangi yang sangat menggoda

Sangat mudah bukan membuat nasi kuning sendiri? Ada acara apapun kalian bisa membuatnya sendiri. Semoga resep ini bermanfaat untuk kalian, selamat mencoba resep kami!


Posting Komentar